Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Adalah ketika di ujung masa imperial Romawi, bahwa kaisar Romawi senenatiasa memerintah dengan berlandaskan “perintah agama”. Suara kaisar dianggap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Adalah ketika di ujung masa imperial Romawi, bahwa kaisar Romawi senenatiasa memerintah dengan berlandaskan “perintah agama”. Suara kaisar dianggap."— Transcript presentasi:

1

2  Adalah ketika di ujung masa imperial Romawi, bahwa kaisar Romawi senenatiasa memerintah dengan berlandaskan “perintah agama”. Suara kaisar dianggap sebagai suara Tuhan, sehingga apa yang diperintah harus dikerjakan. Ketika ingin membuat hukum baru, kaisar melakukan “calling” kepada pendeta-pendeta kekaisaran (pendeta Kristen) untuk “membuat” hukum baru.

3  Sehingga, ketika kaisar ingin menerapkannya, dia bisa menunjukkan kepada rakyatnya, bahwa “wahyu” telah turun sehingga membuat ia harus mengerjakannya. Suatu ketika, para pemikir (filsuf) dan cendikiawan berpikir, bahwa tirani ini harus segera dihilangkan.

4  Munculnya ide-ide pembaruan pemikiran Islam dengan konsep-konsep baru seperti sekularisme, liberalisme dan pluralisme di Indonesia seringkali menuai kontroversi. Bahkan kata-kata tersebut—jika diucapkan tanpa rangkaian kata lain—sudah memiliki konotasi yang negatif.

5  Mengantisipasi dengan pribadi-pribadi kita, dengan tetap berpegang terhadap ke syumulan islam itu, bahwa islam itu mengurus aspek kehidupan kita, dan kita buktikan sejarah-sejarah kegagalan sekularisme kepada mereka bahwa sekularisme tidak layak dipertahankan.

6  Ilmaniyah adalah terjemahaan ke bahasa Arab yang salah dari kata seculerism dalam bahasa Inggris, atau secularit/secularique dalam bahasa Perancis, adalah suatu istilah yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan kata ilmu.

7  Dalam bahasa Inggris atau bahasa Perancis, ilmu berarti science, dan alirannya disebut: Scientism. Sedangkan penisbatan kepada ilmu, kita mengatakannya dengan scientific, sedangkan dalam terminologi bahasa Perancis disebut Scientifique.

8  Pengertian Sekularisme :  Di dalam bukunya Abd Wahab al-Masiri, dikatakan bahwa sekularisme berasal dari bahasa latin, Seaculum, aeon atau Mundus. Yang pertama mengandung dimensi waktu, abad dan generasi. Sedangkan kedua mengandung dimensi ruang dan tempat.

9  Sekularisme adalah ide dasar yang mengesampingkan peran agama dari pengaturan kehidupan (dunia).  Sekularisme menuntun manusia untuk menempatkan agama hanya pada ranah individu dan wilayah spiritual (moral, teologi).  Sekularisme mengharamkan agama ikut andil dalam mengatur kehidupan.  Sekularisme mengajarkan bahwa manusia bebas mengatur hidupnya sendiri tanpa campur tangan Tuhan/ Allah.

10  Kemajuan negara sekuler seperti Amerika dan negara-negara Eropa lainnya, padahal justru disitulah letak kelemahan paham sekulerisme yang terlalu mendewa-dewakan kemajuan pisik semata dan mengabaikan pembangunan mental spiritual pengikutnya.

11  Paham sekulerisme merupakan bahaya laten yang harus diwaspadai oleh kita bangsa Indonesia, karena kita masyarakat yang beragama dan agama sesogyanya dapat mewarnai setiap langkah dan usaha kita dalam menapaki jalan hidup ini, karena agama yang datangnya dari Tuhan pastinya mengandung keseimbangan dan kebaikan secara komprehensif dan menyeluruh. sedangkan paham sekulerisme merupakan program propaganda syetan melalui kecintaan terhadap dunia ini secara berlebihan yang akan membawa manusia pada kesesatan dan kehancuran.

12  9/06/01/bahaya-sekularisme/ 9/06/01/bahaya-sekularisme/  ekularisme-dalam-epistemologi-islam/ ekularisme-dalam-epistemologi-islam/


Download ppt " Adalah ketika di ujung masa imperial Romawi, bahwa kaisar Romawi senenatiasa memerintah dengan berlandaskan “perintah agama”. Suara kaisar dianggap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google