Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANDROID By Abdul Kadir April 10, 2015 1 Sejarah Android April 10, 20152 Kerjasama dengan Android Inc. Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANDROID By Abdul Kadir April 10, 2015 1 Sejarah Android April 10, 20152 Kerjasama dengan Android Inc. Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android."— Transcript presentasi:

1

2 ANDROID By Abdul Kadir April 10,

3 Sejarah Android April 10, Kerjasama dengan Android Inc. Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, di antaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc. hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bersiap menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.CaliforniaAmerika Serikat Sumber : id.wikipedia.org

4 ANDROID ? April 10, Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.sistem operasiLinuxtelepon selulertelepon pintarkomputer tabletOpen Handset AllianceGoogleHTCIntelMotorolaQualcommT-MobileNvidia Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.lisensi Apache Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD). Sumber : id.wikipedia.org NEXT indonesia.com/news/83- sejarah-android

5 KELEBIHAN April 10, Android bersifat terbuka, karena berbasis linux yang memang open source jadi bisa dikembangkan oleh siapa saja 2.Akses mudah ke Android App Market : Pemilik android adalah orang yang gemar utak atik handphone, dengan Google Android App Market anda bisa mendownload berbagai aplikasi dengan gratis 3.Sistem Operasi Merakyat : Ponsel Android, beda sekali dengan iOS yang terbatas pada iphone dari Apple, maka Android punya banyak produsen, dengan gadget andalan masing masing mulai HTC hingga Samsung 4.Fasilitas penuh USB. Anda bisa mengganti baterai, mass storage, diskdrive, dan USB tethering 5.Mudah dalam hal notifikasi : sistem operasi ini bisa memberitahukan Anda tentang adanya SMS, , atau bahkan artikel terbaru dari RSS Reader. Bahkan anda tidak akan terlewat dalam hal misscall sekalipun 6.Mendukung semua layanan Google : sistem operasi Android mendukung semua layanan dari google mulai dari Gmail sampai Google reader. semua layanan google bisa anda miliki dengan satu sistem operasi yaitu Android 7.Install ROM modifikasi : kita kadang mendapati ROM yang tidak resmi. Maksudnya adalah versi yang telah rilis tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel kita, jalan terakhir kita adalah modifikasi. Jangan khawatir ada banyak custom ROM yang bisa Anda pakai di ponsel Android, dan dijamin tidak akan membahayakan perangkat anda.

6 KEKURANGAN April 10, Terhubung dengan internet : Android bisa dibilang sangat memerlukan koneksi internet yang aktif. Setidaknya harus ada koneksi internet GPRS di daerah anda, agar perangkat siap untuk online sesuai dengan kebutuhan kita. 2.Perusahaan perangkat kadang lambat mengeluarkan versi resmi dari Android milik anda. Meskipun kadang tidak ada perbedaan mencolok dalam hal UI. 3.Android Market kurang kontrol dari pengelola, kadang masih terdapat malware. 4.Sebagai penyedia layanan langsung, terkadang pengguna sangat sulit sekali terhubung dengan pihak Google. 5.Kadang sering terdapat iklan : karena mudah dan gratis, kadang sering diboncengi iklan. Secara tampilan memang tidak mengganggu kinerja aplikasi itu sendiri, karena memang kadang berada di bagian atas atau bawah aplikasi. 6.Boros Baterai, ya memang android lebih boros dibandingkan dengan OS yang lain. hal ini karena memang OS ini banyak “process” di background yang mengakibatkan baterai cepat habis

7 6 Keunggulan Android Dibanding Blackberry April 10, Keunggulan Android Dibanding Blackberry -Enam alasan utama kenapa meninggalkan BlackBerry untuk Android bukanlah hal yang salah. 1. Performance -BlackBerry: cepat dan stabil. Tapi kadang terjadi phone-hang yang mengharuskan Anda mengeluarkan baterai dari tempatnya dan yang paling menyebalkan adalah proses re-boot: 3-8 menit! - Android: Sangat cepat. Belum ada keluhan tentang phone-hang yang mengharuskan baterai keluar dari tempatnya, kecuali jika ingin ganti SIM card. Proses re-boot berlangsung cepat.

