Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RAZIF SHIDIQ, 6101405071 SURVEI PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES DI SMP/SEDERAJAT SEKECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RAZIF SHIDIQ, 6101405071 SURVEI PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES DI SMP/SEDERAJAT SEKECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG."— Transcript presentasi:

1 RAZIF SHIDIQ, SURVEI PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES DI SMP/SEDERAJAT SEKECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RAZIF SHIDIQ - NIM : PRODI : Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi - JURUSAN : Jasmani Kes. & Rekreasi - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - nggeh_ray pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Rumini, S.Pd., M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul SURVEI PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES DI SMP/SEDERAJAT SEKECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2009

4 Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru non Penjasorkes terhadap kinerja guru Penjasorkes di SMP / Sederajat se-Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru non Penjasorkes terhadap kinerja guru Penjasorkes di SMP / Sederajat se-Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunkan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran non Penjasorkes di SMP / Sederajat se- Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung. Pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 128 guru yang mengisis dan mengembalikan angket. Hal ini disebabkan adanya hambatan penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tentang persepsi kinerja guru yang meliputi aspek kompetensi kepribadian sebagai pendidik, memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi profesional sebagai pendidik, dan kompetensi sosial sebagai pendidik. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru Penjasorkes di SMP / Sederajat se-Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung pada umumnya baik dengan persentase 92,97%. Ditinjau dari tiap-tiap aspek kinerja guru Penjasorkes, diketahui pada aspek kompetensi kepribadian menyatakan baik, dengan persentase 92,97%, aspek kompetensi pedagogik menyatakan sedang, dengan persentase 67,97%, aspek kompetensi profesional menyatakan baik, dengan persentase 88,28%, dan aspek kompetensi sosial menyatakan baik, dengan persentase 89,85%. Simpulan dari penelitian ini adalah persepsi guru non Penjasorkes terhadap kinerja guru Penjasorkes di SMP / sederajat se-Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung menunjukkan hasil yang baik. Tetapi ada persepsi yang menyatakan sedang, yaitu pada aspek kompetensi pedagogik. Disarankan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, terutama dalam aspek merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, yaitu melalui: mengikuti penataran, pelatihan dan seminar, serta aktif dalam kegiatan MGMP. Dalam pelaksanaan pembelajaran perlu adanya modifikasi dan variasi dalam pembelajaran.

5 Kata Kunci Persepsi, Kinerja Guru. Penjasorkes

6 Referensi Abu Ahmadi, Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta. Ambar Teguh Sulistiyani, http./id.wikipedia.org/wiki/Kinerja. Anwar Prabu Mangkunegara, http./id.wikipedia.org/wiki/Kinerja. Achmad Sugandi, dkk, Teori Pembelajaran. Semarang: UPT UMK UNNES. Adang Suherman, Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Depdikbud. Akyas Azhari, Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Toraja. Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset. Dimyati Mahmud, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jalaludin Rahmat, Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosdakarya. Mohamad Surya, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung : Pustaka Bani Quraisy. Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Rosdakarya. Monty Satiadarma, Dasar-dasar Psikologi Olahraga. Jakarta : Primacon Jaya Dinamika. Muhammad Ali, Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung : Angkasa. Mungin Edi Wibowo, dkk, Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Semarang: UNNES PRESS. Nadisah, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung : Dirjen Dikti. Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. _______________, Pendidikan Guru: Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi. _______________, Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Robert Mathis dan John Jackson, http./id.wikipedia.org/wiki/Kinerja. Rusli Ibrahim, Profesi Kependidikan. Jakarta: Depdikbud. Rusli Lutan, dkk, Supervisi Pendidikan Jasmani: Konsep dan Praktik. Jakarta: Bagian Proyek Pembinaan Kelas Olahraga Jakarta. Soepartono, Sarana dan Prasarana Olahraga. Jakarta : Departeman Pendidikan dan Kebudayaan. Soeparwoto, dkk, Psikologi Perkembangan. Semarang: UPT MKK UNNES. Soetjipto dan Raflis Kasasi, Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. UU RI Nomor Guru dan Dosen. Bandung: Fokus Media.

7 Terima Kasih


Download ppt "RAZIF SHIDIQ, 6101405071 SURVEI PERSEPSI GURU NON PENJASORKES TERHADAP KINERJA GURU PENJASORKES DI SMP/SEDERAJAT SEKECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google