Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sebagai Perwujudan e-Government di Kota Batam Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sebagai Perwujudan e-Government di Kota Batam Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan."— Transcript presentasi:

1 Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sebagai Perwujudan e-Government di Kota Batam Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sebagai Perwujudan e-Government di Kota Batam

2 Redy Puja Kesuma Jeffri Sianipar Dini Siswanto Rayan Bagus Reddy Gede Putro

3 Pemerintahan di setiap daerah seluruh wilayah Indonesia pada saat ini tengah menghadapi tekanan dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan partisipasi aktif dalam pemberian informasi bagi masyarakat. Hal tersebut menyebabkan eGovernment atau pemerintahan berbasis elektronik semakin berperan penting bagi semua pengambil keputusan. Transformasi traditional government menjadi electronic government (eGovernment) menjadi salah satu isu kebijakan publik yang hangat dibicarakan saat ini. Salah satu bentuk aplikasi dari e-government tersebut adalah diberlakukannya SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) khususnya mengenai penerapan SIAK sebagai perwujudan E- Government di Kota Batam.

4 1.Bagaimana konsep implementasi penerapan SIAK di Kota Batam ? 2.Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan SIAK di kota Batam ?

5 2. SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) 1. E-Government

6 e-Government merupakan suatu konsep penyelenggaraan pemerintahan yang menitikberatkan pada kepentingan masyarakat luas, dengan pemanfaatan teknologi telematika, khususnya internet. Masyarakat luas bisa memonitor dan memberikan masukan secara real-time, tentang apa yang sedang dan akan dilakukan oleh pemerintah, baik di pusat maupun daerah, serta dapat berpartisipasi aktif dengan memberikan masukan serta kritik dan saran yang akan langsung diterima oleh pemerintah.

7 SIAK merupakan suatu aplikasi untuk mengelola kependudukan daerah, yang meliputi pengelolaan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akte Kelahiran, Hasil Sensus, dan Laporan Demografi penduduk. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengelola data kependudukan pada Kecamatan / Kelurahan yang lokasinya terpisah, akan tetapi dengan berbasiskan teknologi internet dimana seluruh data dan aplikasi ditempatkan di satu titik yaitu Internet Data Center, maka integritas keseluruhan data selalu terjamin.

8 1.Meningkatkan kualitas pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. 2.Menyediakan data dan informasi skala nasional dan daerah mengenai hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil yang akurat, lengkap, mutakhir dan mudah diakses; 3.Mewujudkan pertukaran data secara sistemik melalui sistem pengenal tunggal dengan tetap menjamin kerahasiaan.

9 1. Gambaran umum Kota Batam 2. Penerapan SIAK di Kota Batam

10 Kota Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau dan merupakan kota dengan populasi terbesar ke tiga di wilayah Sumatera setelah Medan dan Palemabang, Menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam Per April 2012 jumlah penduduk Batam mencapai jiwa. Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, yaitu Batam, Rempang dan Galang yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Batam merupakan sebuah kota dengan letak sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Singapura dan Malaysia. Pertumbuhan ekonomi Kota Batam yang lebih tinggi dibandingkan dengan laju pertumbuhan ekonomi nasional menjadikan wilayah ini andalan bagi pemacu pertumbuhan ekonomi secara nasional maupun bagi Provinsi Kepulauan Riau.

11 Program SIAK Kota Batam telah diimplementasikan secara online di 12 kecamatan. Program SIAK Kota Batam dirancang dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat dan kepentingan daerah. Aspek yang paling diperhatikan yaitu aspek hukum, kelembagaan dan SDM, penerapan teknologi dan sistem pelayanan, aspek registrasi, aspek demografis atau kesadaran masyarakat, dan aspek pengelolaan data penduduk atau pembangunan bank data kependudukan. Dari sisi pelayanan, penerapan program SIAK bertujuan untuk memantapkan kualitas pelayanan dasar di bidang pemerintahan, yang menjadi Tugas Pokok dan Fungsi Pemerintah Daerah.

