Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ASRUL FAQIH, 3353405002 PENGARUH PEMBANGUAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP KESEMPATAN KERJA DAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROPINSI JAWA TENGAH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ASRUL FAQIH, 3353405002 PENGARUH PEMBANGUAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP KESEMPATAN KERJA DAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROPINSI JAWA TENGAH."— Transcript presentasi:

1 ASRUL FAQIH, PENGARUH PEMBANGUAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP KESEMPATAN KERJA DAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROPINSI JAWA TENGAH.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ASRUL FAQIH - NIM : PRODI : Ekonomi Pembangunan - JURUSAN : Ekonomi Pembangunan - FAKULTAS : Ekonomi - walahok_99 pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : AMIN PUJIATI, SE, M.Si - PEMBIMBING 2 : DRS. BAMBANG PRISHARDOYO, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul PENGARUH PEMBANGUAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP KESEMPATAN KERJA DAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROPINSI JAWA TENGAH.

4 Abstrak Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan sektor pertanian sebagai sumber mata pencarian penduduknya, dengan demikian sebagian besar penduduk menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian. Melalui strategi pembangunan nasional dengan memperhatikan keunggulan yang dimiliki Indonesia, revitalisasi pertanian menjadi salah satu strategi utama pembangunan nasional. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Seberapa besar pengaruh pembangunan sektor pertanian terhadap peningkatan kesempatan kerja di provinsi Jawa Tengah?, (2) Seberapa besar pengaruh pembangunan sektor pertanian terhadap distribusi pendapatan di provinsi Jawa Tengah?, (3) Apakah ada perbedaan pengaruh pembangunan sektor pertanian terhadap peningkatan kesempatan kerja di provinsi Jawa Tengah sebelum dan sesudah revitalisasi pertanian?, (4) Apakah ada perbedaan pengaruh pembangunan sektor pertanian terhadap distribusi pendapatan di provinsi Jawa Tengah sebelum dan sesudah revitalisasi pertanian?. Objek penelitian ini adalah Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan data adalah metode dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh model pertama melalui uji F ada perbedaan pengaruh pembangunan sektor pertanian terhadap kesempatan kerja di Provinsi Jawa Tengah sebelum dan sesudah revitalisasi pertanian. Melalui uji t untuk variabel pembangunan sektor pertanian ada pengaruh pembangunan sektor pertanian terhadap kesempatan kerja di Provinsi Jawa Tengah. Untuk variabel revitalisasi pertanian ada pengaruh revitalisasi pertanian terhadap kesempatan kerja di Provinsi Jawa Tengah. Model kedua melalui uji F tidak ada perbedaan pengaruh pembangunan sektor pertanian terhadap distribusi pendapatan di Provinsi Jawa Tengah sebelum dan sesudah revitalisasi pertanian. Melalui uji t untuk variabel pembangunan sektor pertanian tidak ada pengaruh pembangunan sektor pertanian terhadap distribusi pendapatan di Provinsi Jawa Tengah. Untuk variabel revitalisasi pertanian tidak ada pengaruh revitalisasi pertanian terhadap distribusi pendapatan di Provinsi Jawa Tengah. Berdasarkan hasil penelitian dan catatan lapangan selama penelitian berlangsung, banyak kelemahan – kelemahan dalam penelitina ini sehingga ada hal yang kiranya perlu mendapat perhatian, yaitu perlu adanya penelitian lanjutan mengenai pengaruh pembangunan sektor pertanian terhadap peningkatan kesempatan kerja dan distribusi pendapatan di Provinsi Jawa Tengah.

5 Kata Kunci Pembangunan Sektor Pertanian, Kesempatan Kerja, Distribusi pendapatan

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta. Arsyad, Lincolin Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah, Yogyakarta. BPFE UGM. Arsyad, Lincolin Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta : STIE YKPN. Azwar, Saifuddin Reliabilitas dan validitas, Edisi 3. Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta. Badan Pusat Statistik, Statistik Jawa Tengah 1993 – , Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 1993 – , Jawa Tengah dalam Angka 1993 – , PDRB Provinsi Jawa Tengah 1993 – Bank Indonesia, Perkembangan Perekonomian Daerah Jawa Tengah Triwulan Ii Online. melambatnya pertumbuhan sektor pertanian di jawa tengah/2007.html Dermoredjo. Setyanu K. dan Khaerina Nukman Analisis Penentuan Indikator Utama Pembangunan Sektor Pertanian di Indonesia: Pendekatan Analisis Komponen Utama. Jurnal. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Djojohadikusumo, Soemitro. Modul Online. Online Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang : UNDIP. Gujarati, Damodar, Ekonometrika Dasar. Jakarta. Penerbit Erlangga. Irawan dan M. Suparmoko, Ekonomika Pembangunan. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta. Kuncoro, Mudrajat, Ekonomi Pembangunan : Teori, Masalah dan Kebijakan, Edisi Ketiga. Yogyakarta : UPP AMP YKPN. Simanjuntak, Robert Desentralization and Local Autority. Siswi, Yulianik, Analisis Efisiensi Penggunaan Faktor-faktor produksi pada usaha tani bawang merah di Kabupaten Brebes (Studi Kasus di Desa larangan) Skripsi. Sarjana IESP FE UNDIP. Soekartawi, 2003, Teori Ekonomi Produksi Dengan Pokok Bahasan Analisis Fungsi Cobb-Douglas: CV Rajawali. Jakarta Todaro, Michael P Econoic Development in The Third World. Longman Publisher, London. Todaro, Michael P Pembangunan Ekonomi Di Dunia Ketiga. Alih Bahasa Indonesia : Burhanudin Abdullah dan Haris Munandar. Yakarta. Todaro, Michael P Ekonomi Untuk Negara Berkembang : Suatu Pengantar Tentang Prinsip-Prinsip, Masalah dan Kebijakan Pembangunan. Bumi Aksara. Jakarta. Usman, M Kemiskinan dan Distribusi Pendapatandi Kabupaten Sleman Provinsi D.I. Yogyakarta Tahun Skripsi. Sarjana Ekonomi FE UGM. Wirartha, I Made Kesempatan Kerja Non Pertanian Di Daerah Pariwisata. Jurusan Sosial ekonomi Pertanain. Jurnal. Universitas Udayana. Yamin, M Analisis Pengaruh Pembangunan Sektor Pertanian Terhadap Distribusi Pendapatan dan Peningkatan Lapangan Kerja di Provinsi Sumatera Selatan Jurnal.. FP. UNSRI. Zakari, Amar K Keragaman Kesempatan Kerja di Sektor Pertanian dan Pengaruhnya Terhadap Pendapatan Rumah Tangga Pedesaan. Jurnal. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian.

7 Terima Kasih


Download ppt "ASRUL FAQIH, 3353405002 PENGARUH PEMBANGUAN SEKTOR PERTANIAN TERHADAP KESEMPATAN KERJA DAN DISTRIBUSI PENDAPATAN DI PROPINSI JAWA TENGAH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google