Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Produksi Audio Visual Definisi: Sebuah program audio visual yang dibuat dengan memenuhi kriteria estetis dan komunikasi untuk menyampaikan pesan yang sudah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Produksi Audio Visual Definisi: Sebuah program audio visual yang dibuat dengan memenuhi kriteria estetis dan komunikasi untuk menyampaikan pesan yang sudah."— Transcript presentasi:

1 Produksi Audio Visual Definisi: Sebuah program audio visual yang dibuat dengan memenuhi kriteria estetis dan komunikasi untuk menyampaikan pesan yang sudah ditentukan kepada audiens. Produksi audio video terdiri dari 2 jenis: A. ENG= Electronic News Gathering. Merupakan produksi dengan menggunakan peralatan sederhana dengan jumlah crew sedikit dan biaya yang dibutuhkan pun kecil. Biasanya digunakan untuk produksi program berita dan dokumenter. B. EFP= Electronic Field Production. Merupakan produksi dengan menggunakan peralatan yang kompleks dengan jumlah crew yang banyak dan biaya yang dibutuhkan besar. Biasanya digunakan pada produksi program acara drama, program non drama di studio 3 Tahapan produksi: -Pra Produksi -Produksi -Pasca Produksi

2 1. Pra Produksi Adalah proses yang dilakukan sebelum dilakukan kegiatan produksi. Kegiatan pra produksi ini diawali dengan adanya ide. Selanjutkan dikembangkan menjadi sinopsis dan kemudian dijabarkan menjadi treatment. Dari treatment dikembangkan menjadi skenario. Dari skenario selanjutnya dilakukan breakdown yang meliputi breakdown script, crew, lokasi, budget, dll. Dalam kegiatan pra produksi juga ditentukan tujuan program, segmentasi program, target audience, demografi, psychography. 2. Produksi Adalah kegiatan shooting yang dilakukan setelah persiapan dilakukan secara matang. Produksi ini bisa dilakukan di studio, diluar studio dan gabungan keduanya. Dalam produksi melibatkan banyak anggota tim kerja. Tim ini meliputi non technical production personel dan technical production personel. Non Technical Production Personel meliputi: 1.Producer: adalah orang yang bertanggungjawab terhadap pra produksi, produksi dan paska produksi suatu progam audio visual serta tercapainya tujuan program. 2.Executive producer: Adalah orang yang bertanggung jawab terhadap beberapa program audio visual. Executive producer mengatur keuangan, koordinasi dengan klien, management stasiun TV, advertising agencies, sponsor, talent dan penulis naskah atau agennya.

3 3. Associate producer adalah asisten produser yang menangani masalah yang berhubungan dengan produksi. Sebagian tugasnya meliputi koordinasi pekerjaan seperti menelepon talent dan konfirmasi jadwal. 4.Line producer adalah orang yang melakukan supervisi kegiatan produksi program audio visual. 5.Field producer adalah asisten produser yang mengontrol operasional studio dan kegiatan produksi. 6.Production manager adalah orang yang bertanggung jawab pengaturan penggunaan peralatan dan tim kerja selama produksi. Dikenal juga sebagai director of broadcast operations. 7.Production assistant(PA) adalah orang yang menjadi wakil produser dan sutradara selama produksi. Selama rehearsal melakukan pencatatan dan memberikan kepada produser dan atau sutradara agar dilakukan penyempurnaan program. 8.Director adalah orang yang melakukan penyutradaraan dan operasional teknis. Sutradara yang paling bertanggungjawab terhadap penerjemahan naskah menjadi menjadi progam audio visual yang efektif menyampaikan pesan. 9.Associate director adalah asisten sutradara selama produksi berlangsung. 10.Floor manager adalah orang yang bertanggung jawab pada aktifitas di studio. Koordinasi talent, menyampaikan arahan sutradara kepada talent dan supervisi personel studio. Juga dikenal sebagai floor director dan stage manager. 11.Floor person adalah orang yang bertanggung jawab terhadap set up panggung dan setting busana. Juga bertanggung jawab terhadap lighting, on camera graphic, make up dan wardrobe. Juga dikenal sebagai grip, stagehand

4 12.Writer adalah penulis naskah program audio visual. Dalam rumah produksi atau stasiun tv kecil penulisan naskah dilakukan oleh sutradara atau produser. Juga bisa dilakukan oleh penulis naskah lepas. 13.Art director adalah orang yang bertanggung jawab terhadap kreatifitas setting desain.(set design, location, and/or graphic) 14.Graphic artist orang yang mempersiapkan grafis, title, chart, dan background elektronik (cromakey). 15.Make up artist adalah orang yang bertanggungjawab terhadap make up artis/pemain. 16.Costume designer adalah orang yang bertanggung jawab pada desain kostum. 17.Wardrobe person adalah orang yang yang bertanggungjawab terhadap setting panggung selama produksi. 18.Property manager adalah orang yang bertanggungjawab terhadap beragam variasi set dan property. Biasanya ada ada produksi yang besar. 19.Sound designer adalah orang yang bertanggungjawab terhadap desain soundtract (dialog dan sound effects) pada paska produksi.

