Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SK/ KD Materi. Standar Kompetensi : Memahami Hukum Islam tentang Penyembelihan Hewan, Qurban dan Aqiqoh. Kompetensi Dasar : 1. Menjelaskan tata cara penyhembelihan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SK/ KD Materi. Standar Kompetensi : Memahami Hukum Islam tentang Penyembelihan Hewan, Qurban dan Aqiqoh. Kompetensi Dasar : 1. Menjelaskan tata cara penyhembelihan."— Transcript presentasi:

1 SK/ KD Materi

2 Standar Kompetensi : Memahami Hukum Islam tentang Penyembelihan Hewan, Qurban dan Aqiqoh. Kompetensi Dasar : 1. Menjelaskan tata cara penyhembelihan hewan. 2. Menjelaskan ketentuan Aqiqoh dan Qurban. 3. Memperagakan cara penyembelihan hewan. Indikator : 1. Menjelaskan pengertian penyembelihan hewan. 2. Menyebutkan syarat penyembelihan hewan. 3. Menunjukkan dalil naqli tentang penyembelihan hewan. 4. Menjelaskan pengertian Aqiqoh dan Qurban. 5. Menjelaskan ketentuan dan hal lain yang berhubungan dengan penyembelihan hewan, Qurban dan Aqiqoh. 6. Mempraktikkan cara menyembelih hewan.

3 1 1.Pengertian penyembelihan : Penyembelihan hewan menurut ilmu fiqh disebut Az-Dzabhu atau Adz- Dzakatu yang berarti tathayyub ( membuatnya menjadi baik, harum, dan sedap). Sedang menurut istilah, penyembelihan adalah proses mematikan hewan dengan cara memotong saluran makanan dan saluran pernafasan, serta dua urat nadi yang ada pada sekitar tenggorokan menurut syarat-syarat yang telah ditentukan dalam syariat islam.

4 2 2. Jenis Penyembelihan Hewan: Dari cara penyembelihan hewan dibedakan menjad 2 (dua) yaitu : a. Secara Tradisional : Pelaksanaannya dilakukan langsung dengan menggunakan tangan secara langsung. (Tatacara dan syarat syahnya disampaikan pada slide berikutnya) b.Secara Mekanik : Penyembelihannya dilaksanakan dengan menggunakan mesin pemotong hewan. Syarat syah penyembelihan secara mekanik : Penyembelihnya harus Islam, mumayiz, berakal sehat dan tidak buta, saat menekan tombol mesin membaca basmalah menyengaja menyembelih, pisau pemotongnya / pelurunya (bila senapan untuk hewan liar) terbuat dari logam besi atau baja dan tajam, serta hewan yang disembelih hewan yang halal dan masih hidup.

5 3 3. Syarat syah penyembelihan : a. Binatangnya dalam keadaan masih hidup dan merupakan binatang yang halal dimakan. b. Penyembelihnya beragama Islam, sekurang-kurangnya sudah mumayiz, berakal sehat, tidak buta, dengan sengaja dan membaca basmalah saat menyembelih. c. Alat yang digunakan harus tajam, terbuat dari logam besi atau yang lain dan tidak syah dengan tulang, kuku, atau gigi. d. Dilakukan pada urat leher sampai terputus saluran makanan dan pernapasan serta urat nadi leher bagian kanan dan kiri. Sedangkan untuk hewan yang tidak dapat ditangkap/liar, terjebur ke sumur atau terjepit lehernya boleh disembelih pada bagian mana saja asalkan darahnya dapat mengalir keluar dan dapat mempercepat kematiannya. 3. Syarat syah penyembelihan : a. Binatangnya dalam keadaan masih hidup dan merupakan binatang yang halal dimakan. b. Penyembelihnya beragama Islam, sekurang-kurangnya sudah mumayiz, berakal sehat, tidak buta, dengan sengaja dan membaca basmalah saat menyembelih. c. Alat yang digunakan harus tajam, terbuat dari logam besi atau yang lain dan tidak syah dengan tulang, kuku, atau gigi. d. Dilakukan pada urat leher sampai terputus saluran makanan dan pernapasan serta urat nadi leher bagian kanan dan kiri. Sedangkan untuk hewan yang tidak dapat ditangkap/liar, terjebur ke sumur atau terjepit lehernya boleh disembelih pada bagian mana saja asalkan darahnya dapat mengalir keluar dan dapat mempercepat kematiannya.

6 4 MULAHADHOH T erkait dengan alat dan bacaan basmallah saat menyembelih hewan Nabi Muhammad SAW bersabda : مَااَنْهَرَالدم وذ كراسم الله عليه فكل Artinya: ”Apa saja yang dapat mengalirkan darah dan disebut nama Allah, maka boleh kamu makan” (HR Al Bukhori)

7 5 4. Sunah-sunah dalam menyembelih hewan a.Membaca takbir dan salawat tiga kali saat menyembelih b. Sebelum disembelih hewan direbahkan menghadap kiblat dengan tulang rusuk kiri berada di bawah. c.Memotong dua urat nadi yang ada di kanan kiri leher. d.Menyembelih pada pangkal/dekat kepala hewan, sedangkan unta sunah pada libbah (tempat menggantungkan kalung pada leher) e.Yang menyembelih sebaiknya laki-laki

8 6 5.Hal-hal yang makruh dalam penyembelihan a.Menyembelih dengan alat yang tumpul b.Urat nadi kanan kiri leher tidak putus c.Menyembelih sampai putus lehernya d.Mematahkan/memenggal leher hewan atau mengulitinya sebelum benar-benar mati.

