Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROSEDUR MENGHASILKAN BENIH BUAH-BUAHAN BERMUTU 1. Kebenaran dan keunggulan pohon induk yang dipergunakan sebagai sumber perbanyakan berdasarkan penilaian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROSEDUR MENGHASILKAN BENIH BUAH-BUAHAN BERMUTU 1. Kebenaran dan keunggulan pohon induk yang dipergunakan sebagai sumber perbanyakan berdasarkan penilaian."— Transcript presentasi:

1 PROSEDUR MENGHASILKAN BENIH BUAH-BUAHAN BERMUTU 1. Kebenaran dan keunggulan pohon induk yang dipergunakan sebagai sumber perbanyakan berdasarkan penilaian dan penetapan di lapang. 2. -Proses produksi benih harus dibawah pengawasan Balai Pengawasan danSertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Holtikultura (BPSBTPH) Dua hal yang harus diperhatikan apabila akan memproduksi benih buah- buahan yang bermutu,yaitu :

2 PERSYARATAN POHON INDUK Pohon induk dapat dibedakan atas 2 (Dua) kelompok yaitu pohon induk untuk untuk batang atasdan pohon induk untuk batang bawah, yang masing-masing mempunyai persyaratan yang berbeda.

3 A. PERSYARATAN POHON INDUK BATANG ATAS - Identitas sifat unggulnya telah diketahui dan mantap - Produksinya tinggi dan berkualitas baik - Sudah berproduksi/berbuah minimal 3 kali - Tahan terhadap hama dan penyakit yang berbahaya - Pohon buah-buahan pemenang kontes yang mendapat rekomendasi dapat dijadikan sebagai pohon induk setelah melalui karakterisasi spesifik - Benih muda asal keturunan vegetatif daspat dijadikan sebagai pohon induk lanjutan walaupun belum berbuah - Pohon induk dari kultur jaringan harus ditunggu sampai berbuah

4  Benih muda asal turunan vegetatif dapat dijadikan sebagai pohon lanjutan walaupun belum berbuah dengan syarat :  Sumber pohon induknya unggul serta dapat diketahui dengan pasti dari mana benih itu berasal  Tidak terjadi mutasi entres tidak bersal dari cabang tunas air  Tahan hama dan penyakit yang berbahaya

5 B. Persyaratan pohon induk batang tubuh - Mempunyai perakaran yang baik - Tahan terhadap penyakit akar - Cocok dengan batas atasnya Untuk perbanyakan sistem cangkok stek dengan sejenisnya persyaratan ini tidak diperlukan

6 PERMOHONAN PENILAIAN a. Setiap orang atau badan hukum yang ingin menghasilkan pohon induk buah-buahan mengajukan permohonan ke BPSBTPH setempat b. Permohonan diajukan paling lambat 1 (satu) bulan sebelum penilaian dengan mengisi formulir yang telah disedakan c. Satu formulir hanya berlaku untuk satu varietas d. Pohon induk yang akan dinilai diutamakan untuk varietas yang telah dilepas/diputihkan atau yang dominan di daerah tersebut dan telah diketahui keunggulannya.

7 PELAKSANAAN PENILAIAN a. Setelah permohonan memenuhi persyaratan selanjutnya dilakukan penilaian terhadap pohon induk. Maksud dilakukan penilaian ini untuk mendapatkan kepastian bahwa pohon induk tersebut identitasnya sesuai dengan sifat unggul pohon induk aslinya. a. Kriteria penilaian berdasarkan data teknis dilapangan yang berupa deskripsi varietas atau karakteristik dari pohon tersebut. a. Pohon induk yang memenuhi persyaratan dan untuk penilaian akan ditetapkan sekaligus ndiberi rekomendasi/surat keterangan dan label (tanda nomor pohon induk label merupakan sarana informasi/identitas dari pohon induk. a. Terhadap pohon induk yang telah ditetapkan kondisinya harus dijaga dan akan dipantau setiap waktu


Download ppt "PROSEDUR MENGHASILKAN BENIH BUAH-BUAHAN BERMUTU 1. Kebenaran dan keunggulan pohon induk yang dipergunakan sebagai sumber perbanyakan berdasarkan penilaian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google