Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 6 1. Muhammad rizki fauzi 2. Ahmad mas’ud saifudin 3. Ahmad taufik k 4. Rizky choirul asmara 5. Zihan fahira.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 6 1. Muhammad rizki fauzi 2. Ahmad mas’ud saifudin 3. Ahmad taufik k 4. Rizky choirul asmara 5. Zihan fahira."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 6 1. Muhammad rizki fauzi 2. Ahmad mas’ud saifudin 3. Ahmad taufik k 4. Rizky choirul asmara 5. Zihan fahira

2 Sejarah Demokrasi di Dunia Negara pertama kali yang menerapkan demokrasi adalah Yunani pada 507 sebelum Masehi oleh “Kleistenes” dengan perubahan konstitusi dan diselesaikan oleh “Efialtes” pada tahun sebelum masehi. Masuknya demokrasi di Eropa di tandai dengan munculnya magna charta (1215) di inggris yang merupakan kontrak antara raja inggris dengan bangsawan, yang isinya raja “John” mengakui dan menjamin hak-hak yang dimilki bawahannya.

3 Sejarah Demokrasi di Indonesia 1945 : menganut demokrasi presidensil : semi parlementer : menganut demokrasi Parlemeter Murni (Demokrasi Liberal) : menganut sistem parlementer cabinet dengan demokrasi liberal yang masih bersifat semu : diterapkan Demokrasi Terpimpin : menerapkan demokrasi pancasila 1998-sekarang : Demokrasi yang di kembangkan pada masa ini adalah demokrasi yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945

4 Pengertian demokrasi Secara etimologis, demokrasi berasal dari bahasa yunani, yaitu dari kata demos yang berarti rakyat dan kratos yang berarti pemerintah Secara bahasa, demokrasi adalah pemerintahan yang dijalan kan oleh rakyat baik secara langsung maupun tidak langsung.

5 Pengertian Pendidikan Demokrasi Pendidikan demokrasi diartikan sebagai upaya sistematis yang dilakukan Negara dan masyarakat untuk memfasilitasi warga negaranya agar memahami, meghayati, megamalkan dan mengembangkan konsep, prinsip dan nilai demokrasi sesuai dengan status dan perannya dalam masyarakat

6 Contoh Pendidikan Demokrasi : Formal (sekolah dan perguruan tinggi) Informal (pergaulan dilingkungan) Nonformal (diluar sekolah)

7 Jenis-Jenis Demokrasi 1) Demokrasi berdasarkan cara menyampaikan pendapat dibagi menjadi tiga: a. Demokrasi langsung b. Demokrasi tidak langsung(Perwakilan) c. Demokrasi perwakilan dengan sistem pengawasan langsung dari rakyat

8 2) Demokrasi berdasarkan prinsip ideologi terdiri dari: a. Demokrasi liberal b. Demokrasi rakyat atau demokrasi proletar 3) Berdasarkan wewenang dan hubungan antar alat kelengkapan Negara, demokrasi dibagi menjadi berikut ini : a. Demokrasi sistem parlementer b. Demokrasi sistem pemisahan/pembagian kekuasaan (presidensial)

9 Konsep demokrasi 1. Demokrasi Perwakilan Liberal Prinsip demokrasi ini didasarkan pada suatu filsafat kenegaraan bahwa manuisa adalah sebagai makhluk individu yang bebas. 2. Demokrasi satu partai dan komunisme Demokrasi satu partai ini lazim nya dilaksankan di negara - negara komunitas seperti, rusia, china, dll.

10 Kaitan Demokrasi dan Bentuk Pemerintahan a. Konsep kekuasaan b. Konsep Pengambilan Keputusan c. Konsep pengawasan d. Konsep Partisipasi

11 Ciri - ciri dan Tujuan Umum Demokrasi: a. Proses yang tak pernah selesai, dalam arti bertahap, berkesinambungan terus – menerus. b. Bersifat evolusioner dalam arti dilakukan secara berlahan. c. Perubahan bersifat damai dalam arti tanpa kekerasan ( anarkis) d. Berjalan melalui cara musyawarah; dalam arti perbedaan yang diselesaikan dengan cara musyawarah. e. Membatasi kekuasaan pemerintah agar tidak terjadi pemerintahan diktaktorisme f. menciptakan pemerintahan yang legal dan dikehendaki oleh rakyat.

12 Demokrasi berasal dari demos dan cratos, demos yaitu rakyat, cratos pemerintahan. Secara garis besar demokrasi yaitu sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Adanya demokrasi menentukan baik buruknya proses pemerintahan di suatu Negara. Kesimpulan

13 Sekian & Terimakasih


Download ppt "Kelompok 6 1. Muhammad rizki fauzi 2. Ahmad mas’ud saifudin 3. Ahmad taufik k 4. Rizky choirul asmara 5. Zihan fahira."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google