Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APLIKASI AKUNTANSI ACCURATE Dalam Industri Retail, Manufaktur, Jasa, Distributor, dan Usaha Kecil Menengah DI Indonesia Presented by Siti Khairani Winny.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APLIKASI AKUNTANSI ACCURATE Dalam Industri Retail, Manufaktur, Jasa, Distributor, dan Usaha Kecil Menengah DI Indonesia Presented by Siti Khairani Winny."— Transcript presentasi:

1 APLIKASI AKUNTANSI ACCURATE Dalam Industri Retail, Manufaktur, Jasa, Distributor, dan Usaha Kecil Menengah DI Indonesia Presented by Siti Khairani Winny STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus " STMIK MDP The Digital Campus

2 Latar Belakang –Perkembangan Bisnis yang cepat dan melebar –Kebutuhan informasi yang terkini dan akurat –Perkembangan TI yang cepat. –Kebutuhan manajemen akan informasi yang aktual STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

3 Bagaimana ya agar usaha saya yang sedang berkembang ini dapat ditunjang oleh suatu sistem yang baik ?

4 STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus " Sistem yang mampu menyajikan laporan keuangan yang cepat dan akurat

5 STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus " Tenang Bos, Ini Solusinya

6 STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus " Apa Itu Accurate ? Masak sih Ngak Tau..Accurate adalah software (perangkat lunak) Akuntansi Yang Sangat Terkenal Saat Ini Lho ??

7 –Accurate adalah software (perangkat lunak) Akuntansi Keuangan buatan PT. Cipta Piranti Sejahtera (CPSSoft), yang berfungsi untuk membantu pengolahan data keuangan dan pembuatan laporan keuangan secara cepat, tepat dan akurat. STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

8 –Modul apa saja yang terdapat di Accurate Accounting Software ? STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus " Penjualan Bank Aktiva Tetap Persediaan General Ledger Supplier Pembelian

9 Berapa jumlah digit transaksi yang ada di Accurate ? Nilai transaksi hingga 15 digit (920 trilyun) Accurate apa bisa bilingual ? bisa, Accurate bisa dipakai dalam 2 bahasa, Bahasa Inggris dan Indonesia STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

10 Accurate diperuntukkan bagi golongan usaha apa saja ? Accurate dirancang untuk kebutuhan usaha kecil dan menengah di Indonesia dengan disesuaikan dengan PSAK yang berlaku di Indonesia, dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis dan skala usaha khususnya untuk usaha kecil dan menengah, seperti : perusahaan trading, service dan manufacturing STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

11 Accurate bisa jalan di OS ( Operasional System ) apa saja ? Accurate Berbasis Windows 98/NT/2000/XP dan sekarang bisa jalan di Linux ( tapi khusus untuk server saja ). STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

12 Keunggulan Accurate Accounting dengan Software lain ? Kemudahan pemakaian, menggunakan bahasa Indonesia, berbasis Windows, handal serta beragam fasilitas yang tepat guna bagi usaha kecil dan menengah STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

13 Apa Accurate cukup mudah digunakan (user friendly)? Ya, tentu saja, Accurate dirancang dengan untuk mudah dan menyenangkan untuk digunakan, bahkan oleh user yang baru mulai mempelajari komputer dan akuntansi. Selain itu, sebagian besar penginputan data transaksi menggunakan formulir yang mudah dipahami dan seringkali ditemui dalam keseharian, sehingga pengguna tidak perlu merasa cemas akan salah dalam menginput transaksi, dan tidak perlu bingung mana yang debet dan mana yang kredit, program secara otomatis akan mencatat jurnal tersebut untuk Anda. STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

14 Di Software Accurate apa ada level securitynya ? Ada, Accurate menyediakan fasilitas password bertingkat yang memungkinkan seorang pengguna hanya dapat menggunakan fasilitas tertentu saja dari program ( sesuai dengan wewenangnya ), namun tidak dapat menggunakan atau melihat fasilitas lainnya. Tingkatan security dibagi dalam 3 level (Admin, Supervisor dan User). Sedangkan aktifitasnya dibagi lagi menjadi 3 kewenangan (Create, Edit dan Report). STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

