Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

14. MENARIK KESIMPULAN DAN MENYUSUN LAPORAN MENARIK KESIMPULAN A. PENGERTIAN Dalam menarik kesimpulan harus didasarkan atas data yang didapat. Kesimpulan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "14. MENARIK KESIMPULAN DAN MENYUSUN LAPORAN MENARIK KESIMPULAN A. PENGERTIAN Dalam menarik kesimpulan harus didasarkan atas data yang didapat. Kesimpulan."— Transcript presentasi:

1 14. MENARIK KESIMPULAN DAN MENYUSUN LAPORAN MENARIK KESIMPULAN A. PENGERTIAN Dalam menarik kesimpulan harus didasarkan atas data yang didapat. Kesimpulan penelitian merupakan jawaban dari problematik yang dikemukakan. Banyaknya kesimpulan harus sama dengan banyaknya problematik. B.KESIMPULAN PENELITIAN NON STATISTIK Kesimpulan ditarik berdasarkan data yang sudah diolah, maka menarik kesimpulan dilakukan sejalan dengan cara mengolah data (statistik dan non statistik).

2 B.DITINJAU DARI JENIS DATA DIBEDAKAN ATAS: 1. DATA KUALITATIF Pengolahannya dibandingkan dengan standar / kriteria yang telah dibuat oleh peneliti. Kesimpulan yang dibuat berdasarkan kriteria tertentu. Ex: sesuai, kurang sesuai, tidak sesuai dengan standar 2. DATA KUANTITATIF Dapat diolah secara statistik dan non-statistik. Analisis non statistik: Mencari proporsi, mencari persentase, rasio Kesimpulan yang dapat diambil disesuaikan dengan permasalahannya. C.KESIMPULAN PENELITIAN STATISTIK Harus mempertimbangkan pengambilan sampel. Pada umumnya penelitian yang diadakan merupakan penelitian sampel. Kesimpulan penelitian yang menggunakan teknik statistik, dapat digeneralisasikan pada populasi jika dari sampel diketahui populasi berdistribusi normal.

3 Kesimpulan yang diambil dari penelitian statistik yakni yang menggunakan teknik statistik untuk menganalisis datanya, didasarkan atas harga kritik yang tertera pada tabel. Hal yang perlu dipertimbangkan dalam menggunakan tabel: 1.Besarnya taraf signifikan yang akan dipakai 95% atau 99%. 2.Rumusan hipotesis. Ada rumusan 2 arah: memiliki 2 daerah penolakan, di ke-2 ujung kurva penyebaran populasi. Rumusan 1 arah: memiliki 1 daerah penolakan diujung kanan jika bernilai positif, dan diujung kiri jika negatif. 3. Derajat Bebas (db) = (baris-1)(kolom-1). Dalam menarik kesimpulan db kembali berperan, yaitu untuk membaca tabel statistik harus tahu db yang dipakai.

4 MENULIS LAPORAN FORMAT KERTAS DAN JENIS HURUF Kertas ukuran kuarto. Marjin kiri dan atas 4 cm, marjin bawah dan kanan 3 cm. Spasi ganda, huruf Times New Roman Font 12. Huruf miring digunakan untuk : menunjukkan istilah asing / menegaskan istilah tertentu. Menuliskan judul buku / majalah. Huruf tebal, menegaskan istilah tertentu, untuk judul BAB/sub bab. Huruf-huruf berjenis serif digunakan untuk isi tulisan. Judul BAB / SUB BAB, digunakan Serif / Sans Serif. SUSUNAN ISI SKRIPSI Terdiri dari 3 bagian pokok, yaitu a. Pembukaan, b. Bagian isi, c. Bagian Pelengkap.

5 a.PEMBUKAAN, terdiri dari: Halaman Judul Hal Persetujuan Halaman Abstrak Halaman Prakata (Ucapan Terima Kasih) Daftar Isi Daftar Tabel Daftar Gambar Daftar Lampiran Pernyataan Keaslian Skripsi Setiap halaman pada bagian ini diberi nomor dengan angka romawi kecil. Ex: i, ii, iii, iv, …… Ditulis dibagian tengah bawah 1,5 cm dari bawah. Pada halaman judul no halaman tidak ditulus.

6 b.Bagian Isi Halaman ditulis dengan angka biasa 1, 2, 3, … Khusus halaman judul Bab, no hal. ditulis di bawah bagian tengah, 1,5 cm dari bawah. Pada halaman berikutnya no. hal. Ditulis di sudut kanan atas 1,5 cm dari atas dan 3 cm dari kanan. Tiap bab diawali dengan judul bab yang ditulis dengan huruf kapital semua pada bagian tengah. c.Bagian Pelengkap terdiri dari: Daftar Pustaka Riwayat Hidup Lampiran Indeks (kalau ada) Untuk nomor halaman bagian ini merupakan sambungan / lanjutan dari no bagian isi.

