Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas desain pelatihan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas desain pelatihan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA"— Transcript presentasi:

1 Tugas desain pelatihan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Dosen: Drs Mujiyana Disusun oleh : Suparyati FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2012

2 PERMAINAN MEMSUKAN PENSIL KEDALAM BOTOL
Group: 5-10 org Bahan: pensil, tali, botol Waktu: 5-10 mnt Kegunaan: Untuk melatih ketrampilan dan kecerdasan otak

3 Langka-langkah Peserta diminta untuk mengambil pensi dan diikatkan dipinggangnya masing-masing Peserta berdiri berjajar membelakangi botol, instructor member aba-aba dan sampai hitungan ke-3 peserta mulai beraksi, peserta yang paling cepat memasukkan pensil maka dialah pemenangnya

4 PERMAINAN MOBIL-MOBILAN
Group: 8-10 orang Waktu: 10 menit Kegunaan: Untuk meningkatkan kepercayaan terhadap orang lain dan meningkatkan ketrampilan

5 Langka-langkah Instruktur membagi kelompok menjadi sepasang-sepasang, setiap sepasang terdiri dari 2 orang Setiap pasang harus ada 1 orang yang ditutup matanya, sedangkan 1 orang berada dibelakangnya yang bertugas sebagai sopir Sopir memberi aba-aba hanya dengan menggunakan ketukan tangan dibahu. Ketukan bahu kanan untuk belok kanan , ketukan bahu kiri untuk belok kiri, ketukan ditengah-tengah punggung untuk lurus kedepan dan ketukan kedua tangan kanan dan kiri dibahu untuk berhenti dan memecahkan balon. Kelompok yang paling banyak memecahkan balon maka dialah pemenangnya

6 PEMAINAN MENGAMBIL KOIN DALAM EMBER BERAIR
Group : tak terbatas Bahan: Ember, koin atau uang logam, dan benda-benda kecil yang dapat mengecohnya Kegunaan : Untuk mengatur pernafasan dan ketrampilan mulut

7 Langka-langkah Setiap peserta diminta untuk berdiri menghadap keember yang sudah disiapkan sambil tangannya diikatkan kebelakang Instuktor member aba-abadan setelah hitungan ke 3 maka peserta mulai mengambil koin yang ada di dalam ember, dan yang paling banya mengumpulkan koin maka dialah pemenangnya

8 PERMAINAN ISYARAT BERANTAI
Group : orang Waktu : 15 mnt Kegunaan : Untuk mencerdaskan otak dan menangkap isyarat dari orang lain

9 Langka-langkah 1nstrutor meminta peserta unruk berbaris
Seluruh peserta matanya tertutup kecuali yang paling depan. sebelum ada tepukan atau isyarat lainnya untuk membuka mata dari peserta depannya maka belum boleh untuk membuka mata Instruktor memberikan kertas yang ber tuliskan kata atau kalimat misalnya seperti “ aku besar” kepada peserta yang paling depan Peserta yang paling depan menepuk peserta belakangnya (dan membuka penutup mata)untuk mengisyaratkan tulisan “ aku besar” dengan bahasa tubuh yang bisa dimengerti peserta lainnya dan begitu seterusnya sampai peserta terakhir Peserta terakhir menerima pesan dari depannya dan menebak apa maksud dari isyarat tadi, jika salah maka instructor akan minta peserta didepannya untuk menebak juga apa maksud dari isyarat tadi dan seterusnya sampai isyarat yang dimaksud benar, dan yang menebak salah tadi akan dihukum sesuai kesepakatan

10 PERMAINAN JALAN BERSAMA
Group : 30 orang Bahan : Tali Kegunaan : Untuk melatih kekompakan, kebersamaan dan keseimbangan tubuh kelompok

11 Langka-langkah Instruktor membagi kelompok, setiap kelompok terdiri dari 10 orang Setiap kelompok diminta untuk berdiri berjajar dengan kaki merenggang Setiap peserta kakinya diikatkan dengan kaki teman sebelahnya dan seterusnya, serta tangan sling bergandengan Jika sudah siap instructor member aba-aba dan setelah hitungan ke 3 baru mulai berjalan menuju finis dan siapa yang sampai duluan pada garis finis maka dialah pemenangnya

12 TERIMA KASIH


Download ppt "Tugas desain pelatihan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google