Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mata Kuliah : Kapita Selekta SMA Jurusan: Pend.Matematika Oleh : 1. Marlinda (09320004) 2. Ardian Fitria (09320027)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mata Kuliah : Kapita Selekta SMA Jurusan: Pend.Matematika Oleh : 1. Marlinda (09320004) 2. Ardian Fitria (09320027)"— Transcript presentasi:

1 Mata Kuliah : Kapita Selekta SMA Jurusan: Pend.Matematika Oleh : 1. Marlinda ( ) 2. Ardian Fitria ( )

2 Vektor adalah suatu besaran yang memiliki besar dan arah tertentu. Besaran yang merupakan vektor antara lain yaitu kecepatan, gaya, percepatan. vektor dapat di tuliskan dalam huruf kecil tebal, misalnya a atau diberi tanda panah diatas, misalnya. Kita bisa menuliskan vektor melalui titik-titik yang dihubungkan ruas garis, misalnya

3 A. Perkalian vektor dengan skalar. Suatu vektor dikalikan dengan suatu skalar m maka hasilnya adalah suatu vektor m. Besaran vektor m ialah m kali besaran vektor Jika m>0, maka vektor dan m mempunyai arah sama, akan tetapi jika m<0, maka kedua vektor itu berlawanan arah.

4

5 Contoh: 1. Diketahui vektor

6 Jawab:

7 B. Penjumlahan Dua Vektor.s 1. Jumlah Dua Vektor Searah. Jumlah Dua vektor searah dan yang searah adalah suatu vektor yang arahnya samadan besar vektor sama dengan jumlah besar vektor dan.

8 2. Jumlah Dua Vektor yang Berlainan Arah. Resultan atau jumlah dua buah vektor pada umumnya dapat ditentukan dengan dua cara yaitu aturan segitiga dan aturan jajargenjang. a. Aturan Segitiga

9

10 Gambar menunjukkan jumlah vektor dan ditulis, yaitu vektor. Vektor adalah diagonal jajargenjang ABCD yang sisi-sisi berdekatannya vektor dan. Pehatikan ; jika vektor = vektor, maka …. (1) Pehatikan ; jika vektor = vektor, maka …. (2) Jadi,.

11 Dalam bentuk analitis, jika dan maka dan didefinisikan sebagai c. Pengurangan Dua Vektor Pengurangan vektor dari vektor dinyatakan sebagai. Operasi ini sama dengan penjumlahan vektor dengan vektor yaitu:

12 Contoh:

13 Jawab:

14 Hasil skalar dua vektor dan yang ditulis didefinisikan sebagai, dimana adalah sudut antara vektor dan.

15 Contoh: Tentukan hasil kali vektor a dan b jika dan besar sudut antara vektor a dan b adalah ! Jawab:

16 Dari definisi kita peroleh rumus besar sudut antara dua vektor berikut:

17 Contoh: Misalkan. Tentukan sudut yang dibentuk oleh vektor a dan b. Jawab:

18


Download ppt "Mata Kuliah : Kapita Selekta SMA Jurusan: Pend.Matematika Oleh : 1. Marlinda (09320004) 2. Ardian Fitria (09320027)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google