15 Apa Accurate ada sistem Back Up ? Accurate menyediakan fasilitas back-up data, dimana data back up dibuat dari duplikat dari dalam file yang terkompress, yang bermanfaat jika terjadi kerusakan fatal pada data. Setiap bulan akan dibuatkan satu file backup secara otomatis, dan bisa ditentukan sendiri nama file backup tersebut dengan nama file yang lainnya STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

16 Apa Accurate bisa di pakai oleh beberapa user secara bersamaan ? Bisa, Accurate dapat digunakan dalam jaringan dengan banyak pemakai. Apa yang mengoperasikan Accurate harus benar2x bisa menguasai computer dan teori akuntansi ? kalau orang awan, bisa ? Pengguna tidak harus menguasai teori akuntansi ataupun komputer secara mendalam, namun pengetahuan dasar yang memadai akan sangat membantu cepat menguasai Accurate. STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

17 Berapa banyak Laporan yang bisa di sajikan oleh Accurate ? Accurate dapat menghasilkan lebih dari 250 buah laporan untuk berbagai keperluan, seperti laporan neraca, laba-rugi, aliran kas, neraca percobaan, buku besar, transaksi jurnal, daftar hutang / piutang usaha, surat tagihan hutang, daftar dan analisa persediaan, laba rugi penjualan barang persediaan, proyek, laba - rugi proyek, aktivitas proyek, proyeksi vs. realisasi biaya proyek, analisa harta tetap, dll. Dan Laporan yang ada bisa di custom sesuai kebutuhan customer. STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

18 Dasar-dasar akuntansi dan penomoran akun Harta = Kewajiban + Modal Dari persamaan tersebut dapat disimpulkan bahwa jika terdapat kenaikkan nilai aktiva maka hal ini bisa berarti : Kenaikkan nilai kewajiban Kenaikkan nilai modal Penurunan pada nilai aktiva yang lainnya STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

19 Klasifikasi Rekening-rekening Pembukuan Buku Besar : Klasifikasi Rekening/perkiraan/account/ dalam suatu sistem pembukuan dapat dibedakan menjadi tiga golongan : Real Account / Perkiraan Rill, sering juga disebut rekening/perkiraan neraca, karena rekening-rekening ini akan dilaporkan pada akhir periode pembukuan di dalam neraca, seperti rekening-rekening jenis Harta, Kewajiban, dan Modal. Nominal Account / Perkiraan Nominal, sering disebut rekening/perkiraan rugi laba, karena rekening-rekening ini akan dilaporkan di laporan rugi laba pada akhir periode, seperti rekening yang mengakibatkan beban atau pendapatan perusahaan. Mix account / Perkiraan campuran, perkiraan jenis ini sifatnya sementara dan ada selama tahun buku, contoh perkiraan “ Biaya dibayar dimuka (seperti, sewa, asuransi, iklan, dll). Sifatnya yang sementara bergantung dari lamanya waktu/perjanjian yang mengikat transaksi tersebut : Keberadaan Mix account ini hilang setelah pada akhir periode dilakukan penyesuaian terhadap biaya-biaya dibayar dimuka yang telah menjadi biaya sebenarnya (real atau nominal). STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

20 Perkiraan-perkiraan diberi penomoran untuk memudahkan proses posting dan penataan rekening (chart of account/Bagan Perkiraan) Sedapat mungkin urutan perkiraan dalam buku besar disesuaikan dengan pos-pos dalam neraca dan perhitungan rugi laba. Perkiraan dimulai dengan angka 1 menunjukkan harta, angka 2 menunjukkan hutang, angka tiga menunjukkan modal, angka 4 menunjukkan pendapatan, dan angka 5 menunjukkan beban. Angka kedua menunjukkan tempat perkiraan dalam golongannya. Sistem penomoran semacam ini memiliki kebaikkan, yaitu dapat menambah perkiraan yang diperlukan dikemudian hari, dengan urutan yang tepat tanpa mengganggu nomor perkiraan lain. STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

21 Jurnal adalah daftar atau buku tempat mencatat semua transaksi secara kronologis menurut urutan terjadinya transaksi, dengan menyebutkan jenis masing-masing perkiraanya STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus "

22 Sekian Terima Kasih STMIK MDP Palembang. " The Digital Campus " STMIK MDP The Digital Campus


Download ppt "APLIKASI AKUNTANSI ACCURATE Dalam Industri Retail, Manufaktur, Jasa, Distributor, dan Usaha Kecil Menengah DI Indonesia Presented by Siti Khairani Winny."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google