Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bandwidthadalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Jenis bandwidth ini biasanya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bandwidthadalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Jenis bandwidth ini biasanya."— Transcript presentasi:

1

2 Bandwidthadalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Jenis bandwidth ini biasanya diukur dalam bps (bits per second). Secara umum, koneksi dengan bandwidth yang besar/tinggi memungkinkan pengiriman informasi yang besar seperti pengiriman gambar/images dalam video presentation.

3 Digital Bandwidth adalah jumlah atau volume data yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi dalam satuan bits per second tanpa distorsi. Analog Bandwidth adalah perbedaan antara frekuensi terendah dengan frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz (Hz) atau siklus per detik, yang menentukan berapa banyak informasi yang bisa ditransimisikan dalam satu saat

4 Beberapa faktor yang menentukan bandwidth dan throughput adalah:  Piranti jaringan  Tipe data yang ditransfer  Topologi jaringan  Banyaknya pengguna jaringan  Spesifikasi komputer client/user  Spesifikasi komputer server  Induksi listrik dan cuaca

5 Maksud manajemen bandwidth adalah bagaimana kita menerapkan pengalokasian atau pengaturan bandwidth dengan menggunakan sebuah PC Router Mikrotik. Manajemen bandwith memberikan kemampuan untuk mengatur Bandwidth jaringan dan memberikan level layanan sesuai dengan kebutuhan dan prioritas sesuai dengan permintaan pelanggan. Bandwidth Management (Traffic Control/Shaping) adalah suatu usaha mengontrol traffic jaringan sehingga bandwidth lebih optimal dan performa network lebih terjamin.

6 Semua komputer dapat menggunakan internet dengan lancar dan stabilwalaupun semua unit komputer menggunakan internet dalam waktu yangbersamaan. Semua bagian unit komputer mendapatkan bandwidth sesuai dengan kebutuhan koneksi internet. Memaksimalkan Bandwidth di semua unit komputer. Membantu admin dalam mengontrol bandwidth.

7 Untuk penerapan traffic shaping dalam komputer dapat menggunakan software :  Cfos Traffic  Net Balancer Dengan menggunakan cFos traffic shaping mengurangi keterlambatan pada saat transfer data dan memungkinkan user untuk menjelajahi internet hingga tiga kali lebih cepat. Sehingga user bisa menggunakan bandwidth penuh dari koneksi. Selain menggunakan software dapat dilakukan dengan mikrotik RouterOS yang berbasis linux yang didesain untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna.

8 Metode traffic shaping sangat efektif untuk performasi jaringan komputer multi layanan karena dapat mengatur atau membatasi bandwidth berdasarkan layanan dan setiap layanan akan mendapatkan alokasi bandwidth yang berbeda-beda sesuai dengan kabutuhan sehingga mampu memaksimalkan pemakaian bandwidth secara merata dan membuat jaringan lebih stabil. Hasilnya upload dan download akan maksimal dan cenderung lebih stabil. Namun pada prakteknya traffic shaping akan memberikan hasil maksimal pada jaringan kmputer yang berskala kecil, namun pada jaringa komputer berskala besar akan sulit dilakukan.

9 Teknik klasifikasi paket data yang paling terkenal adalah CBQ.  mudah dikonfigurasi.  memungkinkan sharing bandwidth antar kelas (class) dan memiliki fasilitas user interface. CBQ mengatur pemakaian bandwidth jaringan yang dialokasikan untuk tiap user, pemakaian bandwidth yang melebihi nilai set akan dipotong (shaping), cbq juga dapat diatur untuk sharing dan meminjam bandwidth antar class jika diperlukan. Teknik antrian HTB mirip dengan CBQ hanya perbedaannya terletak pada opsi.  HTB lebih sedikit opsi saat konfigurasi.  serta lebih presisi. Teknik antrian HTB memberikan kita fasilitas pembatasan trafik pada setiap level maupun klasifikasi, bandwidth yang tidak terpakai bisa digunakan oleh klasifikasi yang lebih rendah. Kita juga dapat melihat HTB seperti suatu struktur organisasi dimana pada setiap bagian memiliki wewenang dan mampu membantu bagian lain yang memerlukan, teknik antrian HTB sangat cocok diterapkan pada perusahaan dengan banyak struktur organisasi.