5 Technical personel meliputi: A. Engineering staff, meliputi: 1.Chief engineer adalah orang yang bertanggungjawab terhadap tim kerja tehnik, anggaran dan peralatan. Disain sistem, termasuk fasilitas transmisi. 2.Assistant chief engineer adalah asisten chief engineer pada semua masalah teknik dan operasional, juga dikenal engineering supervisor. 3.Studio or remote engineer in charge orang yang mengawasi tehnik operasional. 4.Maintenance engineer orang yang bertanggung jawab memperbaiki peralatan dan mengatasi masalah tehnik selama produksi B. Non Engineering Technical Personel, meliputi: 1. Technical director(TD) adalah orang yang melakukan switching. 2.Camera Person adalah orang yang mengoperasikan kamera. Juga dikenal sebagai videographer atau shooter atau kamerawan. 3.Director of Photography adalah orang yang mengoperasikan EFP kamera. Dalam produksi film juga bertanggungjawab terhadap pengaturan cahaya/lighting. 4.Lighting director adalah orang yang bertanggung jawab terhadap tata cahaya/lighting. 5.Video operator adalah orang yang melakukan pengaturan kamera sehingga menghasilkan gambar yang maksimal. 6.Audio technician adalah orang yang bertanggungjawab terhadap operasional audio. Bekerja dalam ruang audio selama produksi. Juga dikenal audio engineer. 7.Video record operator adalah orang yang melakukan perekaman gambar 8.Character generator operator adalah orang yang mengoperasikan title generator dan grafik dan menyatukan dalam gambar video. 9.Video editor adalah orang yang mengoperasikan peralatan paska produksi. 10.Digital Graphic Artist adalah orang yang membuat grafik untuk kepentingan on air.

6 Juga terdapat news production personnel, yang meliputi: 1. News director adalah orang yang bertanggung jawab pada operasional program news. Dia juga memikul semua tanggung jawab siaran berita. 2. Producers adalah orang yang bertanggungjawab langsung pada seleksi dan penempatan berita dalam siaran berita sehingga menjadi siaran yang seimbang. 3. Assignment Editor adalah orang yang menetapkan kamerawan dan wartawan untuk menjangkau atau meliput suatu event atau kejadian atau sumber berita. 4.Reporter adalah orang yang mengumpulkan berita. Seringkali melaporkan melalui kamera di tempat kejadian berita. 5.Videographer adalah operator kamera. Jika reporter berhalangan, adalah orang yang menggantikan untuk melakukan peliputan. Juga dikenal news videographer. 6.Writer adalah orang yang menulis berita yang dibacakan pembawa berita dengan berpedoman pada catatan reporter dan rekaman video. 7.video editor adalah orang yang mengedit video menurut catatan reporter, penulis script/writer, atau instruksi producer. 8.Anchor adalah adalah orang yang membawakan berita. Biasanya bertugas dalam studio.

7 Technical Production Systems Untuk memahami berbagai peralatan televisi dan bagaimana mereka berinteraksi dalam multi kamera atau produksi kamera tunggal, maka harus dipahami sebagai satu sistem. Sistem ini meliputi: 1. Basic Television System Bagaimana sebuah siaran televisi bisa diterima oleh masyarakat 2. Expanded Television System Bagaimana siaran televisi diproduksi dengan multi kamera 3. Field Production System Bagaimana sistem ENG (Electronic News Gathering) dan EFP (Electronic Field Production) bekerja 4. Major Equipment Meliputi kamera, tata cahaya/lighting, tata suara/audio, switcher, video recorder, dan peralatan editing

8 Lampu merah menyala memberi tanda bahwa di dalam studio baru dipakai untuk produksi atau rekaman. PENGENALAN STUDIO TELEVISI

9 Ruang produks i, nampak pengarah acar a didampingi pembantu pengarah acara. Pengarah teknik dan penat a s ua r a. ( Millerson 1985).

10 STUDIO

11 Studio Set

12 Sub Control

13 Bagian – Bagian sub control video yang berasal dari kamera, VT, maupun komputer dan sekaligus sebagai alat kombinasi gambar

14 VIDEO SWITCHER PRODUCTION

15 Audio Mixer mengatur sumber – sumber audio dari studio s e t maupun sumber lain yang akan masuk dalam siaran.

16 AUDIO CONTROL ROOM

17 Lighting Control pengesetan dan pangaturan cahaya yang ada dalam studio set.

18 MIXER LIGHTING

19 CCU ( Camera Control Unit ) Peralatan yang berfungsi untuk pengaturan atau adjustmen kamera. Yaitu penyamaan karakter warna dan cahaya yang di tangkap kamera.

20 VT dan Chargen Yaitu Video Tape atau komputer yang berfungsi untuk playback gambar atau grafik dan title yang akan dimunculkan dalam video.

21 VTR ( Video Tape recorder ) Berfungsi untul merekam hasil jadi dari produksi yang dijalankan.

22 MASTER CONTROL

23 OB-Van


Download ppt "Produksi Audio Visual Definisi: Sebuah program audio visual yang dibuat dengan memenuhi kriteria estetis dan komunikasi untuk menyampaikan pesan yang sudah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google