Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

V 12 NE - Oracle 2006 ORACLE DEVELOPER 6i Oracle Developer adalah salah satu produk dari Oracle Corporation yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "V 12 NE - Oracle 2006 ORACLE DEVELOPER 6i Oracle Developer adalah salah satu produk dari Oracle Corporation yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi."— Transcript presentasi:

1 V 12 NE - Oracle 2006 ORACLE DEVELOPER 6i Oracle Developer adalah salah satu produk dari Oracle Corporation yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi. Oracle Developer 6i terdiri dari 3 produk utama, yaitu : 1. Oracle Form 2. Oracle Report 3. Oracle Graphic ORACLE FORM Oracle Form merupakan bagian terbesar dari Oracle Developer6i yg digunakan untuk membuat aplikasi yg mampu menampilkan data dalam bentuk text, image, serta melakukan manipulasi data baik itu insert, update, delete maupun query data. Oracle Form juga dapat berinteraksi dengan produk yang lain.

2 V 12 NE - Oracle 2006 ORACLE REPORT Oracle Report digunakan untuk membuat laporan dalam bentuk display maupun cetak ke printer. Oracle report ini tidak hanya bisa menampilkan data dalam bentuk text saja, tapi bisa juga diintregasikan dengan Oracle Graphic. ORACLE GRAPHIC Oracle Graphic digunakan untuk merepresentasikan data-data pada suatu tabel ke dalam bentuk grafik. Hasil dari Oracle Graphic ini dapat dipanggil oleh Oracle Form maupun Oracle Report.

3 V 12 NE - Oracle 2006 Oracle Form

4 V 12 NE - Oracle Form, yang digunakan untuk mempresentasikan obyek dan data sehingga user dapat berinteraksi dengan obyek maupun data tersebut Menu, yang biasanya digunakan untuk menggabungkan beberapa form, report, maupun graphic Library, yaitu kumpulan dari PL/SQL program unit. Aplikasi Oracle Form terdiri dari 3 tipe, yaitu :

5 V 12 NE - Oracle Oracle Form Runform yang digunakan untuk menjalankan executable Oracle Form (*.FMX) Oracle Form Generate yang digunakan untuk merubah dari form menjadi executable(*.FMB --> *.FMX) Oracle Form Designer yang digunakan untuk mendesain bentuk tampilan serta mendefinisikan menu, form, maupun library. Software Oracle Form terdiri dari 3 komponen, yaitu :

6 V 12 NE - Oracle 2006 Form Module Hierarchy Form Module Window Canvas Block User-Named Program Unit User-Named Program Unit Trigger Other Objects Other Objects Item Trigger

7 V 12 NE - Oracle 2006 Blocks, Items, and Canvases Canvas 1Canvas 2 Block B Items Block A Items

8 V 12 NE - Oracle 2006 Building more Complex Forms Triggers – sebuah blok PL/SQL untuk fungsi tertentu, yang berhubungan dengan sebuah event yang spesifik dalam aplikasi Triggers – sebuah blok PL/SQL untuk fungsi tertentu, yang berhubungan dengan sebuah event yang spesifik dalam aplikasi Alerts – sebuah windows yang menampilkan pesan kepada user pada beberapa kondisi aplikasi Alerts – sebuah windows yang menampilkan pesan kepada user pada beberapa kondisi aplikasi Attached Libraries – kumpulan dari subprogram Attached Libraries – kumpulan dari subprogram Data Blocks – kontainer yang berisi sekelompok obyek Data Blocks – kontainer yang berisi sekelompok obyek Canvas – permukaan dari sebuah window Canvas – permukaan dari sebuah window

9 V 12 NE - Oracle 2006 Editor – obyek untuk melakukan editing text Editor – obyek untuk melakukan editing text List of Values & Record Groups – kumpulan field dalam tabel atau beberapa tabel menjadi satu kesatuan List of Values & Record Groups – kumpulan field dalam tabel atau beberapa tabel menjadi satu kesatuan Object Groups – kontainer yang menampung sebuah group obyek Object Groups – kontainer yang menampung sebuah group obyek Parameter – untuk melewatkan sebuah nilai Parameter – untuk melewatkan sebuah nilai Popup Menus – menu yang dapat dihubungkan dengan sebuah item atau canvas Popup Menus – menu yang dapat dihubungkan dengan sebuah item atau canvas Building more Complex Forms

10 V 12 NE - Oracle 2006 Program Unit – sekumpulan perintah PL/SQL yang membentuk fungsi tertentu Program Unit – sekumpulan perintah PL/SQL yang membentuk fungsi tertentu Property Classes – obyek yang berisi daftar dari property beserta settingnya Property Classes – obyek yang berisi daftar dari property beserta settingnya Reports – modul report Reports – modul report Visual Attributes – berhubungan dengan desain interface aplikasi Visual Attributes – berhubungan dengan desain interface aplikasi Windows – penampung semua obyek visual Windows – penampung semua obyek visual Building more Complex Forms


Download ppt "V 12 NE - Oracle 2006 ORACLE DEVELOPER 6i Oracle Developer adalah salah satu produk dari Oracle Corporation yang digunakan untuk membuat suatu aplikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google