Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Menjelaskan morfologi, anatomi, reproduksi, daur hidup dan klasifikasi serta arti ekonomis Filum Bryozoa FILUM BRYOZOA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Menjelaskan morfologi, anatomi, reproduksi, daur hidup dan klasifikasi serta arti ekonomis Filum Bryozoa FILUM BRYOZOA."— Transcript presentasi:

1 Menjelaskan morfologi, anatomi, reproduksi, daur hidup dan klasifikasi serta arti ekonomis Filum Bryozoa FILUM BRYOZOA

2 1.Tubuh simetri bilateral, tidak beruas-ruas. 2.Hidup berkoloni; sessile, menempel pada batu, benda dan tumbuhan air di perairan jernih dan dangkal, serta tidak tercemar. Pectinatella sp.

3 Aneka bentuk koloni bryozoa : A, Eucuratea; B, Bugular; E, Flustra; F, Tubulipora; J, Bowerbankia; K, Plumatella

4 3. Morfologi dan Anatomi Stolon, individu matang dan dua autozooid Masing-masing individu hidup (polypide) terdapat dalam zooecium, ukuran 1–3 mm. Bentuk zooecium seperti kotak, jambangan atau pembuluh. Beberapa jenis laut polymorfik, mempunyai autozooid dan heterozooid (tangkai, akar, avicularium, vibraculum, ovicell).

5 4.Saluran pencernaan lengkap, seperti bentuk huruf U. Mulut dikelilingi lophophore yang retraktil. Lophophore terdiri atas calyx dan tentakel bercilia. Anus di luar lophophore. 5. Coelom tumbuh sempurna. Sistem pernafasan, peredaran darah dan ekskresi tidak ada. 6. Syaraf ganglion terletak di antara mulut dan anus.

6 7. Biasanya hermafrodit, gonad terbentuk dari peritoneum; pembuahan dalam coelom atau di luar; jenis laut mempunyai larva trochophore; telur dierami dalam ovicell (ooecium).

7 8.Reproduksi aseksual pada bryozoa air tawar selain dengan cara pertunasan, juga menghasilkan statoblast, satu sampai beberapa butir pada funiculus. Larva bryozoa: A. Bugular, B. cyphonautes, larva Flustrellidra

8 Statoblast dari Phylactolaemata. A. spinoblast; B. floatoblast

9 KLASIFIKASI 1.Kelas Phylactolaemata Zooid silindris, lophophore berbentuk tapal kuda; mempunyai epistome; dinding tubuh berotot; terdapat di air tawar; menghasilkan statoblast; contoh Plumatelladan Lophophus crystallinus. Ordo Plumatellina. Koloni monomorfik 2.Kelas Gymnolaemata Lophophore berbentuk lingkaran; epistome tidak ada; dinding tubuh tidak berotot; koloni polimorfik; zooecia kompleks; lebih dari species hidup, kebanyakan laut; banyak spesies fosil 3.Kelas Stenolaemata Bentuk zooecium seperti tabung, terbuka di bagian ujung, dinding zooecia berkapur dan menyatu satu sama lain; orifice bundar; telur dierami dalam ovicell yang besar; 900 spesies hidup, semua di laut. Ada sejak Cambrian sampai sekarang


Download ppt "Menjelaskan morfologi, anatomi, reproduksi, daur hidup dan klasifikasi serta arti ekonomis Filum Bryozoa FILUM BRYOZOA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google