Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Di setiap lingkungan tentu mempunyai aturan, baik tertulis maupun tak tertulis yang harus kita pahami dan hormati. Tata krama adalah bagaimana kita berperilaku.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Di setiap lingkungan tentu mempunyai aturan, baik tertulis maupun tak tertulis yang harus kita pahami dan hormati. Tata krama adalah bagaimana kita berperilaku."— Transcript presentasi:

1

2 Di setiap lingkungan tentu mempunyai aturan, baik tertulis maupun tak tertulis yang harus kita pahami dan hormati. Tata krama adalah bagaimana kita berperilaku yang baik dalam berhubungan dengan masyarakat dimana saja kita berada, baik ketika di rumah, dengan teman maupun ketika berada di sekolah.

3 Untuk mengetahui lebih jauh mengenai dasar-dasar tata krama, berikut ini merupakan dasar-dasar tata krama baik dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat: 1.Menghormati orang yang lebih tua dan menyayangi orang yang lebih muda. 2.Mengucapkan terima kasih jika menerima bantuan/pertolongan atau jika diberi sesuatu. 3.Meminta maaf jika melakukan kesalahan. 4.Menengok dan mendoakan teman, keluarga atau tetangga yang sakit. 5.Mengucapkan salam jika berjumpa guru, teman ataupun tetangga. 6.Melayat jika ada teman, kerabat, guru dan tetangga yang meninggal dunia. 7.Mentaati peraturan dan kesopanan dengan tidak mengganggu kepentingan orang lain ketika berada ditempat-tempat umum. 8.Mendahulukan kepentingan orang lain di atas kepentingan sendiri. 9.Menghormati orang lain dengan tidak bersikap sombong, angkuh, suka mengejek, berkata kasar, jorok maupun berkata kotor. 10.Mampu mengendalikan amarah dan rasa tersinggung dengan baik.

4

5 Tata tertib adalah kumpulan aturan- aturan yang dibuat secara tertulis dan mengikat anggota masyarakat. Aturan- aturan ketertiban dalam keteraturan terhadap tata tertib sekolah, meliputi kewajiban, keharusan dan larangan-larangan.

6 Tata Krama dan Tata Tertib SMPK Santo Yoseph Denpasar dapat dilihat pada buku tatibsi yang telah dibagikan kepada siswa. Tata krama dan tata tertib SMPK Santo Yoseph Denpasar dimaksudkan sebagai rambu-rambu bagi siswa dalam bersikap, berucap, bertindak, dan melaksanakan kegiatan sehari-hari di sekolah dalam rangka menciptakan iklim dan kultur sekolah yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran efektif. Dengan demikian siswa wajib melaksanakan ketentuan yang tercantum dalam tata krama dan tata tertib di sekolah ini secara konsekuen dan penuh kesadaran.

7 1.Pakaian Sekolah 2.Jadwal Pemakaian Seragam Sekolah 3.Rambut, Kuku, Tato, Make Up 4.Masuk dan Pulang Sekolah 5.Kebersihan, Kedisiplinan dan Ketertiban 6.Sopan Santun Pergaulan 7.Upacara Bendera dan Peringatan Hari-hari Besar 8.Larangan-larangan 9.Pelanggaran dan Sanksi

8 Dengan menghormati dan menaati peraturan-peraturan yang telah dituliskan dalam buku tatibsi, maka proses pembelajaran di SMPK Santo Yoseph Denpasar akan berjalan efektif sesuai dengan harapan kita bersama.


Download ppt "Di setiap lingkungan tentu mempunyai aturan, baik tertulis maupun tak tertulis yang harus kita pahami dan hormati. Tata krama adalah bagaimana kita berperilaku."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google