Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BATUK EFEKTIF OLEH: KELOMPOK 6. Devinisi Batuk Batuk merupakan pengeluaran udara melalui paru2-paru secara tiba-tiba dan dapat didengar. Batuk merupakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BATUK EFEKTIF OLEH: KELOMPOK 6. Devinisi Batuk Batuk merupakan pengeluaran udara melalui paru2-paru secara tiba-tiba dan dapat didengar. Batuk merupakan."— Transcript presentasi:

1 BATUK EFEKTIF OLEH: KELOMPOK 6

2 Devinisi Batuk Batuk merupakan pengeluaran udara melalui paru2-paru secara tiba-tiba dan dapat didengar. Batuk merupakan refleks untuk membersihkan trakea,bronkus,dan paru-paru untuk melindungi organ-organ tersebut dari iritan dan sekresi.

3 Batuk berfungsi untukmengeluarkan sekret dan partikel-pertikel pada faring dan saluran nafas.biasanya terjadi secara reflek setelah mendapatkan stimulus (rangsangan) seperti asap,kabut,dabu dan gas.

4 Keefektifan batuk klien di evaluasi dengan melihat apakah ada sputum cair (ekspetorsi sputum),laporan klien tentang sputum yang ditelan,atau terdengarnya suara napas tambahan stelah di auskultasi. Klien yang mengalami penyakit pulmonal kronik,infeksi saluran napas atas,dan saluran napas bawah,harus didorong untuk napas dalam dan batuk sekurang-kurangnya setiap jam saat terjaga,dan klien yang memiliki sputum dalam jumlah besar harus didorong untuk batuk setiap jam saat terjaga dan setiap 2 s/d 3 jam saat tidur sampai fase akut produksi lendir berakhir.

5 Batuk efektif Tehnik batuk efektif merupakan tindakan yang dilakukan untuk membersihkan sekresi dari saluran nafas. Tujan: Meningkatkn ekspansi paru Mobilisasi sekresi Mencegah efek samping dari retensi sekresi seperti pneumonia Dan mempertahankan kepatena jalan napas

6 Batuk yang tdk efektif dapat menyebabkn: Kolaps saluran nafas Ruptur dinding alveoli pnemuthoraks

7 Tehnik batuk efektif  Persiapan alat: Sputum pot Lisol 2-3% Handuk pengalas Peniti Bantal Tissue bengkok

8 Prosedur Pelaksanan Pentiiiiiing....!!!!! 1.Setelah menggunakan pengobatan bronkodilator(jika diresepkan),tarik napas dalam lewat hidung dan tahan napas untuk beberapa detik 2.Batukan dua kali,batuk pertama untuk melepaskan mukus,dan batuk kedua untuk mengeluarkan sekret.jika klien merasa nyeri dada pada saat batuk,tekan dada dengan bantal.tampung sekret pada sputum pot yang berisi lisol. sebelum memulai prosedur pelaksanaan,beritahu dan anjurkan kepada klien untuk minum air hangat dengan rasionalisasi untuk mengencerkan dahak.

9 3. Untuk batuk menghembus,,sedikit maju ke depan dan ekspirasi kuat dengan suara “hembusan”.tehknik ini menjaga jalan napas terbuka ketika sekresi bergerak keatas dan keluar paru. 4. Inspirasi dengan nafas pendek cepat secara bergantian(menghirup)untuk mencegah mukus bergerak kembali ke jalan napas yang sempit. 5. Istirahat 6.Hindari batuk yang terlalu lama karena dapat meybabkan kelelahan dan hpoksia.

10

11 This is the end of presentation thanks a lot for your attention See you later Bye..bye...


Download ppt "BATUK EFEKTIF OLEH: KELOMPOK 6. Devinisi Batuk Batuk merupakan pengeluaran udara melalui paru2-paru secara tiba-tiba dan dapat didengar. Batuk merupakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google