Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Indrawani Sinoem/T-Keputusan/0101 FUNGSI, TUJUAN, DAN UNSUR-UNSUR PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH Ir. Indrawani Sinoem, MS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Indrawani Sinoem/T-Keputusan/0101 FUNGSI, TUJUAN, DAN UNSUR-UNSUR PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH Ir. Indrawani Sinoem, MS."— Transcript presentasi:

1 Indrawani Sinoem/T-Keputusan/0101 FUNGSI, TUJUAN, DAN UNSUR-UNSUR PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH Ir. Indrawani Sinoem, MS

2 Indrawani Sinoem/T-Keputusan/0102 Fungsi Pengambilan Keputusan Pengambilan keputusan sebagai suatu kelanjutan dari cara pemecahan masalah memiliki fungsi antara lain : 1. Awal dari semua aktivitas manusia yg sadar dan terarah, baik secara individual maupun secara kelompok, baik secara institusional maupun secara organisasional.

3 Indrawani Sinoem/T-Keputusan/0103 Fungsi Pengambilan keputusan 2. Suatu yang bersifat futuristik, artinya bersangkut paut dengan hari depan, masa yg akan datang, dimana efeknya atau pengaruhnya berlangsung cukup lama.

4 Indrawani Sinoem/T-Keputusan/0104 Tujuan Pengambilan Keputusan Tujuan pengambilan keputusan dapat dibedakan atas dua, yaitu : 1. Tujuan yang bersifat tunggal Tujuan pengambilan keputusan yg bersifat tunggal terjadi apabila keputusan yg dihasilkan hanya menyangkut satu masalah, artinya bahwa sekali diputuskan, tidak akan ada kaitannya dgn masalah lain.

5 Indrawani Sinoem/T-Keputusan/0105 Tujuan Pengambilan Keputusan 2. Tujuan yang bersifat ganda Tujuan pengambilan keputusan yg bersifat ganda terjadi apabila keputusan yg dihasilkan itu menyangkut lebih dari satu masalah, artinya bahwa satu keputusan yg diambil itu sekaligus memecahkan dua masalah atau lebih, yang bersifat tidak kontradiktif.

6 Indrawani Sinoem/T-Keputusan/0106 Unsur-unsur Pengambilan Keputusan Agar pengambilan keputusan dapat lebih terarah, maka perlu diketahui unsur-unsur atau komponen-komponen pengambilan keputusan, yaitu : (1). Tujuan dari pengambilan keputusan Mengetahui lebih dahulu apa tujuan dari pengambilan keputusan itu. Misalnya : jika anda akan membeli mobil baru, maka anda harus mengetahui lebih dahulu tujuannya.

7 Indrawani Sinoem/T-Keputusan/0107 Unsur-unsur Pengambilan Keputusan (2). Identifikasi alternatif-alternatif keputus- an untuk memecahkan masalah. Mengadakan identifikasi alternatif yang akan dipilih untuk mencapai tujuan tsb. Untuk itu perlu kiranya membuat daftar macam-macam tindakan yg memungkin- kan untuk mengadakan pilihan.

8 Indrawani Sinoem/T-Keputusan/0108 Unsur-unsur Pengambilan Keputusan (3). Perhitungan mengenai faktor-faktor yg dapat diketahui sebelumnya atau di luar jangkauan manusia. Perhitungan mengenai faktor-faktor di luar jangkauan manusia. Keberhasilan setiap alternatif keputusan dikaitkan dgn tujuan yg dikehendaki, ini sangat dike-hendaki, ini sangat tergantung pada keadaan yg mungkin berada di luar jangkauan manusia.

9 Indrawani Sinoem/T-Keputusan/0109 Unsur-unsur Pengambilan keputusan Peristiwa di luar jangkauan manusia ada-lah peristiwa yg dapat dibayangkan se-belumnya, namun manusia tidak sanggup atau kurang berdaya untuk mengatasinya. Keputusan untuk membeli mobil baru itu perlu dikaitkan dengan biaya-biaya yang dikeluarkan, misalnya : biaya pembelian bensin karena hal ini akan berpengaruh terhadap penghematan bagi pemakaian kendaraan tersebut. Anda dapat memprediksi harga bensin nantinya sebagai peristiwa di luar jangkauan manusia.

10 Indrawani Sinoem/T-Keputusan/01010 Unsur-unsur Pengambilan Keputusan (4). Sarana atau alat untuk mengevaluasi atau mengukur hasil dari suatu pengambilan keputusan. Adanya sarana dan alat untuk mengevaluasi atau mengukur keberhasilan dari pengambil- an keputusan itu. Selanjutnya alternatif- alternatif keputusan dan peristiwa di luar jangkauan manusia itu perlu dirinci dengan menggunakan sarana/alat untuk mengukur pengeluaran yg perlu dilakukan dari setiap alternatif kombinasi keputusan di luar jangkauan manusia tersebut.


Download ppt "Indrawani Sinoem/T-Keputusan/0101 FUNGSI, TUJUAN, DAN UNSUR-UNSUR PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH Ir. Indrawani Sinoem, MS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google