Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mc Nemar Test TEMU III DIAKHIR KULIAH MAHASISWA MAMPU MELAKUKAN UJI STATISTIK UNTUK DATA ORDINAL PERPASANGAN: UJI MC NEMAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mc Nemar Test TEMU III DIAKHIR KULIAH MAHASISWA MAMPU MELAKUKAN UJI STATISTIK UNTUK DATA ORDINAL PERPASANGAN: UJI MC NEMAR."— Transcript presentasi:

1 Mc Nemar Test TEMU III DIAKHIR KULIAH MAHASISWA MAMPU MELAKUKAN UJI STATISTIK UNTUK DATA ORDINAL PERPASANGAN: UJI MC NEMAR

2 Pengujian Hipotesis Komparatif Menguji parameter populasi yang berbentuk perbandingan melalui ukuran sampel yang juga berbentuk perbandingan. Menguji kemempuaan generalisasi (signifikansi hasil penelitian) yang berupa perbandingan keadaan variabel dari dua sampel atau lebih.

3 Model komparasi Komparasi antar dua sample Komparasi antar lebih dari dua sampel (komparasi k sampel) Terdapat dua jenis komparasi sampel Komparasi sampel berkolerasi Komparasi sampel tidak berkorelasi (independent)

4 Sampel yang berkolerasi biasanya terdapat dalam desain penelitian eksperimen, misal ; membuat perbandingan kemampuan kerja pegawai sebelum dilatih dengan yang sudah dilatih, membandingkan nilai pretest dan post test dan membandingkan kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol (pegawai yang diberi latihan dan yang tidak)

5 Sampel independen adalah sampel yang tidak berkaitan satu sama lain, misalnya akan membandingkan kemampuan lulusan SMU dan SMK, membandingkan pengaruh metode terapi I dengan metode II.

6 Komparatif Dua Sampel Hipotesis uji dua fihak  Rumusan hipotesis nul dan alternatifnya berbunyi sebagai berikut Ho : Tidak terdapat perbedaan produktivitas kerja antara pegawai yang mendapat kendaraan dinas dengan yang tidak. Ha : Terdapat perbedaan produktivitas kerja antara pegawai yang mendapat kendaraan dinas dengan yang tidak.

7 Komparatif Dua Sampel Uji satu fihak  Rumusan hipotesis nul dan alternatifnya sebagai berikut : Ho : prestasi belajar siswa SMU yang masuk sore hari lebih besar dari yang masuk pagi. Ha : prestasi belajar siswa SMU yang masuk sore hari lebih rendah dari yang masuk pagi.

8 Komparatif Non parametrik Beberapa statistik nonparametris yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif dua sampel yang berkolerasi. Tehnik statistik yang digunakan adalah Mc Nemar test untuk menguji hipotesis komparatif data nominal dan sign test untuk data ordinal.

9 Mc Nemar Test Komparatif dua sampel berhubungan Data nominal Biasanya desain “before after” Hipotesis penelitian merupaakan perbandingan antara nilai sebelum dan sesudah ada perlakuan/treatment

10 Mc Nemar Test Sebagai panduan untuk menguji signifikansi setiap perubahan maka data perlu disusn kedalam tabel segi empat ABCD SebelumSesudah -+ +AB -CD

11 Dari tabel diatas maka A + D adalah jumlah total sampel yang berubah, B dan C adalah sampel yang tidak berubah Test Mc Nemar berdistribusi Kai Kuadrat, oleh karena itu rumus yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah rumus Kai Kuadrat

12 Mc Nemar Test Contoh : seorang peneliti ingin mengetahui pengaruh iklan terhadap pembelian alat bantu jalan. Sampel diambil secara random sebanyak 200 pasien. Sebelum iklan diluncurkan terdapat 50 pasien yang membeli alat tersebut dan 150 tidak. Setelah iklan ternyata dari 200 orang tersebut terdapat 125 yang membeli dan 75 tidak. Dari 125 yang membeli tersebut terdiri atas pembeli tetap 40 orang shg yang berubah menjadi membeli 85. Dari 75 yang tidak membeli yang tetap 65 dan yang berubah 10 orang.

13 Mc Nemar Test SebelumSesuda Iklan Membeli 50125= (40 tetap, 85 berubah) Tidak membeli = (65 tetap, 10 berubah)

14 Judul : Pengaruh iklan terhadap penjualan alat bantu jalan Hipotesis : Ada pengaruh yang bermakna pemasangan iklan terhadap penjualan alat bantu jalan Hipotesis statistik  Ho : Tidak ada pengaruh yang bermakna pemasangan iklan terhadap penjualan alat bantu jalan  Ada pengaruh yang bermakna pemasangan iklan terhadap penjualan alat bantu jalan

15 Mc Nemar Test MembeliTidak membeli Tidak Membeli Membeli   = 57.6

16 Harga Chi Kuadrat hitung tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga chi Kuadrat tabel. Bila dk = 1 dan taraf kesalahan 5%, maka chi kuadrat tabel = 3,84 Ketentuan  Chi kuadrat hitung < tabel maka Ho diterima  Chi kuadrat hitung > tabel maka Ho ditolak

17 Berdadarkan perhitungan tersebut maka Kai kuadrat hitung lebih besar dari nilai tabel (57,642 > 3,84). Hal ini berarti Ho ditolak Kesimpulan : Terdapat perbedaan yang bermakna pemasangan iklan terhadap penjualan alat bantu jalan.

18 SOAL LATIHAN 1.Dari sejumlah 70 ibu hamil diketahui 35 orang menderita anemia dan diberi tablet tambah darah (TTD) selama 3 bulan.Hasil pemeriksaan Hb menunjukkan bahwa pada kelompok yang menderita anemia sebanyak 25 orang menjadi normal, pada kelompok non-anemia sebanyak 5 orang ditemukan menderita anemia. Dapatkah dinyatakan TTD menurunkan kejadian anemia? 2.Dari 100 pria dewasa 40% dinyatakan hipertensi dan mengikuti program senam selama 30 menit per hari selama 4 bulan. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa jumlah penderita hipertensi menjadi 25 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 5 orang berasal dari pria sehat diawal program senam. Bisakah dinyatakan bawa senam selama 30 menit perhari menyehatkan?


Download ppt "Mc Nemar Test TEMU III DIAKHIR KULIAH MAHASISWA MAMPU MELAKUKAN UJI STATISTIK UNTUK DATA ORDINAL PERPASANGAN: UJI MC NEMAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google