12 Penerapan SIAK di Kota Batam ini dilakukan sejak awal tahun 2007 dan telah memberikan manfaat yang cukup signifikan antara lain : 1.Paperless sehingga lebih efisien dalam pendataan penduduk. 2.Data terintegrasi pusat maupun swasta memberikan keefektifan dan keakurasian tinggi. 3.Masyarakat Batam dapat melihat gambaran kondisi kependudukan Batam yang dapat diyakini kevalidan datanya sehingga memudahkan urusannya dalam kehidupan sehari- hari. 4.Sangat membantu dalam perencanaan pembangunan kota Batam karena data kependudukan mudah diakses.

13 Dari usaha yang telah dilakukan, database Kota Batam telah memenuhi beberapa unsur utama yang menjadi kelebihan dari SIAK Kota Batam itu sendiri, yaitu : 1.Bertahan relatif lama (long life tidak mudah face out) 2.Efisien (tidak over investment atau under investment) 3.Aman (secure) 4.Mudah dioperasionalkan (user friendly) 5.Murah pemeliharaannya 6.Dari segi akses, data kependudukan Kota Batam dapat diakses dari seluruh wilayah dan relatif cepat melalui

14 7. Untuk pengaman, dokumen KTP dan KK SIAK Kota Batam dilengkapi dengan nomor pengaman khusus (security number) yang tidak gampang di duplikasi oleh orang lain yang bukan pemiliknya, dan 8. Dari aspek pelayanan, pengecekan status KTP/KK SIAK Kota Batam dapat dilakukan melalui internet atau SMS karena telah bekerja sama dengan provider Telkomsel, cara berlangganan informasi ini sangat mudah ketik REG BATAM kirim ke Setelah mendapat jawaban, ketik: BATAM KTP [NoReg] untuk memeriksa status permohonan KTP, atau BATAM KK [NoReg] untuk KK. Kirim ke Biaya 550/SMS.

15 Permasalahan di bidang administrasi kependudukan 1.Masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam melaporkan perubahan atas peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialami oleh penduduk dan keluarganya. 2.Terbatasnya jangkauan masyarakat terhadap tempat pelayanan untuk segera melaporkan peristiwa yang dialaminya. 3.Masih terbatasnya jumlah dan kualitas petugas register untuk memverifikasi dan validasi persyaratan pelaporan penduduk atas peristiwa yang dialami. 4.Masih terbatasnya cakupan kabupaten/kota dalam penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) untuk pelayanan publik

16 A.Melalui Website 1.Ketik atau 2.Masukkan Nomor Registrasi atau Nama Pemohon pada kolom yang tersedia Cara Pengecekanan Status KTP dan KK SIAK 3. Lalu klik tombol CARI

17 B. Melalui SMS (Short Messaging Service) # Mengetahui Status KTP 1. ketik : BATAM (spasi) KTP (spasi) STATUS (spasi) NOMOR REGISTER 2. Kirim ke 9168 # Mengetahui Status KK 1. ketik : BATAM (spasi) KK (spasi) STATUS (spasi) NOMOR REGISTER 2. Kirim ke 9168

18 SIAK merupakan suatu aplikasi untuk mengelola kependudukan daerah, yang meliputi pengelolaan Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akte Kelahiran, Hasil Sensus, dan Laporan Demografi penduduk. Program penerapan e-government dalam hal ini SIAK memang berpeluang memberikan manfaat bagi peningkatan pelayanan publik. Namun demikian kebijakan penerapan e- government ini mesti didasari untuk memberikan keterbukaan dan kepastian hukum. Adapun kendala permasalahan umum yang menjadi batu sandungan pelaksanaan e-government ini antara lain ketidaksiapan sumber daya manusia. Selain itu, belum adanya kultur berbagi (sharing) informasi, kultur mendokumentasi, langkanya SDM yang handal, infrastruktur yang belum ada dan tentu saja mahalnya biaya yang harus ditanggung.

19 1.Meningkatkan kesadaran masyarakat dengan memberikan sosialisasi mengenai pentingnya SIAK dalam membantu mewujudkan e-government. 2.Memberikan pelatihan-pelatihan khusus kepada pelaksana program SIAK. 3.Penyediaan anggaran khusus dari pemerintah dalam mendukung jalannya penerapan sistem informasi daerah.

20


Download ppt "Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) sebagai Perwujudan e-Government di Kota Batam Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google