Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sri Sulasmiyati, S.Sos, M.AP Penaksiran Fungsi Permintaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sri Sulasmiyati, S.Sos, M.AP Penaksiran Fungsi Permintaan."— Transcript presentasi:

1 Sri Sulasmiyati, S.Sos, M.AP Penaksiran Fungsi Permintaan

2 Pendahuluan Penaksiran fungsi permintaan sangat bermanfaat bagi manajer untuk menganalisis kebijakan penjualan perusahaan dan menganalisis daya beli individu dan masyarakat. Informasi mengenai fungsi permintaan suatu produk tidak selalu tersedia. Manajer perusahaan untuk memperoleh informasi mengenai fungsi permintaan, melalui berbagai metode, seperti melakukan penelitian mendalam di pasar dan melalui pendekatan statistik.

3 Penaksiran Dan Prakiraan Permintaan Penaksiran dan prakiraan permintaan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Tujuan utama penaksiran permintaan adalah untuk mengevaluasi penentuan harga produk, yaitu apakah penentuan harga produk oleh perusahaan telah sesuai dengan kemampuan individu dan masyarakat. Prakiraan permintaan dimaksudkan untuk sebagai sumber informasi di dalam merencanakan produksi produk dan pengembangan produk di masa depan.

4 Penaksiran Dan Prakiraan Permintaan Perbedaan antara penaksiran dan peramalan permintaan dapat dijelaskan pada gambar berikut:

5 Metode Penaksiran Permintaan 1. Metode langsung a.Wawancara dan survei b.Pasar simulasi c.Eksperimen pasar secara langsung 2.Metode tidak langsung  Analisis regresi

6 Aplikasi Analisis Regresi Y = a + bX Dimana: Y =variabel terikat X = variabel bebas a = konstanta b =koefisien arah garis kurva (tingkat sensitivitas harga produk terhadap jumlah produk yang diminta)

7 Aplikasi Analisis Regresi Rumus untuk menghitung nilai a dan b adalah sebagai berikut:

8 Contoh Diketahui: Data Penjualan Produk Apel Perusahaan A TahunHarga (P)Jumlah (Q)

9 Pembahasan nHarga (P)Jumlah (Q) XYXYX2X2 Y2Y ∑X∑X∑Y∑Y∑XY∑X2∑X2 ∑Y2∑Y

10 Pembahasan

11

12 Berdasarkan pada perhitungan di atas, maka dapat diketahui fungsi permintaannya adalah Y = – 0,116X atau Q = – 0,116P

13 Aplikasi analisis regresi secara komputerisasi Analisis regresi untuk Perusahaan A (data runtut waktu) Regression Analysis: Jumlah (Q) versus Harga (P) The regression equation is Jumlah (Q) = ,116 Harga (P) Predictor Coef SE Coef T P Constant 1279,82 63,29 20,22 0,000 Harga (P) -0, , ,88 0,000 S = 68,8414 R-Sq = 95,2% R-Sq(adj) = 94,4% Analysis of Variance Source DF SS MS F P Regression ,30 0,000 Residual Error Total

14 Kurva

15 Koefisien Determinasi Koefisien Determinasi merupakan angka hasil proses analisis regresi yang menunjukkan seberapa besar proporsi dari variabel bebas untuk menjelaskan variabel terikat. Rumus untuk menghitung Koefisien Determinasi adalah sebagai berikut:

16 Contoh Perusahaan A


Download ppt "Sri Sulasmiyati, S.Sos, M.AP Penaksiran Fungsi Permintaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google