8 April 10, Baterai - BlackBerry: umur baterai BB memang luar biasa. Ya, wajar saja karena BB tidak banyak melakukan proses berbagai aplikasi seperti pada Android. - Android: tergolong boros, tapi kadang bisa sampai satu hari. Tapi harus diingat bahwa ponsel Android memakai baterai untuk BANYAK hal. Contohnya jika Anda memakai ponsel Android untuk brwosing web atau nonton video sampai 1 jam, pastinya itu membutuhkan daya baterai lebih. Dan, bisakah BlackBerry melakukan hal yang sama selama itu? Blackberry: pada BB memang menjadi andalan RIM. Gmail pada BB pun telah dioptimalkan fungsinya, tapi tentu saja tidak sebaik pada Android. - Android: apa yang Anda ragukan dari Gmail buatan Google yang dijalankan pada Android yang juga buatan Google?

9 April 10, User Interface (UI) - Blackberry: membosankan, done. - Android: Anda bahkan tidak akan merasa lelah untuk menjelajah setiap sudut ponsel Android. Dijamin. 5. Web Browsing - Blackberry: sangat melelahkan, Anda harus mengakui itu. - Android: disinilah letak kelebihan Android. Android menjadi pemenang jika dibandingkan dengan semua mobile OS. Jika membandingkan web browsing pada Android dengan BlackBerry, seperti siang dan malam saja. Jauh berbeda.

10 April 10, Aplikasi - Blackberry: BlackBerry memang memiliki segudang aplikasi, tapi di saat yang sama iPhone juga semakin jauh meninggalkan BlackBerry. Jadi lebih baik melihat apa yang bisa dilakukan BlackBerry untuk menyusul ketertingalannya di belakang iPhone OS dan Android. - Android: Semakin banyak aplikasi yang dulunya hanya ada di iOS, kini sudah ada versi Android-nya. Pesaing sebenarnya dari Android adalah iPhone, bukan BlackBerry. Sumber :

11 Android Vs Blackberry dari sisi Hardware April 10, BB +IM yang paling bagus...(red:BBM) +trand indonesia yg melihat BB=golongan elit -batre yg boros -aplikasi yg kurang menarik Android +aplikasi yg menarik +tampilan interface bagus +kualitas gambar jempolan -batre boros(jika yg makai "gaptek") -aplikasi yg bagusnya berbayar(jika yg makai "gaptek") Sumber : Situs Google tanya jawab

12 Android Vs Blackberry dari sisi Software April 10, sistem operasi Android memiliki beberapa keunggulan, diantaranya terdapat banyak pilihan gadget, di mana vendor pendukungnya banyak, jadi pilihan perangkat yang bisa dipilih sangat beragam dengan harga yang bervariasi. Selain itu, Android juga mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus yang tidak terbatas atau multi-tasking, baik aplikasi-aplikasi yang berasal dari bawaan sistem atau tambahan dari Android Market. Konsep home screen pada Android seperti Windows Mobile di mana segala notifikasi dapat dipantau dari home screen. Namun, Android juga menyediakan tempat bagi widget-widget notifikasi lain untuk berada di home screen. Cara ini memudahkan akses info cepat ketimbang home screen di BlackBerry ataupun iPhone. Android juga memperbolehkan pengguna untuk memodifikasi sistem, selain juga bisa melakukan modifikasi pada ROM sistem. Selain itu, pengesetan ponsel berbasis OS Android tergolong mudah, dan bisa dilakukan langsung dengan bantuan widget pada home screen. Pengguna juga bisa membuat shortcut khusus untuk setting tertentu untuk dipasang di home screen.

13 April 10, Adapun keunggulan BlackBerry adalah pada masalah tarif nya yang flat (untuk pascabayar), terutama untuk aplikasi unggulannya, yaitu Push dan BlackBerry Messenger (BBM). Aplikasi BBM ini lah yang menjadikan BlackBerry banyak digemari di Indonesia yang sangat senang dengan komunikasi by teks, menurut survei beberapa vendor handset besar. BlackBerry juga punya keunggulan dalam pengiriman dan WEB browsing dengan kompresi dua kali sehingga bisa mendapatkan push real time lebih cepat dan menghemat bandwidth GPRS/EDGE. BlackBerry juga punya keunggulan pada integrasi dengan layanan instant messaging seperti Yahoo! Messenger dan G-talk. Membuka attachment juga lebih cepat di mana akses cepat ini ada hubungannya dengan kompresi yang sangat sempurna dari RIM. Sumber : Bisnis.com

14 Sekian dan Terima Kasih Sampai Jumpa di Topik Berikut nya…. CLOUD COMPUTING (KOMPUTASI AWAN) April 10, Materi Seminar bisa di downlod di :


Download ppt "ANDROID By Abdul Kadir April 10, 2015 1 Sejarah Android April 10, 20152 Kerjasama dengan Android Inc. Pada Juli 2000, Google bekerjasama dengan Android."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google