Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB XVI KEAMANAN PADA INTRANET. PENDAHULUAN Keamanan suatu network suatu hal yang sangat penting. Sama pentingnya dengan network itu sendiri. Sebuah jaringan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB XVI KEAMANAN PADA INTRANET. PENDAHULUAN Keamanan suatu network suatu hal yang sangat penting. Sama pentingnya dengan network itu sendiri. Sebuah jaringan."— Transcript presentasi:

1 BAB XVI KEAMANAN PADA INTRANET

2 PENDAHULUAN Keamanan suatu network suatu hal yang sangat penting. Sama pentingnya dengan network itu sendiri. Sebuah jaringan komputer belum bisa disebut sebagai jaringan yang lengkap sebelkum menggunakan mekanisme pengamanan untuk semua sumber dayanya. Inti keamanan network adalah melindungi sumber-sumber daya yang terdapat di dalam network, misal perangkat keras, perangkat lunak dan yang terpenting data yang disimpan dalam network.

3 MACAM-MACAM BAHAYA KEAMANAN Human error atau kesalahan manusia Kerusakan pada perangkat keras dan perangkat lunak Hacker Virus Bencana (alam maupun non-alam)

4 KESALAHAN MANUSIA Salah dalam memasang dan menggunakan perangkat keras atau perangkat lunak network Pemakai yang tidak sengaja menghapus data atau program penting Administrator intranet yang salah memberikan hak akses kepada pemakai yang sebenarnya tidak berhak. Tidak mematikan network (server) dengan baik dan sebagainya.

5 KESALAHAN MANUSIA(2) Penyebab kesalahan: Ketidaktahuan : –Tidak memiliki pengetahuan yang mencukupi untuk melakukan prosedur teknis, misal cara pengoperasian komputer, cara mengatasi masalah, dsb. –Bisa diatasi denan memberikan pendidikan, petunjuk atau kursus kepada semua pegawai yang menggunakan network.

6 KESALAHAN MANUSIA(3) Kelalaian: –Bisa dialami semua orang mulai dari direksi hingga pegawai biasa, baik dia mengerti atau tidak. –Contoh: mematikan server tidak sesuai aturan, tidak sengaja menghapus data, dsb. –Bisa diatasi dengan mendisiplinkan diri terhadap pekerjaan dan sering melakukan tindakan pencegahan (seperti membackup data, memeriksa catatan aktifitas network, dsb)

7 KERUSAKAN PERANGKAT KERAS/LUNAK Masalah ini biasanya disebabkan oleh pabrik pembuat perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan pada network. Biasanya dalam suatu jajaran produk pasti ada satu atau dua produk yang mengalami kegagalan, baik salah didalam pembuatan, kerusakan komponen, ada error (bug) yang tidak diantisipasi pada program dsbnya. Cacat produksi ini wajar jika dialami oleh satu dari ribuan produk yang dihasilkan. Biasanya perusahaan memberikan garansi.

8 KERUSAKAN PERANGKAT KERAS/LUNAK (2) Hampir sebagian besar perangkat lunak (baik program aplikasi, sistem operasi, atau driver untuk perangkat lunak) yang terdapat di pasaran memiliki bug atau “error” pada rutin programnya. Bug ini biasanya merupakan kesalahan yang “terlewat” pada pada saat pembuatan dan pengetesan, dan baru muncul setelah dipasarkan dan digunakan oleh para pemakai akhir. Untuk mengatasi bug ini, para produsen perangkat lunak biasanya menyediakan patch, yaitu program “penambal” yang mampu mengatasi bug pada perangkat lunak yang bermasalah. Patch biasanya diberikan oleh produsen perangkat lunak yang membuat program tersebut.

