Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB XV WIRELESS APPLICATION PROTOCOL. PENDAHULUAN WAP merupakan singkatan dari Wireless Application Protocol WAP adalah sebuah mekanisme yang mengatur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB XV WIRELESS APPLICATION PROTOCOL. PENDAHULUAN WAP merupakan singkatan dari Wireless Application Protocol WAP adalah sebuah mekanisme yang mengatur."— Transcript presentasi:

1 BAB XV WIRELESS APPLICATION PROTOCOL

2 PENDAHULUAN WAP merupakan singkatan dari Wireless Application Protocol WAP adalah sebuah mekanisme yang mengatur komunikasi antara internet dengan mobile device communication, seperti telepon seluler dan PDA (Personal Data Assistant). Bentuk komunikasi antara internet dengan ponsel serta PDA mirip dengan komunikasi antara Personal Computer dengan internet. Bedanya adalah diperlukannya WAP gateway dalam komunikasi WAP. Teknologi WAP baru mulai populer sekitar tahun 2000.

3 PENDAHULUAN (2) Teknologi WAP pertama kali diletakkan dalam sebuah telepon seluler dan PDA. WAP-site : sumber informasi yang nantinya akan diakses oleh ponsel dan PDA WAP site dibentuk oleh bahasa markup yang bernama Wireless Markup Language (WML). WML merupakan bahasa standar untuk pembuatan aplikasi WAP. Untuk menguji aplikasi WAP bisa digunakan micro browser yang ada pada ponsel atau PDA. Cara lain untuk menguji aplikasi WAP adalah dengan menggunakan WAP Emulator.

4 WAP EMULATOR WAP Emulator adalah software yang bertindak seperti sebuah ponsel atau PDA. WAP Emulator jauh lebih murah dibandingkan ponsel dan PDA. Wap merupakan sebuah protokol yang memungkinkan alat-alat wireless mobile communication mampu berhubungan dengan internet lewat jaringan HTTP. Tidak semua ponsel bisa melakukan koneksi. Ponsel yang WAP ready telah diberi software micro browser didalam chipnya sehingga bisa berhubungan dengan internet dan mengolah aplikasi WAP.

5 WAP EMULATOR (2) Beberapa produk ponsel ber-WAP adalah : NokiaSiemensErricsonSamsung Blue Tooth 9110 SL45 C35i M35i IC35 S40 S35i P35 R380 R320 A2618 T20 R520 SGH A110 SGH M100

6 WAP EMULATOR (3) Beberapa produsen WAP Emulator: Nama produsen Alamat websiteNama produk Unwired Planet 4.1 M3 Gatehttp://www.m3gate.comM3 Gate Nokiahttp://www.nokia.comNokia WAP Toolkit Erricsonhttp://www.erricson.comErricson WapIDE SDK

7 KONFIGURASI SERVER WAP akan mengirimkan permintaan (request) kepada server dan mengirimkan hasilnya kepada telpon seluler dan mobile device communication lainnya yang WAP-ready. Proses permintaan dan pengiriman informasi dalam WAP dapat menggunakan dua protokol yang bisa dipilih. –Pertama menggunakan protokol WAP saja. –Kedua menggunakan protokol WAP dan HTTP.

8 KOMUNIKASI BROWSER- WEB SERVER Proses permintaan dan pengiriman dokumen website dalam internet menggunakan protokol yang disebut Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Client (browser) meminta informasi kepada server. Proses ini biasa disebut HTTP Request. Jika informasi yang diinginkan ada dalam web server maka server mengirimkan informasi tadi ke client. Proses ini disebut HTTP Response.

9 KOMUNIKASI WAP DEVICE DENGAN WAP SERVER WAP device mengajukan permintaan data informasi kepada WAP server WAP server mengirimkan data berupa aplikasi WAP kepada WAP device. WAP device menamilkan data itu ke layar monitornya.

10 KOMUNIKASI WAP DEVICE DENGAN WEB SERVER Pengguna ponsel bisa berhubungan dengan web server yang ada di internet Aplikasi WAP bisa diletakkan bersamaan dalam web server dengan dokumen HTML. Tidak perlu server tambahan. WAP device mengirimkan permintaan lewat WAP protocol. Sebelum mencapai web server, permintaan itu tiba terlebih dahulu ke WAP gateway WAP gateway meneruskan permintaan tersebut kepada web server lewat HTTP protocol

11 KOMUNIKASI WAP DEVICE DENGAN WEB SERVER (2) Server mengirim informasi seperti yang diminta lewat HTTP protocol. Sebelum mencapai WAP device, informasi dikirimkan terlebih dahulu ke WAP gateway. WAP gateway memproses informasi tersebut dan selanjutnya dikirim ke WAP device lewat WAP protocol


Download ppt "BAB XV WIRELESS APPLICATION PROTOCOL. PENDAHULUAN WAP merupakan singkatan dari Wireless Application Protocol WAP adalah sebuah mekanisme yang mengatur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google