Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengapa Analisis Media itu Penting?. Sejumlah asumsi: Keberadaan media menjadi penting dalam kehidupan manusia Media adalah “jendela dunia” Media sebagai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengapa Analisis Media itu Penting?. Sejumlah asumsi: Keberadaan media menjadi penting dalam kehidupan manusia Media adalah “jendela dunia” Media sebagai."— Transcript presentasi:

1 Mengapa Analisis Media itu Penting?

2 Sejumlah asumsi: Keberadaan media menjadi penting dalam kehidupan manusia Media adalah “jendela dunia” Media sebagai agent of change dalam masyarakat Setiap hari kita mengkonsumsi produk media: berita, iklan, entertainment, dsb.

3 Definisi berita: Salah satu produk terpenting media massa adalah berita (news) Berita adalah laporan bermakna tentang peristiwa atau opini, yang memiliki nilai berita, dan disampaikan melalui media massa.

4 Permasalahannya: Apa yang diterima masyarakat melalui berita, bukanlah fakta sesungguhnya, akan tetapi “fakta semu”. Berita adalah “konstruksi” media massa.

5 Proses Berita: Fakta Sebenarnya  Media massa  “Fakta semu”  Publik

6 Faktanya adalah: Berita telah diseleksi oleh personel pers Fakta yang disampaikan media massa telah mengalami proses reporting, editing, dan publishing.

7 Dalam proses reporting, wartawan pada dasarnya telah melakukan proses seleksi terhadap realitas/fakta. Dalam proses editing, editor memiliki wewenang untuk menyeleksi berita, mengedit, menentukan tata-letak, penempatan halaman. Dalam proses publishing, redaktur menentukan berita mana yang menjadi headline, berita biasa, atau bahkan tidak disiarkan.

8 In choosing and displaying news, editor, newsrom staff, broadcaster, play an important part in shaping political reality (McCombs & Shaw, 1972:176)

9 Teori Agenda Setting Cohen (1963) Media massa mengarahkan perhatian khalayak kepada isu-isu tertentu. Apa yang dianggap penting oleh media, akan dianggap penting pula oleh masyarakat. Apa yang dilupakan media, akan luput pula dari perhatian masyarakat.

10 Asumsinya: Masyarakat tidak menerima peristiwa apa adanya, karena media pada dasarnya telah menentukan isu mana yang dijadikan berita, mana yang tidak. Maka, pemberitaan di media massa tidaklah netral, melainkan sarat dengan berbagai kepentingan.

11 Hirearchy of Influence (Shoemaker & Reese1996:176) Tingkat ideologis Tingkat ekstramedia Tingkat organisasi Tingkat rutinitas media Tingkat individu

12 Kesimpulan: Dengan memahami apa yang ada di balik media massa dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi isi media kita bisa mengambil sikap, memilih informasi sekaligus memilahnya sesuai kepentingan kita. Maka, di sini diperlukan metodologi analisis media.

13 Beberapa metode analisis berita: Analisis isi tradisional (Content analysis) Analisis wacana (discourse analysis) Analisis framing (framing analysis) Analisis semiotika (semiotic analysis)


Download ppt "Mengapa Analisis Media itu Penting?. Sejumlah asumsi: Keberadaan media menjadi penting dalam kehidupan manusia Media adalah “jendela dunia” Media sebagai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google