Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 COMPARATIVE ACCOUNTING ADTYO UTOMO (023050502) REZA PERDANA PUTRA (023050635) VEBRY PRASETYA (023050649) FINA RIZQY PUTRIE FIRANI (023050651) MAULIDITYA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 COMPARATIVE ACCOUNTING ADTYO UTOMO (023050502) REZA PERDANA PUTRA (023050635) VEBRY PRASETYA (023050649) FINA RIZQY PUTRIE FIRANI (023050651) MAULIDITYA."— Transcript presentasi:

1 1 COMPARATIVE ACCOUNTING ADTYO UTOMO ( ) REZA PERDANA PUTRA ( ) VEBRY PRASETYA ( ) FINA RIZQY PUTRIE FIRANI ( ) MAULIDITYA DIAN ANGGRAINI ( )

2 2 6 SISTEM AKUNTANSI INTERNASIONAL DI NEGARA MAJU  PRANCIS Regulasi dan penegakkan aturan akuntansi. Lima organisasi utama yang terlibat dalam penetapan standart akuntansi di Prancis :  Counseil National de la Comptabiliti atau CNC  Comitte de la Reglementation Comptable atau CRC  Autorite des Marches Financiers atau AMF  Orde des Experts Compatable atau OEC  Compagnie Nationale des Commisaires aux Comptes atau CNCC

3 3 PELAPORAN KEUANGAN 1.Neraca 2.Laporan laba rugi 3.Catatan atas laporan keuangan 4.Laporan direktur 5.Laporan auditor

4 4 PENGUKURAN AKUNTANSI Aktiva berwujud umumnya dinilai berdasarkan biaya historis.Meskipun diperbolehkan revaluasi tetep dikenakan pajak sehingga jarang dilakukan dalam praktik. Aktiva akan tetap didepresiasikan menurut provisis pajak, umumnya menurut dasar garis lurus atau saldo berganda. Depresiasi tambahan menurut pajak kadang-kadang dapat terjadi, yang mana jumlah tambahan yang terjadi disajikan sebagai beban luar biasa dalam laporan laba rugi dan dikreditkan sebagai provisi terkait pajak dalam ekuitas. Persediaan harus dinilai sebesar nilai yang lebih rendah antara biaya atau nilai realisasi dengan menggunakan metode masuk pertama keluar pertama (FIFO).

5 5 JERMAN Regulasi dan penegakkan aturan akuntansi Undang-undang tentang pengendalian dan transparansi tahun 1998 memperkenalkan keharusan bagi kementrian kehakiman untuk mengakui badan swasta yang menerapkan standart nasional untuk memenuhi tujuan: 1.Mengembangkan rekomendasi atas menerapkan standart akuntansi dalam laporan keuangan konsolodasi. 2.Memeberikan nasihat kepada kementrian kehakiman atas legislasi akuntansi yang baru. 3.Mewakili Jerman dalam organisasi akuntansi internasional seperti IASB.

6 6 Pelaporan keuangan Isi dan bentuk laporan keuangan: 1. Neraca 2. Laporan laba rugi 3. Catatan atas laporan keuangan 4. Laporan menajemen 5. Laporan auditor

7 7  Pengukuran akuntansi Provisi sebagai estimasi beban atau kerugian masa depan sangat digunakan. Provisi harus dibuat dengan beban perawatan yang ditangguhkan, jaminan produk, kerugian potensial akibat transaksi yang ditangguhkan, dan kewajiban tidak pasti lainnya. Provisi optional yang berisikan seperti untuk perbaikan besar pada masa depan juga diperbolehkan.

8 8 JEPANG Regulasi dan penegakkan aturan akuntansi Ketiga hukum yang didasarkan pada undang- undang adalah hukum komersial, undang-undang pasar modal dan undang-undang pajak penghasilan perusahaan. 1.Hukum komersial diatur oleh kementrian kehakiman (MOJ) 2.Perusahaan milik publik harus ketentuan lebih lanjut dalam undang-undang pasar modal (SEL) 3.Dewan pertimbangan akuntansi usaha

9 9 Pelaporan keuangan Perusahaan umum yang didirikan menurut hukum komersial diwajibkan untuk menyusun laporan wajib yang harus mendapat persetujuan dalam rapat tahunan pemegang saham yang berisi hal-hal berikut : 1.Neraca 2.Laporan laba rugi 3.Laporan usaha 4.Proposal atas penentuan penggunaan laba ditahan 5.Skedul pendukung

10 10 Pengukuran akuntansi Perubahan-perubahan tersebut adalah : 1. Mengharuskan perusahaan yang mencatatkan sahamnya untuk membuat laporan arus kas. 2. Memperluas anak perusahaan yang dikonsolidasikan berdasarkan kendali yang dimiliki dan bukan persentase kepemilikan. 3. Memperluas jumlah perusahaan yang diafiliasi yang dicatat dengan metode akuitas berdasarkan pengaruh signifikan dan bukan pada persentase kepemilikan. 4. Menilai investasi dalam surat berharga sebesar harga pasar dan bukan biaya perolehan. 5. Provisi penuh atas kewajiban tangguhan. 6. Akrual penuh dalam biaya pensiun dan kewajiban pensiun lainnya.

