Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANCANG BANGUN DISTRIBUSI STOCK COCA COLA BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. COCA COLA AMATIL SURABAYA) Oleh : Benny Febriantono(07410100180)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANCANG BANGUN DISTRIBUSI STOCK COCA COLA BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. COCA COLA AMATIL SURABAYA) Oleh : Benny Febriantono(07410100180)"— Transcript presentasi:

1 RANCANG BANGUN DISTRIBUSI STOCK COCA COLA BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. COCA COLA AMATIL SURABAYA) Oleh : Benny Febriantono( )

2 GAMBARAN UMUM D ISTRIBUSI STOK DARI PUSAT KE S ETIAP GERAI Cek dan Suplai Persediaan Petugas Pengiriman Sales Centre Gerai

3

4 RANCANG BANGUN DISTRIBUSI STOCK COCA COLA BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. COCA COLA AMATIL SURABAYA)

5 P ERUMUSAN M ASALAH Bagaimana merancang dan membangun distribusi persediaan gerai soft drink dengan menggunakan GIS. Bagaimana merancang sistem yang dapat mengkalkulasikan jarak tempuh dan jumlah angkut setiap truk berdasarkan rata – rata penjualan pada gerai setiap minggunya. Bagaimana merancang sistem yang dapat menekan biaya operasional distribusi.

6 B ATASAN M ASALAH Wilayah yang diambil untuk lokasi gerai hanya pada Kecamatan Rungkut di Surabaya Timur. Tidak membahas mengenai sistem inventory pada PT. Coca Cola Amatil Surabaya. Tidak membahas mengenai proses pengadaan soft drink pada PT. Coca Cola Amatil Surabaya. Menggunakan metode Cheapest Insertion Heuristic untuk menghitung rute terdekat antar gerai.

7 T UJUAN Merancang dan membangun suatu Sistem Informasi Geografis pengiriman persediaan berbasis web. Menghasilkan sistem yang dapat mengkalkulasikan jarak tempuh dan jumlah angkut setiap truck berdasarkan rata – rata penjualan pada gerai setiap minggunya. Merancang sistem pendistribusian yang efektif agar dapat menekan biaya operasional distribusi.

8 G AMBARAN U MUM S ISTEM Web Distribusi Coca Cola Stock Toko = 120 Stock Saat Ini = 80 Stock Perlu Dikirim = 40 Data Gerai dan Barang Beserta Rute Terdekat Proses Distribusi Stock Toko = 120 Stock Saat Ini = 120 Stock Perlu Dikirim = 0 Stock Toko = 100 Stock Saat Ini = 70 Stock Perlu Dikirim = 30 Stock Toko = 100 Stock Saat Ini = 100 Stock Perlu Dikirim = 0 Stock Toko = 160 Stock Saat Ini = 160 Stock Perlu Dikirim = 0 Stock Toko = 160 Stock Saat Ini = 100 Stock Perlu Dikirim = 60 Data Penjualan Perminggu Setiap Gerai

9 L ANDASAN T EORI Sistem Informasi Geografis Google Maps API PHP Cheapest Insertion Heuristic

10 S ISTEM I NFORMASI G EOGRAFIS Menurut Esri (1990), SIG adalah kumpulan terorganisir dari perangkat keras komputer, perangkat lunak, data geografi dan personil yang dirancang secara efisien untuk memperoleh, menyimpan, mengupdate, memanipulasi, menganalisa dan menampilkan semua bentuk informasi yang bereferensi geografi yang dapat digunakan untuk membantu dalam pengambilan keputusan.

11 G OOGLE M APS API Google Maps adalah layanan gratis yang diberikan oleh Google. Google Maps merupakan suatu peta yang dapat dilihat dan digunakan dengan menggunakan suatu browser. Google Map API merupakan aplikasi interface yang dapat diakses lewat javascript agar Google Map dapat ditampilkan pada halaman web yang sedang dibangun. Untuk dapat mengakses Google Map, harus melakukan pendaftaran Api Key terlebih dahulu dengan data pendaftaran berupa nama domain web yang dibangun.

12 PHP PHP merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan di dalam server dan diproses di server. Secara khusus, PHP dirancang untuk membentuk aplikasi web dinamis. Artinya, PHP dapat membentuk suatu tampilan berdasarkan permintaan terkini. Misalnya, pengguna dapat menampilkan isi suatu database pada halaman web. PHP juga dapat dipakai secara command line, artinya skrip PHP dapat dijalankan tanpa melibatkan web server maupun web browser. (Kadir, 2008:2)

13 C HEAPEST I NSERTION H EURISTIC Algoritma Cheapest Insertion Heuristic adalah algoritma yang membangun suatu tour dari sikel sikel kecil dengan bobot minimal dan secara berturut-turut ditambah dengan titik baru sampai semua titik berhasil dilalui. (Winston, 2004:552)

14 S YSTEM F LOW

15 D ATA F LOW D IAGRAM C ONTEXT D IAGRAM

16 L EVEL 0

17 L EVEL 1

18 CDM

19 PDM

20 DEMO PROGRAM

21 K ESIMPULAN Aplikasi distribusi stock Coca Cola berbasis web ini dapat membantu memantau stock pada setiap gerai dan mencari lokasi gerai dengan tepat. Selain itu juga dapat menampilkan dan menunjukkan rute distribusi terdekat yang divisualisasikan melalui peta. Proses penghitungan jalur distribusi terdekat dilakukan dengan menggunakan metode Cheapest Insertion Heuristic (CIH). Dengan menggunakan metode tersebut jalur yang dipilih adalah jalur terdekat dan terbaik untuk proses distribusi yang memiliki kondisi bahwa lokasi keberangkatan dan kepulangan ada pada satu lokasi. Sehingga proses distribusi akan berjalan lebih efektif dan telah dibuktikan oleh aplikasi.

22 Penekanan biaya dapat dilakukan dengan menggunakan rute terdekat yang telah ditentukan dan dikombinasi dengan pendistribusian yang tepat. Dan proses penekanan biaya tersebut telah dibuktikan oleh sistem.

23 TERIMA KASIH


Download ppt "RANCANG BANGUN DISTRIBUSI STOCK COCA COLA BERBASIS WEB (STUDI KASUS PT. COCA COLA AMATIL SURABAYA) Oleh : Benny Febriantono(07410100180)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google