Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 2 Bisnis dan Etika dalam Dunia Modern. Tiga Aspek Pokok dari Bisnis 1.Sudut Pandang Ekonomis 2.Sudut Pandang Moral 3.Sudut Pandang Hukum.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 2 Bisnis dan Etika dalam Dunia Modern. Tiga Aspek Pokok dari Bisnis 1.Sudut Pandang Ekonomis 2.Sudut Pandang Moral 3.Sudut Pandang Hukum."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 2 Bisnis dan Etika dalam Dunia Modern

2 Tiga Aspek Pokok dari Bisnis 1.Sudut Pandang Ekonomis 2.Sudut Pandang Moral 3.Sudut Pandang Hukum

3 Sudut Pandang Ekonomis Bisnis adalah kegiatan ekonomis Tukat-menukar Jual-beli Memproduksi-memasarkan Bekerja-mempekerjakan Interaksi manusiawi lainnya dengan tujuan memperoleh untung Bisnis berlangsung sebagai komunikasi sosial yang menguntungkan untuk kedua belah pihak yang melibatkan diri. Bisnis bukan karya amal, karena itu bisa timbul salah paham jika kita mengatakan bisnis merupakan suatu aktivitas sosial. Baca kasus 1, 2, 3 dan 4

4 Mengejar keuntungan merupakan hal yang wajar asal tidak merugikan pihak lain Kita harus menghormati kepentingan dan hak orang lain Kita harus menepati janji Sudut Pandang Moral Baca kasus 1, 2, 3 dan 4 Perilaku yang baik, merupakan perilaku yang sesuai dengan norma-norma moral. Perilaku yang buruk bertentangan dengan norma-norma moral. Suatu perbuatan dapat dinilai baik menurut arti terdalam justru kalau memenuhi standar etis Bisnis yang baik, bukan saja bisnis yang menguntungkan tetapi juga harus baik secara moral.

5 Bisnis terikat dengan hukum, “Hukum Dagang” atau Hukum Bisnis yang merupakan cabang penting dari ilmu hukum modern. Dalam praktek hukum banyak masalah yang timbul dalam hubungan dengan bisnis pada taraf nasional maupun internasional. Sudut Pandang Hukum Baca kasus 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 Hukum merupakan sudut pandang normatif, karena menetapkan apa yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukan. Bersifat tertulis danada sanksi tertentu bila terjadi pelanggaran.

6 Norma Hukum dan Norma Etika memiliki keterkaitan yang erat: Meneguhkan keyakinan moral dalam masyarakat Perilaku seseorang ada yang tidak etis dan serentak juga dilarang menurut hukum Perilaku yang tidak etis tetapi menurut hukum tidak dilarang

7 Tolok Ukur bisnis itu baik dari tiga sudut pandang : 1.Sudut Pandang Ekonomis, tolok ukurnya tidak sulit, bisnis adalah baik kalau menghasilam laba. 2.Sudut Pandang Hukum, tolok ukurnya jelas, bisnis dikatakan baik kalau sesuai dengan hukum yang berlaku. 3.Sudut Pandang Moral, ada tiga tolok ukur yaitu hati nurani, Kaidah Emas dan penilaian masyarakat umum

8 Suatu perbuatan adalah baik, jika dilakukan sesuai dengan hati nurani dan perbuatan adalah buruk, jika bertentangan dengan hati nurani Bertindak bertentangan dengan hati nurani, kita menghancurkan integritas pribadi, karena menyimpang dari keyakinan yang terdalam. Hati nurani mengikat kita dalam arti, kita harus melakukan apa yang diperintahkan hati nurani dan tidak boleh melakukan apa yang berlawanan dengan suara hati nurani. Bagi orang yang beragama, hati nurani mempunyai arti khusus. Bila kita mengambil keputusan moral atas dasar hati nurani, keputusan yang diambil sudah sesuai dan memenuhi kehendak Tuhan atau justru melanggar perintah Tuhan. Baca kasus 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 HATI NURANI

9 Baca kasus 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 KAIDAH EMAS Hendaklah memperlakukan orang lain sebagaimana Anda sendiri ingin diperlakukan (cara positif) Jangan melakukan terhadap orang lain, seperti apa yang Anda sendiri tidak ingin diperlakukan terhadap diri Anda (cara negatif)

10 Baca kasus 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 PENILAIAN UMUM Cara yang paling ampuh untuk menentukan baik- buruknya suatu perbuatan atau perilaku, adalah menyerahkan penilaian kepada masyarakat umum. Cara ini sering disebut sebagai audit sosial. Umum di sini maksudnya bukan bersifat terbatas tapi luas. Kadang kala kelompok-kelompok tertentu mempunyai vested interest, tetapi mengatasnamakan masyarakat umum. Hati-hati, jangan terkecoh!

11 Bisnis disebut good business kalau : Tingkah laku bisnis harus memenuhi syarat-syarat dari semua sudut pandang tadi. Bisnis yang secara ekonomis tidak membawa untung, tidak bisa dikatakan sebagai bisnis yang baik, tetapi tidak ada orang yang mempermasalahkan itu. Bisnis tidak pantas dikatakan good business kalau tidak baik dari sudul etika dan hukum.

12 Apa itu etika bisnis ? 1.Etika sebagai praksis 2.Etika sebagai refleksi Etika Bisnis dapat dijalan pada 3 tahapan: 1.Tahapan Makro 2.Tahapan Meso (madya) 3.Tahapan Mikro Etika Bisnis adalah studi tentang aspek-aspek moral dari kegiatan ekonomi dan bisnis.

13 Etika bisnis mempelajari aspek-aspek moral dari sistem ekonomi secara keseluruhan. Jadi masalah etika disoroti pada skala besar 1.Tahapan Makro

14 Etika bisnis menyelidiki masalah- masalah etis di bidang organisasi. Organisasi di sini adalah perusahaan, serikat buruh, lembaga konsumen, perhimpunan profesi dan lain-lain 2. Tahapan Meso (madya)

15 Difokuskan pada individu dalam hubungan dengan ekonomi dan bisnis. Di sini mempelajari tanggung jawab etis dari karyawan dan majikan, bawahan dan manajer, produsen dan konsumen, pemasok dan investor. 3. Tahapan Mikro

16 Kerusakan lingkungan hidup Kesenjangan dan ketidakadilan dalam distribusi pendapatan (gol. Kaya dan miskin) Meningkatnya korupsi, kolusi dan manipulasi

17 Bukan pada sistem ekonomi yang dipilih oleh suatu negara tetapi disebabkan oleh tingkat kesadaran individual para pelaku dalam aktivitas ekonomi : oknum birokrasi, pejabat negara, pemimpin perusahaan Kumat ( kurang matang) atau rendahnya tingkat kesadaran dalam memaknai hakikat diri, hakikat manusia sebagai manusia utuh.

18 THE END


Download ppt "Pertemuan 2 Bisnis dan Etika dalam Dunia Modern. Tiga Aspek Pokok dari Bisnis 1.Sudut Pandang Ekonomis 2.Sudut Pandang Moral 3.Sudut Pandang Hukum."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google