Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 2 3 HONDA CORPORATE Nama perusahaan : Honda Motor Co. Ltd. Berdiri sejak : 24 September 1948 Modal : ¥ 86 juta ( per 31 Maret 2004 ) Laporan penjualan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 2 3 HONDA CORPORATE Nama perusahaan : Honda Motor Co. Ltd. Berdiri sejak : 24 September 1948 Modal : ¥ 86 juta ( per 31 Maret 2004 ) Laporan penjualan."— Transcript presentasi:

1

2 1

3 2

4 3 HONDA CORPORATE Nama perusahaan : Honda Motor Co. Ltd. Berdiri sejak : 24 September 1948 Modal : ¥ 86 juta ( per 31 Maret 2004 ) Laporan penjualan : ¥ juta ( per 31 Maret 2004 ) ¥ juta ( per 31 Maret 2003 ) Produk utama : Sepeda motor, mobil, power products. Kantor pusat : Minami Aoyama, Minato-ku Tokyo , Jepang Tel : +81-(0) President & CEO : Takeo Fukui

5 4 Yaris tantang jazz PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan sedan mini Toyota Yaris. Mobil mini kelas 4X2 bermesin cc ini diharapkan bisa menyaingi produk sejenis yang lebih dahulu meluncur di Indonesia, seperti Honda Jazz, Hyundai, Peugeot 206, Suzuki Swift, dan sejenisnya. Hendrayadi Lastiyoso, marketing public relations TAM, menjelaskan bahwa Yaris diluncurkan, selain ingin mengejar mobil sejenis yang lebih dahulu ada di pasar, juga karena selama ini Toyota tidak meluncurkan sedan hatchback, setelah Toyota Starlet tahun Yaris ditawarkan Rp148,5 juta—Rp174 juta on the road. Sementara itu, presdir TAM, Johnny Darmawan, menegaskan bahwa Yaris adalah kendaraan hatchback bagi kaum muda dengan gaya hidup dinamis dan kehidupan sosial yang aktif. “Dengan mengusung tema ‘Be Groovy’, Toyota Yaris membidik segmen pasar kaum muda dan mereka yang berjiwa muda, trendy, serta smart. Melalui Yaris, Toyota ingin mengulang sukses di segmen ini sebagaimana pernah diraih Toyota Starlet,” ungkap Johnny. Untuk target penjualan, Toyota tampak sangat optimistis. Hendrayadi bahkan menyebut angka di atas unit per bulan. Menyinggung kemunculan Toyota Yaris, Honda Jazz masih mempunyai keunggulan. Dengan begitu PT Honda Prospect Motor (HPM) masih akan menggenjot pemasaran Honda Jazz pada wartaekonomi.com

6 5 Analisis Kasus PEMBELI Kelompok ekonomi menengah atas PEMBELI Kelompok ekonomi menengah atas PENDATANG BARU Toyota Yaris PENDATANG BARU Toyota Yaris PRODUK SUBSTITUSI Sepeda Motor, Sepeda PRODUK SUBSTITUSI Sepeda Motor, Sepeda PEMASOK PT Atsumitec Indonesia, PT Indonesia NS, PT Indonesia Stanley Electric, PT Kaneta Indonesia, PEMASOK PT Atsumitec Indonesia, PT Indonesia NS, PT Indonesia Stanley Electric, PT Kaneta Indonesia, PERUSAHAAN PESAING Toyota, Suzuki, Hyundai, Peugeot PERUSAHAAN PESAING Toyota, Suzuki, Hyundai, Peugeot

7 6 Ancaman Pendatang Baru Ancaman Pendatang Baru Toyota sebagai perusahaan global meluncurkan produk baru, Yaris untuk menantang market leader di pasar mobil mini kelas 4x2 bermesin cc. Produk ini cukup sukses di pasaran hal ini terbukti dengan ditetapkannya Yaris sebagai market leader selama tiga bulan terakhir atau sejak peluncurannya. Toyota adalah perusahaan global yang skalanya usahanya lebih besar dari Honda sehingga modal yang dimiliki untuk pembiayaan produksinya relatif lebih besar hal ini mencakup penelitian dan pengembangan produk. Variasi warna produk Honda jazz lebih beragam, harga yang ditawarkan relatif lebih murah, ukuran mobil yang memungkinkan untuk melaju lebih lincah dan gesit. Toyota Yaris memiliki desain yang lebih unik, fasilitas kendaraan lebih lengkap dan Groovy. Toyota memiliki saluran distribusi yang lebih luas daripada Honda, hal ini lebih memudahkan konsumen untuk mencari produk Toyota. Rencana pemerintah untuk menaikkan pajak kendaraan bermotor mencapai 500 persen mempengaruhi penjualan dan strategi perusahaan.

8 7 Ancaman Produk Pengganti Produk pengganti dari Honda Jazz adalah sepeda motor dan sepeda. Sepeda motor dan sepeda relatif memiliki harga yang lebih murah. Namun, Honda Jazz atau mobil memiliki keunggulan dalam hal keamanan dan kenyamanan yang tidak dimiliki oleh sepeda motor atau sepeda.

9 8 Kekuatan Tawar-menawar Pembeli Dengan banyaknya pemain dalam pasar mobil mini 4x2 bermesin cc, konsumen mempunyai keleluasaan untuk memilih dan membeli. Hal ini menyebabkan konsumen mempunyai kekuatan yang besar untuk mempengaruhi strategi pemasaran dalam hal penentuan harga dan bentuk promosi setiap produsen mobil.

10 9 Kekuatan Tawar-menawar Pemasok Honda adalah perusahaan dunia yang memiliki banyak pemasok dalam usahanya. Honda selalu menjaga hubungan baik dengan para pemasoknya sehingga hubungan yang terjadi adalah hubungan yang saling menguntungkan. Sebenarnya pemasok mempunyai kekuatan yang besar karena perusahaan yang dijadikan mitra usaha bukan hanya Honda, tapi perusahaan-perusahaan lain yang bergerak dalam industri yang sama.

11 10 Persaingan dalam pasar sejenis sangat ketat. Hal ini terlihat dari banyaknya pesaing yaitu hyundai getz, suzuki swift, peugeot 206 (mobil mini 4x2 bermesin cc) di pasar dan konsumen yang mempunyai kekuatan cukup besar dalam mempengaruhi keadaan pasar dan strategi perusahaan dalam persaingan. Strategi perusahaan yang dilakukan dengan cara berperang harga dan promosi secara gencar untuk menarik minat konsumen.

12 11 Click here 2x Presented by : -Jodi Febiyanto(033774) -Pipit Fitriani (030124) -Risna Natalia (034496) -Triyawan (034531) -THE END-


Download ppt "1 2 3 HONDA CORPORATE Nama perusahaan : Honda Motor Co. Ltd. Berdiri sejak : 24 September 1948 Modal : ¥ 86 juta ( per 31 Maret 2004 ) Laporan penjualan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google