Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

( LAPANGAN TERBANG ) Materi : Perencanaan Lapangan Terbang Buku Referensi :  P erencanaan dan Perancangan Bandar Udara, Jilid 1 dan 2, Horonjeff, R.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "( LAPANGAN TERBANG ) Materi : Perencanaan Lapangan Terbang Buku Referensi :  P erencanaan dan Perancangan Bandar Udara, Jilid 1 dan 2, Horonjeff, R."— Transcript presentasi:

1

2 ( LAPANGAN TERBANG ) Materi : Perencanaan Lapangan Terbang Buku Referensi :  P erencanaan dan Perancangan Bandar Udara, Jilid 1 dan 2, Horonjeff, R. & McKelvey, FX.  M erancang, Merencana Lapangan Terbang, Ir. Heru Basuki  P elabuhan Udara, Zainuddin, Achmad BE.

3 LAPANGAN TERBANG (TSKB 0618 – 2 SKS) 1.PENDAHULUAN Dengan semakin berkembangnya kecenderungan akan ke- butuhan pelayanan transportasi udara yang aman, lancar, dan cepat di masa sekarang ini, maka diperlukan keseimbangan antara penyediaan infrastruktur transportasi udara dan ren- cana pengembangannya lebih lanjut berdasarkan prospeknya di masa mendatang. Penyediaan infrastruktur ini meliputi : landasan pacu (runway), landasan penghubung (taxiway), apron, gedung terminal, hanggar serta hal lain yang mendu- kung kelancaran pelayanan jasa pada bandar udara. Materi Lapangan Terbang ini memberikan wawasan dan pe- ngetahuan secara khusus tentang perencanaan dan peranca- ngan suatu bandar udara beserta fasilitas pendukungnya sesuai dengan tingkat prioritas kebutuhan & pengembangan

4 selanjutnya menurut persyaratan peraturan dalam perencanaan bandar udara dari ICAO (International Civil Aviation Organi- tion) dan FAA (Federal Aviation Administration). 2. DESKRIPSI PERKULIAHAN Materi Perkuliaha Lapangan Terbang ini dimaksudkan sebagai bahan pengetahuan khusus bagi para peserta pelatihan untuk memahami proses perencanaan dan perancangan suatu bandar udara atau lapangan terbang beserta fasilitas pendukungnya secara terpadu serta karakteristik pesawat terbang transport utama menurut persyaratan peraturan dari ICAO dan FAA. 3.TUJUAN INSTRUKSIONAL Dalam materi Lapangan Terbang ini, peserta pelatihan diharapkan mengetahui : a) Bagian-bagian dari lapangan terbang (runway, taxiway, apron, gedung terminal, hanggar dan fasilitas pen- dukungnya) minimal 65% benar.

5 b) Dasar-dasar perencanaan lapangan terbang (perkerasan landas pacu dan landasan hubung, perenca- naan gedung terminal dan hanggar, serta perencanaan le- tak fasilitas drainase pada lapangan terbang) minimal 65% benar. 4. STRATEGI PELATIHAN Pada materi lapangan terbang ini, metode pelatihan akan diberikan secara sistematis dan mendasar, dan kemudian dilakukan pengembangan proses berpikir dengan memberikan contoh-contoh perencanaan sederhana pada bagian-bagian fasilitas lapangan terbang. Setelah peserta pelatihan menerima pengetahuan dasar-dasar perencanaan fasilitas lapangan terbang (Landas Pacu, Drainase dll.) dilanjutkan dengan metode aplikatif, yaitu dengan pemberian tugas sesuai cakupan materi yang

6 5. BUKU REFERENSI Buku referensi yg digunakan dalam perkuliahan lapangan terbang ini adalah : 1. Perencanaan & Perancangan Bandar Udara Jilid 1 & 2, Horonjeff, Robert dan Mckelvey, Francis X., Penerbit Erlangga, Jakarta, Tahun Merancang, Merencana Lapangan Terbang, Basuki, Heru Ir, Penerbit Alumni, Bandung, Tahun Pelabuhan Udara, Zainuddin, Achmad BE., Penerbit Ananda, Yogyakarta, Tahun 1983.


Download ppt "( LAPANGAN TERBANG ) Materi : Perencanaan Lapangan Terbang Buku Referensi :  P erencanaan dan Perancangan Bandar Udara, Jilid 1 dan 2, Horonjeff, R."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google