10

11 Bandwidth Controller adalah sebuah software untuk mengatur bandwidth computer data atau traffic baik internet maupun data network.Bandwidth Controller bisa dikatakan sebagai software pembatas bagi computer lain atau memberikan prioritas bagi computer lain agar bisa mengaccess data internet maupun data lokal Tujuan Bandwidth Controller bertujuan untuk mengatur trafik data didalam jaringan. Penempatan software Bandwidth Controller ditempatkan pada sebuah komputer yang dijadikan jalur keluar misalnya mengaccess data internet.

12 Membatasi beberapa computer atau group dengan limit atau batas tertentu mengunakan trafik data ke server. Membatasi atau membagi kecepatan trafik data seperti pembagian maksimum atau minimum dari pemakaian bandwidth Penguncian dengan batas tertentu, misalnya seorang karyawan terlalu banyak access internet maka dapat dibatasi setelah kapasitas tertentu akan diturunkan kecepatannya. Pengaturan dalam waktu, misalnya setelah jam 9 pagi dimana pemakai internet didalam kantor mulai aktif, maka software dapat membatasi kecepatan maksimum untuk mendownload diseluruh computer. Memberikan prioritas dari sebuah protokol seperti memberikan prioritas access pemakai protokol VOIP. Dan fitur terbaik adalah dapat menampilkan daftar computer yang mana yang terlalu banyak mengunakan bandwidth, sehingga dapat seorang Admin dapat terus memantau kegiatan / aktifitas computer lain didalam jaringan LAN. Bahkan Bandwidth Controller menampilkan kemanakah sebuah computer sedang mengaccess data dengan menampilkan koneksi dari nomor IP server didalam daftar list bandwidth Controller.

13

14 MikroTik RouterOS™ merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. MikroTik routerOS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless.  Fasilitas pada mikrotik antara lain sebagai berikut : a. Management Bandwidth b. Statefull firewall c. HotSpot for Plug-and-Play access d. remote winbox GUI admin e. Routing

15 Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan sumber daya PC yang memadai.

16  Firewall dan NAT  Routing - Static routing  Data Rate Management  Hotspot  Point-to-Point tunneling protocols  Simple tunnels  IPsec  Web proxy  Caching DNS client  DHCP  Universal Client  VRRP  UPnP  NTP  Monitoring/Accounting  SNMP  M3P  MNDP

17 Secara singkat. Level 3 digunakan untuk router berinterface ethernet. Level 4 untuk wireless client atau serial interface. Level 5 untuk wireless AP, dan Level 6 tidak mempunyai limitasi apapun. Untuk aplikasi hotspot, bisa digunakan level 4 (200 pengguna), level 5 (500 pengguna) dan level 6 (tidak terbatas). Mikrotik RouterOS hadir dalam berbagai level :  Level 3  Level 4  Level 5  Level 6

18 MikroTik RouterOS menyediakan referensi manual untuk dokumentasinya di antara dokumentasi tersebut yaitu :  Remote Administration.  IP Addressing and Routing.  Interfaces.  Virtual Private Networking.  Authentication.  Authorization.  Accounting and Monitoring.  Firewall and Quality of Service.  Plug-and-Play Network Access.  System Information and Utilities.  Diagnostics Tools.  High Availability.

19

20 Antamedia Bandwidth Manager Bandwidth Controller Softperfect Netlimiter ID soft bandwidth manager Crisnet bandwidth manager Ming network monitor XDN netset BWmeter

21  WEBHTB  TOOLS NET METER  BMON  BWM  IPERF  IFSTAT  IBMONITOR  IF STATUS

22 Pada tampilan welcome to the installasi of BC :  Pilih Next

23 Jendela selanjutnya pada License Agreement :  Beri tanda centang di I Accept…………..  Lalu pilih Next

24 Jendela selanjutnya pada package selection :  Pilih Next

25 Jendela selanjutnya pada Customize the installation:  Pilih Next

26 Selanjutnya pada Important Notice :  Beri centang pada Continue……  Lalu pilih Next

27 Tunggu proses selanjutnya…

28 Muncul windows Security:  Pilih Install this driver software

29 Selanjutnya pada Installation Complete  Pilih finish

30


Download ppt "Bandwidthadalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Jenis bandwidth ini biasanya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google