Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

P ARTAI POLITIK AMERIKA SERIKAT Rachmalia Dewi Sukmawati 20100510063 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "P ARTAI POLITIK AMERIKA SERIKAT Rachmalia Dewi Sukmawati 20100510063 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"— Transcript presentasi:

1 P ARTAI POLITIK AMERIKA SERIKAT Rachmalia Dewi Sukmawati Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

2 P ERTUMBUHAN PARTAI POLITIK Partai politik kurang mendapat simpati dan dianggap sebagai kontroversi pada awal kemunculannya. Pada awalnya, presiden George Washington menganggap partai politik sebagai kekuatan subversif yang berbahaya bagi kesatuan bangsa. Partai pertama yang terbentuk di AS dan menjadi cikal bakal Partai Republik adalah the Federalist yang dipimpin oleh Alexander Hamilton. Partai ini cenderung pro pemerintahan nasional kuat dan kebijakan yang dibuat cenderung lebih menguntungkan kalangan industri. Partai lainnya adalah Democratic Republican yang dipimpin oleh Thomas Jefferson. Partai ini anti-federalist dan menjadi cikal bakal partai Demokrat saat ini. Partai ini cenderung pro terhadap rakyat dan pemerintahan nasional yang terbatas. Kebijakan yang dibuat cenderung memperhatikan sektor pertanian yang kemudian menjadi kepentingan utama partai Jefferson.

3 SISTEM DUA PARTAI Alasan mengapa di Amerika saat ini dikenal dengan sistem 2 partai: - Orang-orang AS kurang berminat terhadap perbedaan ideologi sebagaimana di Eropa. - Sistem pemilu yang digunakan mendorong terciptanya sistem 2 partai. - Ketentuan Negara Bagian yang menghalangi munculnya partai ketiga atau calon presiden Independent. PARTAI KETIGA Partai ini senantiasa muncul dari waktu ke waktu. Salah satu jenis partai ketiga dibentuk karena adanya single issue parties yang tidak mendapat platform dalam dua partai besar. Jenis lainnya adalah splinter parties, yakni partai yang muncul dari partai besar. Jenis partai ini selalu muncul meskipun tidak pernah mengalahkan dua partai besar AS. Pendukung partai Republik kebanyakan dari kalangan pengusaha dan profesional. Kelompok ini menjadi pendukung kemenangan Nixon dan Reagan dalam Pemilihan presiden. Sedangkan pendukung partai Demokrat kebanyakan buruh dan yang berpendidikan dibawah SLTA.

4 ORGANISASI PARTAI Organisasi partai terdiri dari partai nasional, partai negara bagian, dan partai lokal. Dibandingkan dengan yang lainnya, partai lokal tidak memainkan peran besar dan cenderung tidak berfungsi. STATUS PARTAI POLITIK Partai Politik di Amerika merupakan institusi publik semu, dimana ia tunduk pada aturan negara bagian. Pemerintah negara bagian mempunyai wewenang tentang pembentukan partai politik, termasuk kegiatan didalamnya sehingga dengan kata lain partai politik di Amerika tidak sepenuhnya mampu mengontrpl dirinya sendiri. PARTAI NASIONAL berkedudukan di Washington DC. Dipimpin oleh seorang Chairperson yang cenderung mendukung kebijakan presiden dari partai yang sama. Partai ini mempunyai fungsi, diantaranya, fungsi penelitian, public relation, pengumpul dana, dan konvensi nasional. PARTAI NEGARA BAGIAN Partai ini dipimpin oleh ketua negara bagian. Partai ini tergantung juga pada sistem partainya dimana antara negara bagian satu dengan yang lainnya sering kali berbeda.

5 KAMPANYE kampanye adalah sarana yang digunakan para calon untuk menggalang dukungan para pemilih karena kampanye selalu melibatkan banyak sektor diluar politik yang membutuhkan dana besar. STRATEGI KAMPANYE - Jabatan apa yang akan direbut - Menjabat atau tidak menjabat - Mayoritas vs Minoritas - Apa pendapat para pemilih - Slogan TEKNIK KAMPANYE - Melakukan kontak dengan pemilih - Melalui media massa - Menggabungkan beberapa teknik sekaligus - Dana kampanye

6 K AMPANYE MEDIA DAN KEMUNDURAN PARTAI POLITIK MENURUNNYA PERAN TRADISIONAL PARTAI POLITIK Dalam era kampanye media, calon-calon dapat tanpa tergantung sepenuhnya pada partai untuk merancang, menmbiayai, dan menjalankan kampanyenya. Kampanye dipimpin oleh manager kampanye, dan calon lebih dekat ke media daripada bos partai. KEUNGGULAN TEKNOLOGI TELEVISI Membangun citra dan popularitas dalam waktu yang singkat disadari betul oleh para calon presiden, dan hanya melalui media televisilah mereka dapat membangun persepsi massa mengenai kapasitas mereka dan pembuktian bahwa memimpin bangsa tidak harus dari washington karena televisi mampu menggantikannya. KONSULTAN MEDIA - Biasanya bersifat selektif - Melayani partai tertentu - Meneliti calon dan hubungan calon dengan pemilih

7 PEMBIAYAAN KAMPANYE Hal ini merupakan faktor penting dalam era kampanye media. Keringanan tertentu sering didapatkan oleh calon pemerintah yang sedang berkuasa dengan memanfaatkan koneksinya. Bagi calon dari partai oposisi biasanya membutuhkan dana yang lebih besar karena tidak memiliki fasilitas pemerintahan. Pembiayaan ini terutama digunakan untuk kebutuhan perusahaan konsultan dan perencanaan media. SUMBER DANA Sumber dana kampanye biasanya terdiri dari sumber dana tradisional (pengiriman surat kepada pendukung/donatur dan penjualan meja dalam makan malam bersama presiden) dan sumber dana modern (berasal dari kelompok kepentingan). Kelompok ini dikenal sebagai Political Actions Comitee (PACs). Kelompok ini biasanya melakukan kampanye secara positif dan negatif. SOFT MONEY SOFT MONEY merupakan sumbangan tidak terbatas dari korporasi/individu yang diberikan pada calon/partai politik. Hal ini sempat menjadi kontroversi pada kampanye presiden 1996 (pada era Clinton). sedangkan HARD MONEY merupakan sumbangan yang bersifat legal dan diatur undang-undang.

8 KESIMPULAN Partai politik di Amerika Serikat menganut sistem 2 partai, yakni Partai Demokrat dan Republik. Adanya partai ketiga yang selalu muncul di Amerika biasanya menjadi splinters party yang berarti partai yang ada dibawah naungan salah satu dari 2 partai besar. Organisasi partai politik terdiri dari Partai Nasional, Partai Negara Bagian, dan Partai Lokal, dan partai lokal memgang kekuasaan paling kecil diantara 2 kelompok partai lainnya.


Download ppt "P ARTAI POLITIK AMERIKA SERIKAT Rachmalia Dewi Sukmawati 20100510063 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google