9 7 6. Pengertian Aqiqoh dan Qurban : a. Aqiqoh adalah menyembelih kambing sebagai tanda syukur kepada Allah atas kelahiran anaknya menurut syarat-syarat yang ditentukan dalam syariat Islam. b. Qurban adalah menyembelih hewan ternak berkaki empat yang memenuhi syarat tertentu pada hari Idul Adha ataupun pada hari tasyrik dengan niat semata - mata untuk beribadah mendekatkan diri kepada Allah SWT.

10 8 7. Hukum Aqiqoh dan Qurban : a. Aqiqoh hukumnya sunnah muakkad bagi orang tua yang mampu sebelum anaknya baligh. Adapun waktu yang utama adalah hari ke tujuh kelahiran anaknya. Anak laki-laki 2 ekor dan anak perempuan 1 ekor kambing/domba. b. Qurban hukumnya wajib bagi Rasulullah SAW dan sunnah muakkad bagi umat Islam yang mampu. Jenis hewan yang untuk qurban adalah kambing, domba, dan biri-biri untuk 1 orang. Kerbau,sapi, dan unta cukup untuk 7 orang.

11 9 8. Ketentuan hewan Aqiqoh dan Qurban : Syarat-syarat syahnya hewan kurban adalah : a.Sehat. Hewan yang sakit seperti terkena kudis, kurap, atau penyakit lainnya tidak syah. b.Gemuk, tidak kurus kering. Hewan yang kurus hingga kelihatan tulang belulangnya tidak diperkenankan untuk berkurban. c.Tidak cacat. Hewan yang patah tanduknya, pincang, buta, buah zakarnya hanya satu tidak syah untuk berkurban. d. Telah cukup umur, yaitu : 1)Unta yang sudah berumur 5 tahun. 2)Sapi atau kebau yang sudah berumur 2 tahun. 3)Kambing biasa sudah berumur 2 tahun, sedangkan domba / biri-biri yang sudah berumur 1 tahun atau telah berganti gigi. e. Sebaiknya jantan, bila betina tidak sedang hamil

12 10 9.Waktu penyembelihan Aqiqoh dan qurban a. Aqiqoh : Pada hari ke 7 kelahiran anak atau boleh kapan saja asalkan belum baligh. b. Qurban : Pada hari Idul Adha setelah salat Id dan pada hari tasyrik (11-13 Zulhijjah) 10. Pembagian daging Aqiqoh dan qurban a. Aqiqoh : dibagikan dalam keadaan sudah masak. Disunahkan dimasak yang serba manis dan tidak pedas, serta tulang rusuknya tidak dipotong kecil-kecil (jw : tidak dicacah) b. Qurban : dibagikan dalam keadaan mentah, boleh juga dalam keadaan matang. MULAHADOH Baik aqiqoh maupun qurban bila tidak nazar, yang beraqiqah maupun yang qurban boleh ikut memakannya secukupnya (tidak lebih dari 1/3), bila dinazarkan tidak boleh mengambil bagian atau memakannya walau sekecil apapun.

13 Fungsi qurban dan Aqiqah a. sebagai perwujudan rasa syukur dan berdimensi kemanusiaan. b. menumbuhkan tali persaudaraan dan menghapus rasa kebencian c. dijaga dan dijauhkan oleh Allah dari segala marabahaya d. bertambah berkah rizkinya dan tidak dibenci Rasulullah SAW e. aqiqoh membebaskan anak dari tergadai, kurban dapat meringankan beban saat menuju ke Padang Mahsyar, dsb.

14 12 1. Tujuan utama dari penyembelihan hewan adalah.... a.Halal dimakan b.Syukur kepada Allah c.Ibadah d.berkurban 2.Hewan berikut yang tidak diperbolehkan untuk berkurban adalah.... a.Sapi b.Unta c.Kambing d.kuda 3.Sapi atau unta boleh untuk berkurban sebanyak.... a.5 orang b.6 orang c.7 orang d.8 orang

15 13 4.Perintah menyembelih kurban diterangkan dalam al Qur’an surat.... a.An Nashr ayat 1-3 b.Al Kafirun ayat 1-3 c.Al Kautsar ayat 1-3 d.Al Ikhlash ayat Ibadah kurban disyariatkan dalam islam untuk mengenang kisah nabi.... a.Musa dan Kidzir b.Musa dan Daud c.Ibrahim dan Ismail d.Nuh dan Ibrahi 6.Aqiqah untuk anak laki-laki adalah …. a.1 ekor kambing b.1 ekor sapi c.2 ekor kambing d.2 ekor sapi

16 14 7.Waktu yang benar untuk menyembelih hewan qurban adalah …. a.pagi hari sebelum shalat Idul Adha b.pagi hari setelah shalat Idul Adha c.setelah shalat Idul Adha dan hari Tasyri’ d.pagi hari pada hari Tasyri’ 8.Waktu yang paling utama untuk melaksanakan aqiqah adalah …. a.3 hari setelah kelahiran b.7 hari setelah kelahiran c.40 hari setelah kelahiran d.50 hari setelah kelahiran 9.Ketentuan pembagian daging aqiqah yang utama adalah …. a.Dibagi dalam keadaan sudah dimasak b.Dibagi dalam keadaan masih mentah c.Boleh dibagi atau untuk keluarga sendiri d.Semuanya harus dibagi kepada tetangga

17 15 10.Perhatikan kriteria binatang berikut ini! 1)Tanduknya tidak patah 2)Tidak sakit atau cacat 3)Giginya belum berganti 4)Cukup umur 5)Bulunya kotor yang merupakan kriteria binatang aqiqah adalah …. a. 1,5,6 b. 2,3,4 c. 1,3,5 d. 1,2,4


Download ppt "SK/ KD Materi. Standar Kompetensi : Memahami Hukum Islam tentang Penyembelihan Hewan, Qurban dan Aqiqoh. Kompetensi Dasar : 1. Menjelaskan tata cara penyhembelihan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google