Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Antasari Bandjar, M.I.Kom. Jawaban atas pertanyaan ini akan sangat bervariasi, namun secara global dapat dikategorikan ke dalam 2 kelompok besar:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Antasari Bandjar, M.I.Kom. Jawaban atas pertanyaan ini akan sangat bervariasi, namun secara global dapat dikategorikan ke dalam 2 kelompok besar:"— Transcript presentasi:

1 Oleh: Antasari Bandjar, M.I.Kom

2 Jawaban atas pertanyaan ini akan sangat bervariasi, namun secara global dapat dikategorikan ke dalam 2 kelompok besar:  Komunikasi sebagai suatu proses transmisi (ide, informasi, pesan dsb); proses penyebaran pesan dan informasi.  Komunikasi sebagai sebuah ritual. Komunikasi dalam perspektif ini fokus pada komunikasi sebagai sebuah cara berinteraksi dalam masyarakat pada sebuah periode tertentu; suatu bentuk representasi ide dan kesepakatan bersama dalam masyarakat.

3 manifestasi komunikasi dalam perspektif ini adalah konstruksi dan pelestarian dari sebuah aspek budaya yang teratur dan bermakna. Aspek budaya tersebut merupakan bentuk kontrol dan wadah bagi berbagai tindakan manusia. Contoh: Membaca berita tidak akan dilihat sebagai sebuah tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan informasi melainkan merupakan sebuah kehadiran dalam rapat besar yang mempertemukan berbagai bentuk kekuatan budaya dimana sebuah gambaran tentang ‘dunia’ dihadirkan dan dikonfirmasi. Membaca dan menulis berita merupakan sebuah proses dramatisasi.

4  Realitas merupakan sebuah proses produksi dan re-produksi; sesuatu yang eksistensinya diciptakan dan dijaga. Manusia merupakan mahkluk simbolik. Melalui simbol manusia menjaga eksistensi dirinya.  ‘Dunia’ simbolik memiliki 2 karakteristik utama: DISPLACEMENT (proses mengganti, menukar, memindahkan) dan PRODUCTIVITY (proses membuat, mencipta dan berkreasi).  DISPLACEMENT + PRODUCTIVITY = REPRESENTASI (visual)

5 Belajar tentang komunikasi adalah belajar untuk menganalisis, menilai, dan menggambarkan proses sosial yang melibatkan berbagai unsur dan aspek simbolik dari sebuah peristiwa komunikasi. seni, ilmu pengetahuan, jurnalisme, agama, mitologi dsb merupakan beberapa contoh sistem simbol. Dan seperti halnya semua sistem simbol hal-hal tersebut bisa dianalisis dan dipetakan.

6  Semiotika merupakan ilmu tentang ‘tanda’ (SIGN).  Semiotics is the science of communication studies through the interpretation of signs and symbols.  Sign is everything that can be taken as standing for something else.

7  Structure of visual design (struktur desain visual): penggabungan tampilan setiap elemen visual (orang, tempat, benda-benda, dsb) yang ditujukan untuk menciptakan sebuah ‘statement’ visual.  Struktur visual merujuk pada interpretasi tertentu atas berbagai bentuk interaksi.  Struktur merujuk pada aturan ‘main’ yang disepakati.  Setiap elemen visual merupakan sebuah tanda dan setiap tanda memiliki makna.  SIGN -> SIGNIFIER (elemen)+ SIGNIFIED (makna)

8

9 Makna sebuah tampilan visual (gambar) dan berbagai model semiotika lain (gaya busana, tren musik, tren berita, dsb) sangat bergantung pada sistem bahasa yang digunakan (Barthes, 1976). Mengapa Demikian? Untuk sampai pada pemaknaan sebuah gambar kita harus melewati sebuah proses berpikir dan interpretasi. Proses ini tidak mungkin terjadi tanpa mediasi bahasa.

10

11


Download ppt "Oleh: Antasari Bandjar, M.I.Kom. Jawaban atas pertanyaan ini akan sangat bervariasi, namun secara global dapat dikategorikan ke dalam 2 kelompok besar:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google