Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan."— Transcript presentasi:

1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

3 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Apa itu Hak? Apa itu Warga Negara? Apa itu hak warga negara?

4 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan HAK ADALAH :  Menurut K. Bertens (Judul Buku:Etika) : Ius-iurus (Latin:Hak).  Hak dalam arti Objektif :hak yang dilihat sebagaikeseluruhan undang- undang,aturan-aturan dan lembaga-lembaga yang mengatur kehidupan masyarakat demi kepentingan umum.  Hak dalam arti Subjektif ; kesanggupan seseorang untuk sesuka hati menguasai sesuatu atau melakukan sesuatu. Hak dan kewajiban mempunyai hubungan yang sangat erat.Kewajiban adalah beban untuk memberikan sesuatu. Back

5 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan WARGA NEGARA : Warga artinya peserta atau anggota dari suatu organisasi atau perkumpulan. Negara adalah suatu daerah atau wilayah yang ada di permukaan bumi di mana terdapat pemerintahan yang mengatur ekonomi, politik, sosial, budaya, pertahanan keamanan, dan lain sebagainya. Di dalam suatu negara minimal terdapat unsur-unsur negara seperti rakyat, wilayah, pemerintah yang berdaulat serta pengakuan dari negara lain.

6 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan PENGERTIAN NEGARA BERDASARKAN PARA AHLI :  Roger F. Soltau : Negara adalah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.  Georg Jellinek : Negara merupakan organisasi kekuasaan dari kelompok manusia yang telah berdiam di suatu wilayah tertentu.  Prof. R. Djokosoetono : Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama..

7 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jadi, warga Negara adalah sekumpulan angggota dari suatu organisasi yang bernama Negara.atau bisa juga diartika sebagai Warga Negara adalah rakyat yang menetap di suatu wilayah dan rakyat tertentu dalam hubungannya dengan Negara. Back

8 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan HAK WARGA NEGARA Dari pengertian diatas bisa disimpulkan bahwa arti hak Warga Negara adalah, hak-hak yang dimiliki oleh seluruh anggota dari suatu Negara.sedangkan Kewajiban Warga Negara adalah Beban yanga harus diberikan oleh setian anggota atau warga Negara kepada negaranya..

9 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan CONTOH HAK WARGA NEGARA INDONESIA 1.Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum 2.Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak 3.Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan 4.Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai

10 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan CONTOH HAK WARGA NEGARA INDONESIA 5.Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran 6.Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh 7.Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat, berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku.

11 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan CONTOH KEWAJIBAN WARGA NEGARA INDONESIA 1. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela, mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh 2.Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) 3.Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara, hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali, serta dijalankan dengan sebaik-baiknya

12 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan CONTOH KEWAJIBAN WARGA NEGARA INDONESIA 4.Setiap warga negara berkewajiban taat, tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia 5.Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik.

13 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan HAK ASASI MANUSIA Hak asasi manusia adalah hak dasar yang dimiliki manusia sejak manusia itu dilahirkan.

14 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan HAK ASASI MANUSIA Pengertian HAM berdasarkan Pasal 1 ayat 1 UU no.39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU NO. 26 Tahun 2000 Tentang Pengadilan HAM : HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerahNya yang wajib dihormati,dijunjung Tinggi dan dilindulingi oleh negara,hukum, pemerintahan dan setiap orang,demi kehormatan serta lperlindungan harkat dan martabat manusia.

15 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan HAK ASASI MANUSIA Bersifat Universal artinya berlaku di mana saja dan untuk siapa saja dan tidak dapat diambil oleh siapapun

16 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan KEWAJIBAN ASASI MANUSIA Kewajiban asasi manusia yaitu Kewajiban yang harus dilaksanakan demi terlaksana atau tegaknya hak asasi manusia(HAM).

17 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SEJARAH PERKEMBANGAN HAM Perkembangan konsep HAM ditelusuri secara historis berawal dari dunia Barat dimulai dari abad XVII sampai dengan abad XX.

18 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S EJARAH PERKEMBANGAN HAM Menurut Philipus M Hadjon Abad XVIIAbad XVIIIAbad XIXAbad XX Hak-hak asasi manusia bersumber dari hak-hak kodrat yang mengalir dari hukum kodrat Hak-hak kodrat dirasionalkan dalam kontrak sosial Ditambah dukungan etik dan utilitarian dan munculnya paham sosialisme Konversi hak-hak asasi manusia yang sifatnya kodrat menjadi hak-hak hukum (positip) Hak-hak politik Kebebasan sipil Individualisme kuantitatif Hak-hak partisipasi Hak-hak sosial (sosiale grondrechten)

19 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S EJARAH PERKEMBANGAN HAM Dibedakan menjadi 3 kelompok : UraianKonsep BaratKonsep SosialisKonsep Dunia III Sumber Natural rights, yang mengali dari natural law yang telah berkembang sejak dari abad XVII hingga dewasa ini Ajaran Karl Marx Terbagi atas tiga kelompok : Yang dipengaruhi oleh konsep Barat Yang dipengaruhi oleh konsep sosialis Yang mempunyai konsep sendiri, misalnya : India dan Indonesia. Isi Menekankan hak individu dengan meletakkan kewajiban pada masyarakat dan negara Menekankan kewajiban terhadap negara

20 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S EJARAH PERKEMBANGAN HAM Didunia internasional secara umum dibedakan menjadi 3 generasi : Konsepsi hak asasi manusia Hak-hak Sipil dan Politik (Generasi I) Hak-hak Sosial, Ekonomi dan Budaya (Generasi II) Hak Pembangunan (Generasi III)

21 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S EJARAH HAM DIBERBAGAI NEGARA 1.Hak Asasi Manusia di Yunani Filosof Yunani, seperti Socrates ( SM) dan Plato ( SM) meletakkan dasar bagi perlindungan dan jaminan diakuinya hak – hak asasi manusia.

