Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Departemen R&D (Research and Development) adalah sebuah departemen yang melakukan aktifitas riset dan pengembangan atas suatu produk pada suatu perusahaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Departemen R&D (Research and Development) adalah sebuah departemen yang melakukan aktifitas riset dan pengembangan atas suatu produk pada suatu perusahaan."— Transcript presentasi:

1

2

3 Departemen R&D (Research and Development) adalah sebuah departemen yang melakukan aktifitas riset dan pengembangan atas suatu produk pada suatu perusahaan. Aktifitas ini meliputi perancangan, modifikasi, dan pengembangan suatu produk dengan tujuan akhir dapat memenuhi kebutuhan pasar. Modul Item Master Management  Informasi-informasi mengenai produk yang ada didaftarkan di modul Item master Management ini. Informasi tersebut di antaranya adalah: Id, Nama Produk, Jenis/Tipe, Tahun Produksi, dan lain-lain.

4 Contoh Modul Item Master Management

5 Modul Bill of Material (BOM)  Bill of Material adalah kumpulan daftar material, komponen, parts, dan kuantitas dari masing-masing yang dibutuhkan untuk membuat sebuah produk.

6 Contoh Modul BOM

7 Dalam akuntansi manajemen, Cost Accounting melakukan penyusunan dan pembuatan budget dan aktual cost operation, melakukan analisis terhadap suatu produk, memonitoring keuntungan atau penggunaan dana yang lain. Modul Cost Control  Modul ini adalah yang digunakan oleh departemen Costing untuk melakukan atkifitasnya yaitu diantaranya melakukan penghitungan biaya operasional yang digunakan baik dari material, tenaga kerja, atau tanggungan pabrik.

8 Modul Account Receivable (AR)  Account Receivable merepresentasikan uang yang dipinjam untuk perusahaan/firma atas kredit suatu produk. Biasanya AR dieksekusi dengan memberikan invoice pada kustomer. AR dengan kata lain adalah piutang.

9 Contoh Modul Account Receivable

10 Sales bertugas untuk melakukan transaksi penjualan. Pada sistem ERP ini modul yang digunakan adalah : Modul Sales and Order Management (SOM).  Modul ini berfungsi membantu aktifitas Sales supaya dapat lebih termonitoring dengan baik.  Informasi-informasi yang ada pada modul SOM ini secara umum meliputi: identitas kustomer, jenis produk yang dipesan, quantity, jenis pengiriman (darat/laut/udara), dan deadline.

11 Contoh Modul Sales and Order Management

12 Marketing bertugas selain melakukan promosi produk ke konsumen juga melakukan analisis di lapangan termasuk di antaranya adalah analisis permintaan dan bersama-sama dengan departemen R&D melakukan costing control. Pada sistem ERP ini modul yang digunakan adalah Modul Demand Management  Modul ini berfungsi memonitoring siklus permintaan (demand) konsumen terhadap produk yang kita miliki.

13 Contoh Modul Demand management

14


Download ppt "Departemen R&D (Research and Development) adalah sebuah departemen yang melakukan aktifitas riset dan pengembangan atas suatu produk pada suatu perusahaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google