Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mauly Nurita 21206300. A. Latar Belakang Masalah Dari tabel diatas terdapat fenomena yang menunjukan tidak terealisasinya rencana penerimaan pajak hotel.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mauly Nurita 21206300. A. Latar Belakang Masalah Dari tabel diatas terdapat fenomena yang menunjukan tidak terealisasinya rencana penerimaan pajak hotel."— Transcript presentasi:

1 Mauly Nurita

2 A. Latar Belakang Masalah Dari tabel diatas terdapat fenomena yang menunjukan tidak terealisasinya rencana penerimaan pajak hotel di suku dinas pelayanan pajak pada tahun 2007 dan Hal ini terlihat pada semakin menurunnya persentase pajak hotel pada tiga tahun terakhir. Maka pengawasan harus terus dilakukan untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang dilakukan oleh wajib pajak (WP) dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.

3 B. Ruang lingkup dan Pembatasan Masalah Ruang lingkup dalam penulisan skripasi ini adalah Suku Dinas Pelayanan Pajak Kota Administrasi Jakarta Pusat. Pembatasan masalahnya adalah jumlah penerimaan pajak hotel mulai dari tahun 2007 sampai tahun C. Pokok Permasalahan 1. Bagaimana efektivitas administrasi pajak hotel yang dilakukan oleh suku dinas pelayanan pajak? 2. Kendala apa yang dihadapi oleh suku dinas pelayanan pajak dalam melaksanakan pengawasan atas pemungutan pajak hotel?

4 A. Landasan Teori 1. Pengertian Administrasi 2. Pengertian Pajak 3. Perbedaan Pajak Pusat dan Pajak Daerah 4. Pajak Hotel 5. Pengawasan

5 A. Metode Penelitian Deskriptif B. Waktu dan Lokasi Penelitian Penelitian ini berlangsung mulai tanggal 1 April 2010 sampai dengan 12 Mei Penelitian berlokasi di Dinas Pelayanan Pajak. C. Objek Penelitian Objek-objek yang berhubungan dengan bidang pajak daerah khususnya pajak hotel, pelaksanaan pengawasan pajak hotel di suku dinas pelayanan pajak kota administrasi jakarta pusat dengan melihat data rencana dan realisasi penerimaan pajak hotel dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2009.

6 D. Teknis Pengumpulan Data 1. Studi Kepustakaan (Library Research) 2. Penelitian Lapangan (Field Research) 3. Wawancara (Interview)

7 Realisasi Penerimaan Pajak Hotel TPI = X 100 % Target (Rencana) Penerimaan Pajak

8 Catatan: Tahun 2008 dan 2009 jumlah WP Sudin digabung dengan jumlah WP Kecamatan

9 1) Pengawasan Setoran Masa 2) Pengawasan Penggunaan Bon (Bill) 3) Pengawasan melalui silent operation 4) Pengawasan melalui penerapan sistem OnLine

10 1. Keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM); 2. Keterbatasan Anggaran untuk melakukan pengawasan; 3. Perbedaan Sistem komputerisasi yang digunakan oleh wajib pajak dengan sistem komputerisasi yang digunakan oleh Dinas Pelayanan Pajak.

11 A. SIMPULAN 1. Efektivitas pajak hotel yang di hitung dengan menggunakan TPI belum mengalami kenaikan pencapaian target dalam 3 tahun terakhir, yaitu tahun 2007 samapai tahun Karena berdasarkan perhitungan, secara rata-rata angka TPI untuk pajak hotel hanya mencapai 94,58 %. Berdasarkan hasil TPI, pajak hotel belum dapat dikatakan berjalan efektif karena belum memberikan kinerja yang cukup. 2. Kendala-kendala yang dihadapi adalah: a) Keterbatasan SDM ; b) Keterbatasan Anggaran ; c) Perbedaan sistem komputerisasi yang digunakan oleh WP Hotel dan Dinas Pelayanan Pajak ;

12 B. Implikasi 1. Pengawasan harus terus menerus dilakukan agar rencana penerimaan dapat terealisasi. 2. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diuraikan di atas, penulis memberikan saran sebagai berikut: a) Untuk mengatasi keterbatasan SDM, maka perlu ada penerimaan karyawan baru karena saat ini seorang petugas Dinas Pelayanan Pajak harus menangani lebih dari 20 wajib pajak untuk 10 jenis pajak. Penerimaan pegawai baru harus berlatar belekang pendidikan lulusan akuntansi dan atau perpajakan. b) Untuk mengatasi keterbatasan anggaran dalam melakukan pengawasan silent operation, dilakukan terhadap wajib pajak hotel yang menurut Dinas Pelayanan Pajak terindikasi telah melakukan kecurangan dalam melakukan pembayaran pajak. c)Menyamakan sistem komputerisasi yang digunakan oleh wajib pajak hotel dengan sistem komputerisasi yang digunakan oleh Dinas Pelayanan Pajak, dengan biaya ditanggungung oleh kedua belah pihak, wajib pajak Hotel dan Dinas pelayanan pajak.

13


Download ppt "Mauly Nurita 21206300. A. Latar Belakang Masalah Dari tabel diatas terdapat fenomena yang menunjukan tidak terealisasinya rencana penerimaan pajak hotel."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google