Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERAN PERAWAT MATERNITAS DI MASYARAKAT dan RS. Definisi Perawat maternitas adalah perawat yang menjaga kesehatan wanita terutama pada ibu hamil. bekerjasama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERAN PERAWAT MATERNITAS DI MASYARAKAT dan RS. Definisi Perawat maternitas adalah perawat yang menjaga kesehatan wanita terutama pada ibu hamil. bekerjasama."— Transcript presentasi:

1 PERAN PERAWAT MATERNITAS DI MASYARAKAT dan RS

2 Definisi Perawat maternitas adalah perawat yang menjaga kesehatan wanita terutama pada ibu hamil. bekerjasama dengan tim kesehatan lainnya seperti dengan dokter, bidan, dan perawat lainnya

3 Lanjut….. Sebagai Care Provider Sebagai Pendidik Sebagai Pengelola/Manajer Sebagai Advokat Sebagai Peneliti Sebagai Coordinator Sebagai Change Agent Sebagai Consultant Sebagai Counsellor Sebagai Promotor kesehatan dalam bidang politik

4 Care Provider pemberi asuhan keperawatan baik diberikan secara langsung maupun secara tidak langsung kepada ibu hamil, suami dan keluarganya. memberikan rasa aman dan nyaman kepada ibu primigravida dan keluarga perantara antara ibu hamil degan tenaga kesehatan lainnya untuk memeriksa kehamilannya (Bobak, 2005).

5 Pendidik memberikan pendidikan kesehatan kepada ibu hamil, suami dan keluarganya merawat ibu hamil dan membawanya ke pelayanan kesehatan yang terdekat untuk mencegah komplikasi memberikan penyuluhan tentang cara merawat ibu hamil dan persiapan persalinan baik bio-psiko-sosial (Machfoedz, 2005).

6 Pengelola memantau kualitas asuhan keperawatan yang diberikan ibu hamil mengorganisasi dan mengendalikan sistem pelayanan keperawatan (Pilliter,2003)

7 Advokat Menjamin dan melindungi hak dan kewajiban ibu hamil untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal dan seimbang (Suliha, 2002), Membantu mempersiapkan persalinan dengan baik sehingga ibu dan bayi lahir dengan selamat.

8 Peneliti mengidentifikasi masalah-masalah yang terkait dengan dukungan suami terhadap kesiapan ibu dalam menghadapi persalinan. meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ibu pada saat hamil dan melahirkan (DepKes, 2002).

9 Coordinator Mengkoordinasi seluruh pelayanan keperawatan maternitas Mengatur SDM keperawatan yang bertugas Mengembangkan sistem pelayanan keperawatan maternitas dan memberikan informasi tentang hal yang terkait dengan pelayanan keperawatan maternitas.

10 Change Agent Sebagai pembaru, perawat mengadakan inovasi dalam berfikir, bersikap, bertingkah laku dan meningkatkan ketrampilan klien/keluarga agar menjadi sehat secara fisik maupun psikis.

11 Consultant perawat adalah sumber informasi yang berkaitan dengan kondisi spesifik klien jika diminta informasi tentang tujuan keperawatan yang diberikan.

12 Counsellor mengidentifikasi perubahan pola interaksi klien terhadap kesadaran sehat sakitnya. Memberikan kounseling/bimbingan kepada klien, keluarga dalam mengintegrasikan pengalaman kesehatan sesuai prioritas. Membantu mencari solusi yang tepat, mengubah perilaku hidup kearah perilaku hidup klien yang sehat.

13 Promotor dalam Bidang Politik mengupayakan kesadaran masyarakat serta mempromosikan kesehatan maternitas: sehat, resiko, dan gangguan. (raise awareness) melakukan lobi dengan parlemen, pemerintah yang akan berpengaruh dalam menetapakan kebijakan dan legislasi melakukan kampanye kesehatan maternitas dengan rencana yang teratur.


Download ppt "PERAN PERAWAT MATERNITAS DI MASYARAKAT dan RS. Definisi Perawat maternitas adalah perawat yang menjaga kesehatan wanita terutama pada ibu hamil. bekerjasama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google