Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Membangun Ketrampilan Menulis Dra. Sirikit Syah, MA Penulis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Membangun Ketrampilan Menulis Dra. Sirikit Syah, MA Penulis."— Transcript presentasi:

1

2 Membangun Ketrampilan Menulis Dra. Sirikit Syah, MA Penulis

3 Mengapa menulis? Mengekspresikan perasaan, pemikiran, renungan, pengalamaban Berbagi ilmu pengetetahuan dan pengalaman Menulis itu membebaskan & menyembuhkan Menulis itu menghasilkan.

4 Mitos tentang Menulis a. Inspirasi adalah modal utama kegiatan menulis. b. Hanya orang-orang genius yang menjadi penulis. c. Penulis harus tahu dan hafal kaidah- kaidah bahasa.  Semua itu CUMA MITOS

5 Persoalan Menulis 1.Takut memulai (takut salah/minder)  jangan takut salah, mulailah. 2.Tak memiliki cukup bekal untuk ditulis  banyak baca, catat, amati. 3.Tak mahir mengorganisir tulisan  ikuti nalurimu, struktur kemudian.

6 Dimana mencari ide? Banyak mengamati sekitar Anda. Banyak membaca. Yang tak membaca mustahil menulis. Banyak bertanya Banyak mendengar Peduli, atentif Nonton film Dengar musik

7 Strategi Menulis 1.Berniat sungguh-sungguh 2.Berdisiplin, tidak malas 3.Memiliki/menyimpan/mencatat ide- ide yang menarik/penting 4.Mengumpulkan bahan tulisan untuk perkembangan ide-ide tsb. Memperkaya bahan. 5.Menulislah. Fokus.

8 Proses Kreatif JK Rowling seorang janda miskin yang naskahnya kerap ditolak, menulis di café atau kereta api  sekarang wanita terkaya di dunia Margaret Mitchell menulis hanya sekali seumur hidupnya, yaitu Gone with the Wind Eni Kusuma, PRT di Hong Kong, menulis buku motivasi Anda Luar Biasa!  laku keras Kang Abiek menulis AAC ketika tak bisa bangkit dari tempat tidur karena kecelakaan Andria Hirata menulis LP ketika bete/jenuh bekerja di Kantor Pos dan Telkom Saya menulis ketika merasa ada ketidakadilan di masyarakat, atau sedang jatuh cinta.

9 Yang paling mudah Mulailah menulis catatan harian. Milikilah sebuah jurnal (buku catatan). Catatlah apa saja yang Anda alami atau amati. Coba kelola emosi Anda pada teman, dosen, ortu, apapun bentuknya, dalam bentuk kata-kata dan rangkaian kalimat dalam sebuah puisi atau prosa. Ungkapkan kejengkelan Anda pada sistem perkuliahan/pemerintahan dalam esai/opini.

10 Keunggulan Menulis Bahasa menunjukkan bangsa. Bahasa menunjukkan kepribadian dan tingkat intelektualitas. Orang yang terstruktur/organized sejak dalam pikiran, adalah orang yang akan mahir menulis. Menulis adalah puncak kepandaian berbahasa. Menulis adalah alat dakwah dan persuasi yang luas dampaknya, dan amat tepat bagi yang tak berbakat di public speaking.

11 If you write, you write a history. You may die some day but you live on. A book (a blog) lives forever.

12 Verba volant scripta manent... (yang terucap akan lenyap, yang tertulis akan abadi...)

13 Terima Kasih dan Selamat Menulis

14

15 Judul dulu Topik diberi Bebaskan Alinea awal Konflik

16 Mengumpulkan: -Open eyes -Open ears -Open heart -Open mind

17 Menulis: -Feel free -Be wild -Be creative


Download ppt "Membangun Ketrampilan Menulis Dra. Sirikit Syah, MA Penulis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google