11 11 BELANDA Regulasi dan penegakan aturan akuntansi. 1. Laporan keuangan tahunan harus menunjukkan gambaran yang wajar mengenai posisi dan hasil keuangan selama suatu tahun, dan seluruh pos didalamnya harus dikelompokkan dan dijelaskan secara memadai. 2. Laporan keuangan harus disusun sesuai dengan praktik usaha yang baiq (prinsip akuntansi dapat diterima oleh kalangan usaha). 3. Dasar penyajian aktiva dan kewajiban dan penentuan hasil operasi harus diungkapkan. 4. Laporan keuangan harus disusun sesuai dengan dasar yang konsisten dan pengaruh material dari perubahan dalam prinsip akuntansi harus diungkapkan seutuhnya. 5. Informasi keuangan komparatif untuk periode sebelumnya harus diungkapkan dalam laporan keuangan dan catatan kaki yang menyertainya.

12 12 Pelaporan keuangan Laporan arus kas diwajibkan,tetapi direkomendasikan oleh sebuah tuntunan dewan dan kebanyakan perusahaan belanda membuatnya. Catatan laporan keuangan harus menjelaskan prinsip akuntansi yang digunakan dalam penilaian dan penetapan hasil dan alasan-alasan dibalik perubahan akuntansi yang dilakukan. Laporan direksi mengevaluasi posisi keuangan pada tanggal neraca dan kinerja selama tahun keuangan.

13 13 Pengukuran akuntansi Goodwill merupakan perbedaan antara biaya akuisisi dengan nilai wajar aktiva dan kewajiban yang dibeli. Goodwill tersebut dikapitalisasi dan diamortisasi selama estimasi masa manfaat, hingga maksimum 20 tahun. Metode ekuitas digunakan apabila investor memiliki pengaruh signifikan terhadap kebijakan usaha dan keuangan. Usaha patungan dapat dicatat dengan menggunakan metode ekuitas atau konsolidasi proporsional. Rekomendasi dewan terhadap translasi mata uang asing adalah sama dengan standart akuntansi internasional 21.

14 14 INGGRIS Regulasi dan Penetapan akuntansi Lima prinsip dasar akuntansi : 1.Pendapatan dan beban harus dibandingkan menurut dasar akrual. 2.Pos aktiva dan kewajiban secara terpisah dalam setiap kategori aktiva dan kewajiban dinilai secara terpisah. 3.Prinsip konservatisme diterapkan, khususnya dalam pengakuan realisasi laba dan seluruh kewajiban dan kerugian yang dikeyahui.

15 15 4. Penerapan kebijakan akuntansi yang konsisten dari tahun ketahun diwajibkan. 5. Prinsip kelangsungan usaha diterapkan untuk perusahaan yang menggunakan akuntansi.

16 16 Enam badan akuntansi di Inggris yang berhubungan dengan komite konsulatif : 1.Institut Akuntan berizin resmi di Inggris dan Wales (ICAEW). 2. Institut Akuntan berizin resmi di Irlandia (ICAI). 3.Institut Akuntan berizin resmi di Skotlandia (ICAS). 4.Asosiasi Akuntan berizin resmi dan bersertifikat (ACCA). 5.Institut Akuntansi manajement berizin resmi (CIMA) 6.Institut keuangan dan akuntansi publik berizin resmi (CIPFA).

17 17 Pelaporan keuangan Pelaporan di Inggris termasuk yang paling komprehensif didunia. Dan macam laporannya: 1. Laporan direksi 2. Laporan laba rugi dan neraca 3. Laporan arus kas 4. Laporan total keuntungan dan kerugian yang diakui 5. Laporan kebijakan akuntansi 6. Catatan atas referensi dalam laporan keuangan 7. Laporan auditor

18 18 Sifat lain dari pelaporan keuangan adalah perusahaan berukuran kecil dan menengah dikecualikan dari banyak kewajiban pelaporan keuangan.

19 19 AMERIKA SERIKAT Regulasi dan penegakkan aturan akuntansi Laporan keuangan seharusnya menyajikan secara wajar posisi keuangan suatu perusahaan dan hasil operasinya sesuai dengan prinsip akuntansi yang diterima secara umum. Kepatuhan dengan GAAP merupakan ujian terhadap penyajian wajar tidak terdapat subjek superioritas seperti halnya superioritas benar dan wajar di Inggris.