7 Halaman Abstrak terdiri dari: Judul skripsi, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil yang dicapai, kesimpulan. Bagian abstrak ini dibuat dalam 1 paragraf, 150 kata). Halaman Prakata (ucapan terima kasih), tidak wajib. Berisi ungkapan pribadi mengenai usaha yang telah dilakukan selama proyek / penelitian dan diakhiri dengan ucapan terima kasih. (pembimbing, lembaga, perusahaan, instansi, sponsor, dll) BAB1 PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Dari umum sampai topik yang dibahas, meliputi: gambaran permasalahan, alasan pemilihan permasalahan, mengapa tertarik untuk mengambil topik ini, identifikasi permasalah, istilah teknis (jika ada)

8 1.2 Ruang Lingkup Meliputi: batasan masalah yang akan dikerjakan dan asumsi / hal-hal yang sudah dianggap benar. 1.3 Tujuan dan Manfaat Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan merancang ….. Manfaat penelitian adalah diperolehnya informasi tentang …… Adapun manfaat-manfaat yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut: 1.4 Hipotesis (kalau ada) 1.5 Metodologi Secara garis besar skripsi dapat dikelompokkan menjadi 2 kategori, yaitu proyek dan penelitian. Pada jalur proyek untuk sub bab metodologi menjelaskan metode yang digunakan dalam melakukan analisis dan perancangan. Untuk jalur penelitian, dalam metodologi menjelaskan 2 hal pokok, pengumpulan data (jenis sumber data, cara mengumpulkan data, instrumen pengumpulan data, sampling) dan metode analisis data.

9 Metode analisis data meliputi: bagaimana data diolah dan dianalisis untuk pengujian hipotesis, berupa tabel dan grafik, berupa metode statistik yang digunakan. Simulasi, dijelaskan tentang cara / metode bagaimana simulasi dilakukan. BAB 2 LANDASAN TEORI Berisi 2 hal penting: kerangka teori dan kerangka pikir Kerangka teori: Teori yang relevan, lengkap, mutahir dan dibuat berurutan dan sejalan dengan permasalahan Teori yang dikemukakan berasal dari sumber-sumber teori dan dari hasil penelitian. Kerangka Pikir: Berdasarkan teori dan hasil penelitian disusun hubungan antar variabel, teori yang telah dibahas. Diharapkan dengan membaca ini maka hubungan antara permasalahan, data yang terkumpul, dan teknik analisis serta hasil penelitian akan lebih jelas.

10 BAB 3 INTI PENELITIAN (Judul tergantung masalah) Bab ini pada dasarnya terdiri dari 3 bagian: Perumusan objek penelitian Metode pengumpulan data Analisis data / permasalahan BAB 4 HASIL PENELITIAN (Judul tergantung masalah) Bab ini meliputi: Penyajian data penelitian Pengolahan terhadap data yang terkumpul Pembahasan BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN

11 DAFTAR PUSTAKA Disusun menurut abjad nama keluarga pengarang. BUKU Nama pengarang. (Tahun Publikasi). Judul Buku. Seri. Penerbit, Kota. Rusli, H. (1991), Kewajiban-kewajiban Perusahaan di Indonesia. Huperindo, Jakarta. SKRIPSI Marsius, J. (1991). Perilaku Harga Jasa Dokter di Kodya Palembang. Skripsi S1. Universitas Sriwijaya, Palembang. Artikel dalam buku Nama Pengarang. (Tahun). Judul Artikel dalam Nama Editor (ed.) Judul Buku. Seri. Penerbit, Kota. Hedley, C. (1971). Reading and Language Difficultiesm dalam Wilson, J.A.R. (ed) Diagnosis of Learning Difficulties, pp 135 – 156. Mc Graw–Hill, New-York.

12 Majalah Artikel dalam majalah Nama Pengarang. (Tahun). Judul Artikel. Judul majalah, Vol. (no), Hal. Widodo, J. (1993). Analisis Kestabilan Sistem. Jayabina, 1(1), pp Referensi dari Internet Nama penulis, tahun edit, judul artikel, alamat situs. Keterangan: Ada beberapa buku dengan nama pengarang dan tahun sama. Diberi akhiran a, b, c, … Widodo, J. (1993a) ; Widodo, J. (1993b). Nama pengarang tidak ada: Anonim (Anonymous) HALAMAN Jika hanya 1 halaman : p 10 Lebih dari 1 hal: pp 10 – pp 40

13 KOTA Jika ada lebih dari 1 kota, pilih yang ditulis pertama kali. PENULISAN KUTIPAN Memakai sistem Harvard, tidak ada catatan kaki. …………..berdasarkan pendapat Cushing (1991, p 75) ……….. ……….Aryanto et al. (1991, p 67) menyatakan ……………. et al. Jika lebih dari 2 pengarang Menurut Sinaga (1970, p 46)……………………… Referensi suatu lembaga: ……….. (STMIK MDP, 2000, pp 234)


Download ppt "14. MENARIK KESIMPULAN DAN MENYUSUN LAPORAN MENARIK KESIMPULAN A. PENGERTIAN Dalam menarik kesimpulan harus didasarkan atas data yang didapat. Kesimpulan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google