9 MASALAH HACKER Hacker adalah orang yang sengaja mengutak- atik suatu jaringan komputer dengan tujuan menembus jaringan yang bukan haknya. Tujuan melakukan hacking ini adalah : –Merusak –Mencari keuntungan finansial –Mengambil informasi rahasia –Mendapatkan ketenaran –Tantangan –Hanya sekedar iseng

10 MASALAH HACKER (2) Ada 2 kategori hacker : –Hacker dari dalam Hacker ini bisa merupakan pegawai perusahaan yang mungkin ingin mendapatkan informasi lebih dari yang telah diberikan kepadanya. Tujuannya macam-macam: iseng melihat daerah yang bukan haknya, ada yang sengaja menjual informasi perusahaannya untuk pesaing, sampai kepada pegawai yang sengaja diperas atau disuap agar mau menyerahkan rahasia perusahaan kepada pihak luar

11 MASALAH HACKER (3) –Hacker dari luar : Hacker ini adalah orang dari luar organisasi yang tidak memiliki keterikatan apapun dengan organisasi. Mereka biasanya individu yang bebas atau yang disewa oleh pihak tertentu untuk menembus jaringan intern anda.

12 MASALAH VIRUS Pada sebuah network, kita tidak mengetahui siapa saja yang menggunakan komputer dan apa saja yang mereka lakukan pada komputernya. Kita juga tidak tahu program, dokumen atau file apa saja yang mungkin mereka masukkan ke dalam komputer mereka. Hal-hal seperti ini adalah potensi penyebaran virus yang dapat membuat network kita menjadi tidak berdaya.

13 MASALAH VIRUS (2) Beberapa kemungkinan dimana sebuah intranet dapat terinfeksi virus yaitu pada: –Intranet yang menggunakan folder bersama –Intranet yang dihubungkan keluar. Ada tiga kategori ancaman yang bisa disebarkan melalui file : –Virus –Program Trojan Horse –Program Pengintip

14 MASALAH VIRUS (3) VIRUS : Definisi virus adalah program yang dapat menggandakan dan menyebarkan dirinya sendiri setelah dipasang pada komputer host yang baru. Virus ada yang sifatnya : –merusak (seperti memperbesar ukuran file, memakan memory, membuat sistem hang, sampai kepada memformat seluruh isi hard disk) –Hanya main-main(hanya memunculkan gambar, menampilkan nama pembuatan virus dan sebagainya.

15 MASALAH VIRUS (4) PROGRAM TROJAN HORSE: Trojan horse adalah program yang dari luar tidak tampak berbahaya tetapi sebenarnya ia mengandung atau melakukan seseuatu yang bisa merusak komputer kita. Contoh: program yang menyediakan layanan login tetapi sebenarnya malah mencuri user ID dan password lalu mengirimkannya ke penulis program tersebut

16 MASALAH VIRUS (5) PROGRAM PENGINTIP Program pengintip (ppeping), penguping (eavesdropping) atau pengendus (sniffing) adalah program-program yang biasa dibuat dan digunakan oleh para hacker untuk menembus atau mencegat data yang dikirimkan melalui network. Biasanya program ini memantau network dan mencari data rahasia seperti user ID, password atau nomor kartu kredit, lalu mengirimkan informasi yang didapatkannya kepada pembuat program tersebut.

17 MASALAH VIRUS (6) CARA MENGATASI VIRUS Selalu menjalankan program antivirus pada server anda. Biasanya program anti virus memiliki aplikasi TSR (Terminate and Stay resident) yang dapat berjalan pada latar belakang selama komputer berjalan. Aplikasi ini secara otomatis memeriksa setiap virus setiap kali ada file yang dibuka, dibaca, didownload dan sebagainya.

18 MASALAH VIRUS (7) Beberapa program anti virus: MCAfee Virus Scan Norton Anti Virus Dr. Solomon’s Anti Virus PC-Cillin, dan sebagainya.

19 BENCANA Bencana (baik bencana alam maupun non alam ) adalah salah satu alasan utama yang bisa membuat network mengalami kegagalan atau kerusakan. Macam-macam bencana misal: –Kebakaran –Banjir –Gempa –Gedung roboh –Pencurian, dan sebagainya

20 CARA MELINDUNGI INTRANET Menggunakan password Membatasi izin akses Menyaring alamat IP Menggunakan UPS Meningkatkan keamanan fisik gedung Pendekatan personal Memback-up data


Download ppt "BAB XVI KEAMANAN PADA INTRANET. PENDAHULUAN Keamanan suatu network suatu hal yang sangat penting. Sama pentingnya dengan network itu sendiri. Sebuah jaringan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google