Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Proses. Oleh. Dr.Resna AS MPH.. Proses Yang dimaksud dengan Proses (Process) adalah kumpulan bagian atau elemen yang terdapat dalam sistem dan berfungsi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Proses. Oleh. Dr.Resna AS MPH.. Proses Yang dimaksud dengan Proses (Process) adalah kumpulan bagian atau elemen yang terdapat dalam sistem dan berfungsi."— Transcript presentasi:

1 Proses. Oleh. Dr.Resna AS MPH.

2 Proses Yang dimaksud dengan Proses (Process) adalah kumpulan bagian atau elemen yang terdapat dalam sistem dan berfungsi untuk mengubah masukan menjadi keluaran yang direncanakan. Proses bisa ditinjau dari 2 hal; 1. Proses ditinjau dari Masukannya. 2. Proses ditinjau dari Bagian atau Elemen Sistem.

3 Proses ditinjau dari Masukannya Yang dimaksud dengan Proses (Process) adalah Masukan yg dirubah/diteliti/diberi pelayanan melalui satu atau beberapa aktivitas menjadi Keluaran. Disini yg menjadi bahan kajian adalah Masukannya (apa pun jenisnya) Misalnya pada Sistem Pelayanan Kesehatan adalah Pasiennya.

4 Proses ditinjau dari Elemen Sistem. Yang dimaksud dengan Proses (Process) adalah kumpulan bagian atau elemen yang terdapat dalam sistem dan berfungsi untuk mengubah masukan menjadi keluaran yang direncanakan. Contoh pada Sistem Pelayanan Kesehatan, adalah, Dokter, Perawat, Bidan dll. Ini merupakan hasil dari Managemen Sumber daya.

5 Proses sebagai Elemen dari Sistem, merupakan hasil atau keluaran dari Managemen Sumber daya yang dimiliki Organisasinya. Menurut George R.Terry, proses terdiri dari Perencanaan (planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating) dan Pengawasan (Controlling). Sumber daya; Manusia (Man), Uang (Money), Waktu (Minute), Alat (Machine), Barang (Material)

6 Proses ditinjau dari Masukannya Selanjutnya akan dibicarakan Proses ditinjau dari Masukannya. Disini yg menjadi bahan kajian adalah Masukannya (apa pun jenisnya) Misalnya pada Sistem Pelayanan Kesehatan adalah Pasiennya. Pasien pada Pelayanan kesehatan pada Proses Pelayanan Kesehatan akan mendapat pelayanan berupa; 1. Pengumpulan Data –Anamnesa.

7 –Pemeriksaan Fisik. –Pemeriksaan Laboratorium –Pemeriksaan Khusus. Menarik Kesimpulan –Diagnosa Penyakitnya. Melakukan intervensi. –Pengobatan. –Oprasi. –Rehabilitasi.

8 Pa sien p.f P. kh i-h lab D/Th/ Skema dibawah memperlihatkan. Proses untuk Pasien pada Sistem Pelayanan Kesehatan. an in-p ot-p Proses. Pengumpulan DataKesim pulan Inter vensi

9 Proses ditinjau dari Masukannya, pada Pasien sakit berat, misalnya tidak sadarkan diri. Disini yg menjadi bahan kajian adalah Masukannya, yaitu pasien yg tidak sadarkan diri. Pasien yg tidak sadarkan diri pada Proses Pelayanan Kesehatan akan mendapat pelayanan berupa; 1. Pengumpulan Data vital. –Pemeriksaan fisik tanda vital (kesadaran, tensi, nadi, pernafasan, bunyi jantung, cairan tubuh) –Intervensi terhadap kekurangan yang ditemukan.

10 –Pemeriksaan Fisik. –Pemeriksaan Laboratorium –Pemeriksaan Khusus. Menarik Kesimpulan –Diagnosa Penyakitnya, dengan etiokoginya. Melakukan intervensi, terhadap etiologi penyakitnya. –Pengobatan. –Oprasi. –Rehabilitasi.

11 Pa sien Th/ P. kh i-h lab D/.. ecau sa.. Th/. cau sa.. Skema dibawah memperlihatkan. Proses untuk Pasien Sakit berat pada Sistem Pelayanan Kesehatan. p.f. t.v. in-p ot-p Proses. P.DataKesim pulan Inter vensi P.Data vital Inter vensi

12 Rencana, berbentuk SOP. Kedua tindakan tadi, bagaimanapun tetap harus disusun rencanakan tindakannya. Rencana susunan tindakan dalam tempo yg relatif singkat ini sering disebut SOP (Standar Oprational Prosedure) Ini tentu sesuai dengan keIlmuan dari masing- masing Proses tadi.

13 TERIMAKASIH.


Download ppt "Proses. Oleh. Dr.Resna AS MPH.. Proses Yang dimaksud dengan Proses (Process) adalah kumpulan bagian atau elemen yang terdapat dalam sistem dan berfungsi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google