Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGTING DI UNIVERSITAS PANCA MARGA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGTING DI UNIVERSITAS PANCA MARGA."— Transcript presentasi:

1 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGTING DI UNIVERSITAS PANCA MARGA

2 ABSTRAK Universitas Panca Marga Probolinggo sebagai tempat belajar dan pengembangan diri memberikan fasilitas beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi. Program beasiswa ini diharapkan dapat memacu minat belajar mahasiswa agar lebih berprestasi. Dalam penentuan penerima beasiswa, bagian admin fakultas menyeleksi calon-calon penerima beasiswa berdasarkan kriteria-kriteria yang ada. Dalam proses penyeleksian, admin fakultas mengalami kesulitan untuk menyeleksi data calon-calon penerima beasiswa. Dikarenakan setiap jenis beasiswa memiliki kriteria dan bobot kriteria yang berbeda-beda. Hal itu membuat perhitungan nilai kriteria membutuhkan ketelitian Mengetahui masalah yang terjadi, penulis merancang dan membuat sistem pendukung keputusan penentuan beasiswa dengan menggunakan metode SAW. Sistem ini dapat membantu admin fakultas untuk melakukan administrasi data calon penerima beasiswa, data jenis beasiswa, data kriteria, data bobot kriteria, dan data penerima beasiswa. Dengan adanya sistem ini terjadinya kehilangan data-data dapat di minimalkan. Setelah dilakukan testing terhadap penggunaan sistem pendukung keputusan penentuan beasiswa dengan menggunakan metode SAW, dapat disimpulkan bahwa sistem pendukung keputusan ini membantu admin fakultas dalam melakukan tugas-tugasnya. Kata kunci: Sistem pendukung keputusan, SAW, beasiswa

3 PERUMUSAN MASALAH 1. Bagaimana membantu bagian kemahasiswaan untuk menentukan calon penerima beasiswa sesuai dengan kriteria yang ada ? 2. Bagaimana menerapkan Metode Simple Additive Weighting pada sistem pemberian beasiswa ?

4 P EMBATASAN M ASALAH 1.Sistem ini digunakan untuk penentuan calon penerima beasiswa. 2.Metode yang digunakan adalah Metode Simple Additive Weighting. 3.Sistem yang dibangun berbasis dekstop. 4.Menggunakan platform bahasa pemrograman java. 5.Database yang digunakan phpmyadmin 6.Tidak membahas keamanan data dan jaringan.

5 TUJUAN Dengan mengacu pada masalah yang ada maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Menggunakan Metode Simple Additive Weighting di Universitas Panca Marga Probolinggo.

6 LANDASAN TEORI 1. Beasiswa Pengertian Beasiswa seperti yang dikutip dari adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh 2. Sistem Pendukung Keputusan Konsep Sistem Pendukung Keputusan (SPK) / Decision Support Sistem (DSS) pertama kali diungkapkan pada awal tahun 1970-an oleh Michael S. Scott Morton dengan istilah Management Decision Sistem. Sistem tersebut adalah suatu sistem yang berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur

7 LANDASAN TEORI 3. SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING METHOD Metode SAW sering juga dikenal istilah metode penjumlahan terbobot. Konsep dasar metode SAW adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif dari semua atribut. Metode SAW membutuhkan proses normalisasi matriks keputusan (X) ke suatu skala yang dapat diperbandingkan dengan semua rating alternative yang ada

8 SYSTEM FLOW PENDAFTARAN

9 S YSTEM F LOW E NTRY J ENIS, K RITERIA, DAN B OBOT B EASISWA

10 CONTEXT DIAGRAM

11 E NTITY R ELATIONSHIP D IAGRAM (ERD)

12 HASIL DAN PEMBAHASAN

13

14 KESIMPULAN Telah dibuatnya sebuah aplikasi yang dapat membantu bagian kemahasiswaan untuk menentukan calon penerima beasiswa sesuai dengan kriteria yang ada. Aplikasi sudah menerapkan metode simple additive weighting pada sistem pemberian beasiswa.

15 SARAN Adapun saran yang bisa diberikan untuk pengembangan sistem ini adalah Sistem pendukung keputusan penentuan beasiswa ini perlu dilengkapi dengan metode lainnya, sehingga dapat dilakukan perbandingan hasil dari metode SAW dengan metode lainnya. Dan akan lebih menarik lagi, jika aplikasi ini dijalankan dengan aplikasi web dan mobile.

16 DAFTAR PUSTAKA Adityo, Dhimas. Tugas Akhir Sistem Informasi Pemilihan Mobil Berbasis Web Dengan metode Simple Additive Weighting (SAW), STIKOM Surabaya Basyaib, Fahmi Teori Pembuatan Keputusan, Grasindo, Jakarta Fishburn, P. C.,1967, A Problem-based Selection of Multi- Attribute Decision Making Methods, Blackwell Publisihing, New Jersey Hartono, Jogiyanto Analisis & Desain. Yogyakarta: Andi Offset. Hasan, I., Pokok – Pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan, Ghalia Indonesia, Jakarta. Jawa Pos: Beasiswa Jadi Objek PPh. Diakses pada 20 Maret 2011 dari Kadir, Abdul Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset


Download ppt "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGTING DI UNIVERSITAS PANCA MARGA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google