Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BIRRUL WALIDAIN. Birrul Walidain Istilah Birrul walidain berasal langsung dari Nabi Muhammad SAW. Birrul walidain terdiri dari kata birru atau dan al-walidain.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BIRRUL WALIDAIN. Birrul Walidain Istilah Birrul walidain berasal langsung dari Nabi Muhammad SAW. Birrul walidain terdiri dari kata birru atau dan al-walidain."— Transcript presentasi:

1 BIRRUL WALIDAIN

2 Birrul Walidain Istilah Birrul walidain berasal langsung dari Nabi Muhammad SAW. Birrul walidain terdiri dari kata birru atau dan al-walidain. Birru atau al-birru artinya kebajikan sedangkan Al-walidain artinya dua orangtua atau ibu bapak. Jadi Birrul walidain adalah berbuat kebajikan kepada kedua orangtua.

3 Mengenai wajibnya seorang anak berbakti kepada orang tua, Allah berfirman di dalam surat Al-Isra' ayat وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا "Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepada manusia janganlah ia beribadah melainkan hanya kepadaNya dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Dan jika salah satu dari keduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut disisimu maka janganlah katakan kepada keduanya 'ah' dan janganlah kamu membentak keduanya" [Al-Isra : 23]

4 Bentuk-bentuk Birrul Walidain Banyak cara bagi seorang anak untuk dapat mewujudkan birrul walidain yaitu : Mengikuti keinginan dan saran orangtua baik masalah pendidikan, pekerjaan, maupun masalah lainnya Menghormati dan memuliakan kedua orangtua dengan penuh rasa terimakasih. Membantu ibu bapak secara fisik maupun materiil Mendo’akan ibu bapak

5 Next Setelah kedua orang tua meninggal dunia, birrul walidain masih bisa diteruskan dengan cara : a. Menyelenggarakan jenazahnya dengan sebaik-baiknya b. Melunasi hutang-hutangnya c. Melaksanakan wasiatnya d. Meneruskan silaturahmi yang dibinanya di waktu hidup e. Memuliakan sahabat-sahabatnya f. Mendo’akannya

6 Uququl – Walidain Lawan kata dari birrul walidain yaitu Uququl walidain. Jadi uququl walidain artinya mendurhakai kedua orang tua. Istilah inipun didapat dari Rasulullah Saw. Sebagaimana disebutkan dalam hadits yang artinya : “ Dosa-dosa besar adalah mempersekutukan Allah, durhaka kepada orang tua, membunuh orang dan sumpah palsu.” (HR. Bukhari )

7 Durhaka kepada kedua orang tua adalah dosa besar yang sangat dibenci oleh Allah sehingga azabnya disegerakan Allah di dunia ini

8 Jadi hormatilah kedua orang tua mu.... Sayangi mereka.... Buatlah mereka bangga,, Dan... Bahagiakanlah mereka !!! Kalau bukan kita, siapa lagi ????


Download ppt "BIRRUL WALIDAIN. Birrul Walidain Istilah Birrul walidain berasal langsung dari Nabi Muhammad SAW. Birrul walidain terdiri dari kata birru atau dan al-walidain."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google