22 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S EJARAH HAM DIBERBAGAI NEGARA 2. Hak Asasi Manusia di Inggris Inggris sering disebut–sebut sebagai negara pertama di dunia yang memperjuangkan hak asasi manusia. Tonggak pertama bagi kemenangan hak-hak asasi terjadi di Inggris. Perjuangan tersebut tampak dengan adanya berbagai dokumen kenegaraan yang berhasil disusun dan disahkan. Dokumen-dokumen tersebut adalah sebagai berikut : 1.MAGNA CHARTA 2.PETITION OF RIGHTS 3.HOBEAS CORPUS ACT 4.BILL OF RIGHTS

23 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S EJARAH HAM DIBERBAGAI NEGARA 3. Hak Asasi Manusia di Amerika Serikat Adanya Jongres Amerika serikat pada tanggal 6 Januari Amanat Presiden Flanklin D. Roosevelt tentang “empat kebebasan” yang diucapkannya di depan Kongres Amerika Serikat tanggal 6 Januari 1941 yakni : 1.Kebebasan untuk berbicara dan melahirkan pikiran (freedom of speech and expression). 2.Kebebasan memilih agama sesuai dengan keyakinan dan kepercayaannya (freedom of religion). 3.Kebebasan dari rasa takut (freedom from fear). 4.Kebebasan dari kekurangan dan kelaparan (freedom from want).

24 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S EJARAH HAM DIBERBAGAI NEGARA 4. Hak Asasi Manusia di Prancis Lafayette merupakan pelopor penegakan hak asasi manusia masyarakat Prancis yang berada di Amerika ketika Revolusi Amerika meletus dan mengakibatkan tersusunnya Declaration des Droits de I’homme et du Citoyen. revolusi ini diprakarsai pemikir – pemikir besar seperti : J.J. Rousseau, Voltaire, serta Montesquieu.

25 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S EJARAH HAM DIBERBAGAI NEGARA 4. Hak Asasi Manusia di Prancis Hak Asasi yang tersimpul dalam deklarasi itu antara lain : 1.Manusia dilahirkan merdeka dan tetap merdeka. 2.Manusia mempunyai hak yang sama. 3.Manusia merdeka berbuat sesuatu tanpa merugikan pihak lain. 4.Warga Negara mempunyai hak yang sama dan mempunyai kedudukan serta pekerjaan umum. 5.Manusia tidak boleh dituduh dan ditangkap selain menurut undang-undang. 6.Manusia mempunai kemerdekaan agama dan kepercayaan. 7.Manusia merdeka mengeluarkan pikiran. 8.Adanya kemerdekaan surat kabar.

26 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S EJARAH HAM DIBERBAGAI NEGARA 4. Hak Asasi Manusia di Prancis Hak Asasi yang tersimpul dalam deklarasi itu antara lain : 1.Manusia dilahirkan merdeka dan tetap merdeka. 2.Manusia mempunyai hak yang sama. 3.Manusia merdeka berbuat sesuatu tanpa merugikan pihak lain. 4.Warga Negara mempunyai hak yang sama dan mempunyai kedudukan serta pekerjaan umum. 5.Manusia tidak boleh dituduh dan ditangkap selain menurut undang-undang. 6.Manusia mempunai kemerdekaan agama dan kepercayaan. 7.Manusia merdeka mengeluarkan pikiran. 8.Adanya kemerdekaan surat kabar.

27 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S EJARAH HAM DIBERBAGAI NEGARA 4. Hak Asasi Manusia di Prancis Hak Asasi yang tersimpul dalam deklarasi itu antara lain : 9.Adanya kemerdekaan bersatu dan berapat. 10.Adanya kemerdekaan berserikat dan berkumpul. 11.Adanya kemerdekaan bekerja,berdagang, dan melaksanakan kerajinan. 12.Adanya kemerdekaan rumah tangga. 13.Adanya kemerdekaan hak milik. 14.Adanya kemedekaan lalu lintas. 15.Adanya hak hidup dan mencari nafkah.

28 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S EJARAH HAM DIBERBAGAI NEGARA 5. Hak Asasi Manusia di Indonesia instrumen hak asasi manusia yang dimiliki Negara Republik Indonesia,yakni: Undang – Undang Dasar 1945 Ketetapan MPR Nomor XVII/MPR/1998 tentang Hak Asasi Manusia Undang – Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia

29 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan S EJARAH HAM DIBERBAGAI NEGARA 5. Hak Asasi Manusia di Indonesia Di Indonesia secara garis besar disimpulkan, hak-hak asasi manusia itu dapat dibeda-bedakan menjadi sebagai berikut : Hak – hak asasi pribadi (personal rights) yang meliputi kebebasan menyatakan pendapat, kebebasan memeluk agama, dan kebebasan bergerak. Hak – hak asasi ekonomi (property rights) yang meliputi hak untuk memiliki sesuatu, hak untuk membeli dan menjual serta memanfaatkannya. Hak – hak asasi politik (political rights) yaitu hak untuk ikut serta dalam pemerintahan, hak pilih (dipilih dan memilih dalam pemilu) dan hak untuk mendirikan partai politik. Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan ( rights of legal equality). Hak – hak asasi sosial dan kebudayaan ( social and culture rights). Misalnya hak untuk memilih pendidikan dan hak untukmengembangkan kebudayaan. Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan tata cara peradilan dan perlindungan (procedural rights). Misalnya peraturan dalam hal penahanan, penangkapan, penggeledahan, dan peradilan.

30 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan TERIMA KASIH


Download ppt "Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google