Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN KULIAH PADA AMIK WAHANA MANDIRI Oleh Nama : Rindriana Martasari Putri NIM : 2111310050 Oleh Nama : Rindriana Martasari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN KULIAH PADA AMIK WAHANA MANDIRI Oleh Nama : Rindriana Martasari Putri NIM : 2111310050 Oleh Nama : Rindriana Martasari."— Transcript presentasi:

1 PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN KULIAH PADA AMIK WAHANA MANDIRI Oleh Nama : Rindriana Martasari Putri NIM : Oleh Nama : Rindriana Martasari Putri NIM :

2 BAB I Latar Belakang Masalah AMIK Wahana Mandiri membutuhkan pengolahan data administrasi keuangan yang terintegrasi. AMIK Wahana Mandiri membutuhkan pengembangan sistem pembayaran kuliah. BAB I

3 Belum terintegrasi sistem informasi pembayaran kuliah terdahulu. Belum berjalan sesuai kebutuhan pengolahan data transaksi biaya kuliah terdahulu. Belum berjalan sesuai kebutuhan program aplikasi yang digunakan untuk mengelola data biaya kuliah mahasiswa. IDENTIFIKASI dan PEMBATASAN MASALAH

4 RUMUSAN MASALAH Bagaimanakah sistem informasi pembayaran kuliah yang sedang berjalan di AMIK Wahana Mandiri? Apakah sistem pembayaran kuliah pada AMIK Wahana Mandiri sudah menggunakan komputerisasi yang optimal? Apakah sistem pembayaran kuliah pada AMIK Wahana Mandiri membutuhkan pengembangan dalam aplikasi? Apakah penyajian sistem pembayaran kuliah pada AMIK Wahana Mandiri sudah efisien dan efektif? Apakah dalam pencarian data tunggakan pembayaran mahasiswa memerlukan waktu yang cukup lama?

5 TUJUAN PENELITIAN Mengembangkan sistem yang sudah ada agar data lebih terintegrasi dengan baik. Membuat pengelolaan data transaksi biaya kuliah di AMIK Wahana Mandiri menjadi lebih tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan saat ini. Membuat pengembangan sistem informasi pembayaran uang kuliah dengan menggunakan PHP dan MySQL

6 MANFAAT PENELITIAN Adapun yang menjadi manfaat dari penelitian yang akan dilakukan adalah mengembangkan sistem informasi pembayaran kuliah pada AMIK Wahana Mandiri yang lebih terintegrasi. METODE PENELITIAN 1.Studi Pustaka 2.Studi Lapangan

7 SISTEMATIKA PENULISAN BAB I PENDAHULUAN BAB II LANDASAN TEORI BAB III ANALISA SISTEM BAB IV PERANCANGAN SISTEM BAB V PENUTUP

8 BAB II Konsep Dasar Sistem Pengertian Sistem “Suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu”. (Sucipto, 2010, hal 1-2) Karakteristik Sistem 1.Batasan (boundary) 2.Lingkungan Luar (environment) 3.Masukan (input) 4.Komponen (component) 5.Penghubung (interface) 6.Penghubung (interface)

9 Klasifikasi Sistem 1. Sistem Alamiah 2. Sistem Natural Konsep Dasar Sistem Informasi Informasi adalah rangkaian data yang mempunyai sifat sementara, tergantung dengan waktu, mampu memberi manfaat pada yang menerima suatu informasi tersebut. (Al-Bahra Bin Ladjamudin, 2005, hal 8) (Al-Bahra Bin Ladjamudin, 2005, hal 8)

10 Karakteristik Informasi Benar atau Salah Baru Tambahan Korektif Penegas Pengertian Sistem Informasi Menurut James B Bower, “Sistem informasi adalah suatu cara tertentu untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh organisasi untuk beroperasi dengan cara yang sukses dan untuk organisasi bisnis dengan cara menguntungkan”. (Teguh Wahyono, 2004, hal 17)

11 Metode Pengembangan Sistem Model pengembangan sistem yang digunakan adalah model sekuensial linier disebut juga “siklus hidup klasik” atau “model air terjun”. Sekuensial linier mengusulkan sebuah pendekatan kepada perkembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial yang mulai pada tingkat dan kemajuan sistem pada seluruh analisis.

12 Unified Modelling Language Unified Modelling Language (UML) adalah sebuah “bahasa” yang telah menjadi standar dalam industri untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan sistem piranti lunak. Use Case Diagram Use case adalah rangkaian/uraian sekelompok yang saling terkait dan membentuk sistem secara teratur yang dilakukan atau diawasi oleh sebuah aktor.

13 Class Diagram Class adalah sebuah spesifikasi yang jika diinstansiasi akan menghasilkan sebuah objek dan merupakan inti dari pengembangan dan desain berorientasi objek. Sequence Diagram Sequence diagram (diagram urutan) adalah suatu diagram yang memperlihatkan atau menampilkan interaksi-interaksi antar objek di dalam sistem yang disusun pada sebuah urutan atau rangkaian waktu.

14 Activity Diagram Activity diagram merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing). Jadi sistem basis data dapat didefinisikan “sebagai sekumpulan sub sistem yang tediri atas basis data dengan para pemakai yang menggunakan basis data secara bersama-sama,personal-personal yang merancang dan mengelola basis data, teknik-teknik untuk merancang dan mengelola basis data, serta sistem komputer untuk mendukungnya”. (Edhy Sutanta, 2004, hal 21)

15 PEMBAYARAN UANG KULIAH Yang dimaksud dengan pembayaran adalah proses atau cara untuk melakukan suatu transaksi tertentu atau jasa atau barang yang telah diterima dan dirasakan manfaatnya. WEBSITE Website merupakan kumpulan halaman web yang saling terhubung dan file-filenya saling terkait. PHP PHP merupakan script yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server ( server side HTML embedded scripting ). PHP singkatan dari Personal Home Page.

16 MySQL MySQL (My Strukture Query Language) adalah sebuah program pembuat database yang bersifat open source. Adobe Dreamweaver Adobe Dreamweaver adalah salah satu program editor halaman web atau merupakan program penyunting- pengolah halaman web. XAMPP XAMPP adalah perangkat lunak bebas yang mendukung banyak sistem operasi yang merupakan kompilasi dari beberapa program.

17 TERIMA KASIH


Download ppt "PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMBAYARAN KULIAH PADA AMIK WAHANA MANDIRI Oleh Nama : Rindriana Martasari Putri NIM : 2111310050 Oleh Nama : Rindriana Martasari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google