Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERUPA LOCATION BASED SERVICES (LBS) DI MUSEUM JOANG ’45 JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM JUNAIO PADA ANDROID DAN IPHONE.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERUPA LOCATION BASED SERVICES (LBS) DI MUSEUM JOANG ’45 JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM JUNAIO PADA ANDROID DAN IPHONE."— Transcript presentasi:

1 IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERUPA LOCATION BASED SERVICES (LBS) DI MUSEUM JOANG ’45 JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM JUNAIO PADA ANDROID DAN IPHONE MARINI SHADRINA ( ) Pembimbing : Dr. Dewi Agushinta R.

2 Latar Belakang Masalah Permasalahan Penggunaan cara manual dalam memperoleh informasi dan memublikasikan objek yang terdapat pada Museum Joang ’45 Jakarta. Pemecahan Masalah Menerapkan Augmented Reality (AR) pada Museum Joang ‘45 Jakarta berupa Location Based Services (LBS) yang berbasis mobile pada Android dan iPhone.

3 Batasan Masalah Pencarian koordinat menggunakan Google Earth, Informasi pada tiap titik lokasi objek berupa alamat, homepage, nomor telepon dan , Format tampilan homepage pada layar informasi titik lokasi objek merupakan website yang sudah ada/ dimiliki oleh pihak yang terkait, Penggunaan platform Junaio serta bahasa pemrograman PHP dan XML, Hasil dari Location Based Services (LBS) ini berupa ikon-ikon yang terdiri dari 8 titik lokasi objek, yaitu Museum Joang '45, Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bahari, Museum Tekstil, Jembatan Kota Intan, Monumen Nasional dan Museum Wayang.

4 Tujuan Penelitian Untuk memudahkan pengunjung dalam mendapatkan informasi lokasi Museum Joang ’45 serta informasi lokasi objek penting di sekitar museum, Agar dapat menjelajahi informasi mengenai Museum Joang ’45 menggunakan Android dan iPhone, Memberikan sedikit inovasi untuk Museum Joang ‘45 agar lebih menarik dan interaktif.

5 Pengenalan AR Penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata (Ronald T. Azuma, 1997). AR LBS Sebuah sistem layanan yang cara kerjanya tergantung pada letak koordinat latitude dan longitude suatu objek. Platform yang berjalan pada handphone-handphone tertentu dengan spesifikasi yang menunjang untuk Augmented Reality. Platform Junaio

6 Museum Joang ‘45 Gedung yang dibangun sekitar tahun 1920-an ini merupakan tempat yang menjadi kisah atau titik awal sebuah sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada awalnya Museum Joang ’45 adalah bangunan sebuah hotel yang dikelola oleh keluarga “L.C. Schomper” seorang berkebangsaan Belanda yang telah lama menetap di Batavia.

7 Skema Kerja Junaio

8 Arsitektur Junaio

9 Pencarian koordinat (Latitude, Longitude) Satelit Koneksi Internet Aplikasi Google Earth Pencarian Lokasi Objek Mendapatkan koordinat (Latitude, Longitude)

10 Tahapan Pencarian Koordinat menggunakan Google Earth

11 Rancangan Channel Museum Joang ‘45

12 Use Case Diagram Activity Diagram

13 Pengujian

14 Output

15 Channel Museum Joang ‘45

16 Kesimpulan Pengguna aplikasi dengan mudah mendapatkan informasi mengenai objek penting yang terdapat di sekitar Museum hanya dengan mengaktifkan aplikasi Junaio serta mengarahkan kamera ke objek yang diinginkan. Pendeteksian lokasi objek ditangkap dengan cukup baik oleh kamera dan radar koordinat yang terdapat dalam aplikasi. Koneksi internet mempengaruhi cepat lambatnya pendeteksian lokasi objek. Posisi objek yang terdeteksi oleh kamera ditampilkan dalam bentuk persegi panjang dan berisi informasi berupa alamat, telepon, homepage dan .

17 Saran Aplikasi ini masih memerlukan pengembangan dan modifikasi. Diantaranya adalah diperlukan adanya tampilan rute perjalanan menuju lokasi Museum Joang ’45 Jakarta pada aplikasi ini agar dapat menjadi petunjuk arah jalan bagi pengunjung.

18 Terima Kasih


Download ppt "IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY BERUPA LOCATION BASED SERVICES (LBS) DI MUSEUM JOANG ’45 JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PLATFORM JUNAIO PADA ANDROID DAN IPHONE."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google