Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BENTUK-BENTUK GEOMETRI Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s Grafika Komputer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BENTUK-BENTUK GEOMETRI Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s Grafika Komputer."— Transcript presentasi:

1 BENTUK-BENTUK GEOMETRI Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s Grafika Komputer

2 Circle Secara umum prosedur pembentuk lingkaran dibuat dengan rumus dasar x2+y2=R2. Terdapat beberapa cara untuk membentuk suatu lingkaran namun tidak efisien. Lingkaran dapat dibuat dengan menggambarkan seperempat lingkaran karena bagian lain dapat dibuat sebagai bagian yang simetris. Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

3 Algoritma Simetris Delapan Titik Pada algoritma ini pembuatan lingkaran dilakukan dengan menentukan satu titik awal. Bila titik awal pada lingkaran(x, y) maka terdapat tiga posisi lain, sehingga dapat diperoleh delapan titik. Dengan demikian sebenarnya hanya diperlukan untuk menghitung segmen 45’ dalam menentukan lingkaran selengkapnya. Dengan titik pusat lingkaran tertentu, delapan titik simetris dapat ditampilkan dengan prosedur Circle Point Sebagai b erikut: Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

4 Koordinat Simetri 8 Titik Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

5 Lingkaran Dengan 8 Oktan Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

6 Algoritma Simetris Delapan Titik procedure CirclePoints(x, y, value:integer); begin putPixel(x,y,value); putPixel(-x,y,value); putPixel(x,-y,value); putPixel(-x,-y,value); putPixel(y,x,value); putPixel(-y,x,value); putPixel(y,-x,value); putPixel(-y,-x,value); end; Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

7 Algoritma Lingkaran Midpoint Algoritma Lingkaran Midpoint juga disebut algoritma lingkaran Bressenham. Bressenham mengembangkan generator lingkaran yang cukup efisien. Algoritma yang digunakan membentuk semua titik berdasar kan titik pusat dengan penambahan semua jalur sekeliling lingkaran. Dalam hal ini hanya diperhatikan bagian 45’ dari suatu lingkaran, yaitu oktan kedua dari x=0 ke x=R/Ö2, dan menggunakan CirclePoints untuk menampilkan titik dari seluruh lingkaran. Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

8 Langkah langkah untuk membentuk lingkaran algoritma Circle Midpoint 1.Tentukan radius r dengan titk pusat lingkaran(xc,yc) kemudian diperoleh (x0,y0)=(0,r) x=0 y=r 2.Hitung nilai dari parameter Pk=1-r 3.Tentukan nilai awal k=0, untuk setiap posisi xk berlaku sebagai berikut: - Bila P k < 0, maka titik selanjutnya adalah (x k+1, y k) )dan P k+1 =P k +2x k Bila tidak, maka selanjutnya adalah(x k+1, y k-1 ), Dan P k+1 =P k +2x k y k+1 Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

9 4.Tentukan titik simetris pada ketujuh oktan yang lain 5.Gerakkan setiap posisi pixel(x,y) pada garis melingkar dari lingkaran dengan titik pusat (xc,yc) dan tentukan nilai koordinat: x=x+x c y=y+y c 6. Ulangi langkah ke3 sampai 5, sehingga x>=y Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

10 Contoh Algortima Midpoint Untuk menggambarkan algoritma Bressenham dalam pembentukan suatu lingkaran dengan titik pusat (0,0) dan radius 10, perhitungan berdasarkan pada oktan dari kuadran pertama di mana x=0 sampai x=y. Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

11 Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s KPkXy

12 Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

13 Latihan Algortima Midpoint Untuk menggambarkan algoritma Bressenham dalam pembentuk an suatu lingkaran dengan titik pusat (0,0) dan radius 14, perhitungan ber dasarkan pada oktan dari kuadran pertama di mana x=0 sampai x=y. Nilai parameter dapat ditentukan dengan Grafika Komputer - STMIK Widya Cipta Dharma Dosen : Dewi Octaviani, S.T, M.C.s

14 procedure circleMidPoint (xCenter,yCenter,radius:integer); var x,y,p:integer; begin x:=0; y:=radius; p:=1-radius; circlePlotpoints(xCenter,yCenter,x,y); while x


Download ppt "BENTUK-BENTUK GEOMETRI Dosen :Dewi Octaviani, S.T, M.C.s Grafika Komputer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google