Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PUSAT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI Harry S. Dachlan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PUSAT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI Harry S. Dachlan."— Transcript presentasi:

1 PUSAT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI Harry S. Dachlan

2

3

4 Pengertian Energi Baru dan Terbarukan(EBT) Energi Terbarukan adalah energi yang dapat diperbarui dan apabila dikelola dengan baik maka sumber dayanya tidak akan habis. contoh: Tenaga air, Biomassa, Surya, Angin, Panas bumi. Energi Baru adalah energi yang teknologinya relatifEnergi Baru adalah energi yang teknologinya relatif baru dikembangkan, baik yang berasal dari jenis baru dikembangkan, baik yang berasal dari jenis energi terbarukan atau yang tidak terbarukan. energi terbarukan atau yang tidak terbarukan. contoh : Fuel cell, Energi Samudra contoh : Fuel cell, Energi Samudra

5 PLT PANAS BUMI

6 Keunggulan Energi Panas Bumi Energi panas bumi memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sumber energi terbarukan yang lain a.l.; (1) hemat ruang dan pengaruh dampak visual yang minimal, (2) mampu berproduksi secara terus menerus selama 24 jam, sehingga tidak membutuhkan tempat penyimpanan energi (energy storage), serta (3) tingkat ketersediaan (availability) yang sangat tinggi yaitu diatas 95%.

7 Kekurangan Pemulihan energi (energy recovery) panas bumi memakan waktu yang relatif lama yaitu hingga beberapa ratus tahun. Secara teknis-ekonomis, suatu lokasi sumber panas bumi mampu menyediakan energi untuk jangka waktu antara tahun, sebelum ditemukan lokasi pengganti yang baru.

8 Definisi energi panas bumi Energi panas bumi adalah energi yang diekstraksi dari panas yang tersimpan di dalam bumi. Energi panas bumi ini berasal dari aktivitas tektonik di dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi. E Energi ini telah dipergunakan untuk memanaskan (ruangan ketika musim dingin atau air) sejak peradaban Romawi, namun sekarang lebih populer untuk menghasilkan energi listrik.

9 Energi panas bumi dapat digunakan untuk membangkitkan tenaga listrik

10 Sedikit Sejarah PLTPB Pangeran Piero Ginori Conti mencoba generator panas bumi pertama pada 4 July 1904 di area panas bumi Larderello,Italia. Energi panas bumi cukup ekonomis dan ramah lingkungan, namun terbatas hanya pada dekat area perbatasan lapisan tektonik. Sekitar 10 Giga Watt pembangkit listrik tenaga panas bumi telah dipasang di seluruh dunia pada tahun 2007, dan menyumbang sekitar 0.3% total energi listrik dunia. Area sumber panas bumi terbesar di dunia, disebut The Geyser, berada di California, Amerika Serikat. Tahun 2004, lima negara (El Salvador, Kenya, Filipina, Islandia, dan Kostarika) telah menggunakan panas bumi untuk menghasilkan lebih dari 15% kebutuhan listriknya.

11 Karkteristik PLTPB Pembangkit listrik tenaga panas bumi hanya dapat dibangun di sekitar lempeng tektonik di mana temperatur tinggi dari sumber panas bumi tersedia di dekat permukaan. Pengembangan dan penyempurnaan dalam teknologi pengeboran dan ekstraksi telah memperluas jangkauan pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi dari lempeng tektonik terdekat.

12 Karkteristik PLTPB Efisiensi termal PLTPB cenderung rendah karena fluida panas bumi berada pada temperatur yang lebih rendah dibandingkan dengan uap atau air mendidih. Berdasarkan hukum termodinamika, rendahnya temperatur membatasi efisiensi dari mesin kalor dalam mengambil energi selama menghasilkan listrik. Sisa panas terbuang, kecuali jika bisa dimanfaatkan secara lokal dan langsung, misalnya untuk pemanas ruangan. Efisiensi sistem tidak mempengaruhi biaya operasional seperti pembangkit listrik tenaga bahan bakar fosil.

13 Diagram Dasar PLTPB

14 DIAGRAM PTL PB

15 Potensi di Indonesia Lokasi Indonesia yang berada di ”ring of fire” dunia dengan banyaknya gunung api disamping memberikan dampak yang berbahaya juga memberikan anugerah akan tersedianya energi yang ramah lingkungan yaitu panas bumi. Potensi energi panas bumi yang dimiliki oleh Indonesia mencapai sekitar MW (40% cadangan dunia) dengan potensi sumber daya MW dan reserves MW tersebar di 265 lokasi di seluruh Indonesia.

16 Potensi di Indonesia Dari potensi tersebut, 4% atau MW telah dimanfaatkan energinya untuk pembangkitan tenaga listrik dengan kapasitas terpasang terbesar berada di daerah Jawa Barat yaitu sebesar 1057 MW (20% dari cadangan), kemudian diikuti oleh Jawa Tengah 60 MW, Sulawesi Utara 60 MW dan Sumatera Utara 12 MW.

17 Potensi di Indonesia Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Wayang Windu II (Jawa Barat)

18 Rencana pengembangan PLTP (panas bumi) sampai tahun 2010

19 Kendala dan Tantangan Energi panas bumi yang umumnya berada di kedalaman meter di bawah permukaan tanah sulit ditebak keberadaan dan “karakternya”. Investasi untuk menggali energi panas bumi cukup mahal karena tergolong berteknologi dan berisiko tinggi (dalam hal finansial). Investasi untuk kapasitas di bawah satu MW, berkisar US$ per kilowatt (kW). Sementara untuk kapasitas di atas satu MW, diperlukan investasi US$ per kW.

20 Kendala dan Tantangan Tantangan yang lain adalah akibat sifat panas yang “site specific” kondisi geologis setempat, karakter produksi dan kualitas produksi akan berbeda dari satu area ke area yang lain. Penurunan produksi yang cepat, sebagai contoh, merupakan karakter produksi yang harus ditanggung oleh pengusaha atau pengembang, ditambah kualitas produksi yang kurang baik, dapat menimbulkan banyak masalah di pembangkit. Misalnya, kandungan gas yang tinggi mengakibatkan investasi lebih besar di hilir atau pembangkitnya.

21 Kendala dan Tantangan Harga jual per kWh yang ditetapkan PLN dinilai terialu murah sehingga tak sebanding dengan biaya eksplorasi dan pembangunan PLTP. Tarif dasar listrik yang ditetapkan pemerintah masih di bawah harga komersial, yaitu 7sen dollar AS per kWh. Di sisi lain, adanya potensi panas bumi di suatu daerah biasanya di pegunungan dan terpencil sering tak bisa dimanfaatkan karena kebutuhan listrik di daerah itu sedikit sehingga belum ekonomis untuk engeksplorasi dan memanfaatkan energi panas bumi tersebut.

22 Turbin dan generator di Proyek Lahendong-2 masih import

23 Turbine & Generator di Proyek PLTP Kamojang-4 juga masih import


Download ppt "PUSAT LISTRIK TENAGA PANAS BUMI Harry S. Dachlan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google