20 20 Pelaporan keuangan Laporan keuangan tahunan yang seharusnya dibuat oleh perusahaan AS yang benar meliputi komponen sebagai berikut : 1.Laporan manajement 2.Laporan auditor independent 3.Laporan keuangan utama 4.Diskudi manajement dan analisis atas hasil operasi dan kondisi keuangan 5.Pengungkapan atas kebijakan akuntansi dengan pengaruh paling penting terhadap laporan keuangan

21 21 4 SISTEM AKUNTANSI DI NEGARA BERKEMBANG REPUBLIK CEKO CINATAIWANMEKSIKO

22 22 REPUBLIK CEKO Regulasi dan penegakkan aturan akuntansiRegulasi dan penegakkan aturan akuntansi Undang-undang akuntansi yang menetapkan ketentuan atas akuntansi disahkan pada tahun 1991 dan berlaku efektif pada 1 Januari Dibuat berdasarkan direktif ke empat dan ke tujuh UE, Undang-undang tersebut secara khusus menegaskan penggunaan daftar yang digunakan untuk pembuatan catatan dan penyusunan laporan keuangan.

23 23  Pelaporan keuangan Laporan keuangan harus bersifat komperatif seperti : 1.Neraca 2.Akun laba dan rugi 3.Catatan

24 24 Pengukuran akuntansi Kurs nilai tukar pada akhir tahun digunakan pada saat melakukan translasi atas laporan laba rugi dan neraca anak perusahaan di luar negeri. Aktiva berwujud dan tidak berwujud dinilai sebesar nilai perolehannya dan dihapusbukukan selama perkiraan masa manfaat ekonominya. Persediaan sebesar nilai yang lebih rendah antara biaya perolehan atau nilai pasar pada metode FIFO dan rata-rata tertimbang merupakan asumsi arus biaya yang diperbolehkan (LIFO tidak berkurang).

25 25 CINA Regulasi dan penegakkan aturan akuntansi Secara khusus tanggung jawab kementrian : 1.Merumuskan dan menegakkan kebijakan yang terkait dengan ekonomi, pajak dan keuangan lainnya. 2.Menyusun anggaran negara dan laporan fiskal tahunan. 3.Mengelola pendapatan dan pengeluaran negara 4.Mengembangkan manajement keuangan dan sistem perpajakkan

26 26 Pelaporan keuangan Pelaporan keuangan Periode akuntansi diwajibkan sama dengan tahun kalender yang terdiri dari : 1. Neraca 2. Laporan laba rugi 3. Laporan arus kas 4. Catatan atas laporan keuangan 5. Penjelasan kondisi keuangan

27 27 Pengukuran akuntansi Biaya historis merupakan dasar untuk menilai aktiva berwujud dan relevansi tidak diperkenankan. Aktiva berwujud didpresiasikan selama perkiraan masa manfaat, umumnya dengan metode garis lurus. Metode depresiasi dipercepat dan laporan diperbolehkan. FIFO, rata-rata, dan LIFO merupakan metode penentuan biaya yang diperbolehkan dan nilai persediaan diturunkan karena penurunan harga dan keusangan.

28 28 TAIWAN Regulasi dan penegakkan aturan akuntansi Standart akuntansi ditetapkan oleh kementrian standart akuntansi keuangan (FASC) dari lembaga pengembangan dan penelitian akuntansi (ARDF), yang dibentuk menurut lembaga akuntansi keuangan di negara Amerika Serikat, didirikan tahun 1984 untuk meningkatkan level study akuntansi, memajukan perkembangan standart akuntansi dan auditing dan membantu perusahaan industri dan komersial untuk memperbaiki sistem akuntansinya.

29 29 Pelaporan keuangan Hukum laporan keuangan komersial diwajibkan : 1. Neraca 2. Laporan laba rugi 3. Laporan perubahan ekuitas pemilik 4. Laporan arus kas 5. Catatan

30 30  Pengukuran akuntansi Metode pembelian diwajibkan untuk penggabungan usaha dan metode penyatuan kepemilikan tidak digunakan. Berdasarkan metode pembelian aktiva didasarkan pada nilai bukunya, meskipun dapat disesuaikan karena nilai pasar yang lebih tinggi.

31 31 MEKSIKO Pelaporan keuangan Laporannya disusun berdasarkan : 1.Neraca 2.Laporan laba rugi 3.Laporan perubahan ekuitas pemegang saham 4.Laporan perubahan posisi keuangan 5.catatan

32 32 Pengukuran akuntansi Metode ekuitas digunakan apabila terdapat pengaruh tetapi bukan pengendali yang umumnya berarti besarnya kepemilikan berkisar antara 10 hingga 50 persen. Usaha patungan dapat dikonsolodasikan secara proporsional atau dicatat dengan menggunakan metode ekuitas. Meksiko telah mengadopsi standart akuntansi internasional no.21 mengenai translasi mata uang asing.

33 33 The end THANK YOU


Download ppt "1 COMPARATIVE ACCOUNTING ADTYO UTOMO (023050502) REZA PERDANA PUTRA (023050635) VEBRY PRASETYA (023050649) FINA RIZQY PUTRIE FIRANI (023050651) MAULIDITYA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google