Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROSES MENUJU MASYARAKAT MADANI. 11. I GEDE YUDIANA 22. I DEWA GEDE OKA SURYA MESI 33. I KADEK WISNA WINATA 44. I WAYAN EDI SURYA XI IPA IV SMA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROSES MENUJU MASYARAKAT MADANI. 11. I GEDE YUDIANA 22. I DEWA GEDE OKA SURYA MESI 33. I KADEK WISNA WINATA 44. I WAYAN EDI SURYA XI IPA IV SMA."— Transcript presentasi:

1 PROSES MENUJU MASYARAKAT MADANI

2 11. I GEDE YUDIANA 22. I DEWA GEDE OKA SURYA MESI 33. I KADEK WISNA WINATA 44. I WAYAN EDI SURYA XI IPA IV SMA N 1 BANGLI

3  PENGERTIAN MASYARAKAT MADANI Masyarakat madani adalah suatu masyarakat yang menjujung tinggi nilai,norma hukum, yang di topang oleh penguasaan iman,ilmu dan teknologi yang beradab. a. PROSES MENUJU MASYARAKAT MADANI DI INDONESIA Dalam perspektif sejarah,masyarakat madani(civil society),di rintis di indonesiasejak masyarakat kita mulai bersentuhan dengan pendidikan modernt,sistem kapitalis global,dan moderenisasi. Kesadaran masyarakat untuk mendirikan organisasi-organisasi modern seperti budi utomo (1908),muhammadyah (1912) menjadi indikator tumbuhnya civil society. setelah indonesia merdeka,semangat civil societymakin berkembang. Pada tahun 1950-an,organisasi-organisasi politik kemasyarakatan berkembang pesatdan pemerintahan baru di bawah pimpinan soekarnobertekat membangun negara modern dengan sistem demokrasi parlementer.

4 Pada rezim orde baru kondisi masyarakat madani makin terpuruk. Faktor-faktor yang mempengaruhi kegagalan membangun masyarakat madani di rezim orde baru adalah sebagai berikut: 1.FAKTOR INTERNA. kurangnya partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan merupakan faktor dari dalam. 2.FAKTOR EKSTERNAL.

5 Hal ini meyebabkan kemandirian masyarakat sulit diciptakan, padahal kemandirian sangat penting karena menjadi unsur yang paling menentukan dalam hal pembangunan masyarakat madani ini. Berikut ini upaya-upaya yang dilakukan untuk megatasi kendala yang dihadapi dalam mewujudkan masyarakat madani. a. Memposisikan kemandirian sebagai suatu sistem kepribadian manusia yang sangat mendasar yang mampu menghasilkan kreatifitas, inovasi,dan prakarsa. b. Menyadari eksistensi kemanusiaan sebagai mahluk tuhan yang memiliki kebebasan berkehendak dan berbuat serta bertanggung jawab atas segala kehendak dan perbuatan itu.

6


Download ppt "PROSES MENUJU MASYARAKAT MADANI. 11. I GEDE YUDIANA 22. I DEWA GEDE OKA SURYA MESI 33. I KADEK WISNA WINATA 44. I WAYAN EDI SURYA XI IPA IV SMA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google