Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METODE DEMONSTRASI, POE, ANOMALI dan PERISTIWA ANEH SEVERINUS DOMI UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METODE DEMONSTRASI, POE, ANOMALI dan PERISTIWA ANEH SEVERINUS DOMI UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA."— Transcript presentasi:

1 METODE DEMONSTRASI, POE, ANOMALI dan PERISTIWA ANEH SEVERINUS DOMI UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA

2 METODE DEMONSTRASI Apa yang Anda ketahui tentang pengertian Metode Demonstrasi ? Apa yang Anda ketahui tentang pengertian Metode Demonstrasi ? Apa saja yang bisa didemonstrasikan ? Apa saja yang bisa didemonstrasikan ?

3 Metode demonstrasi : metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara “menunjukkan sesuatu” (Sund, 1973: 160). Metode demonstrasi : metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara “menunjukkan sesuatu” (Sund, 1973: 160). Yang dapat ditunjukkan : Yang dapat ditunjukkan : – obyek (magnet, lensa, transistor, dll) – alat (amperemeter, jangka sorong, dll) – cara menggunakan atau mengoperasikan suatu alat (menggunakan multimeter, dll) – gejala atau proses (perubahan wujud, arus induksi, dll) – visualisasi atau simulasi dari obyek, alat, cara, gejala atau proses.

4 Yang melakukan demonstrasi Guru demonstrasi, siswa mengamati Guru demonstrasi, siswa mengamati Guru dan siswa demonstrasi bersama Guru dan siswa demonstrasi bersama Demonstrasi oleh kelompok siswa Demonstrasi oleh kelompok siswa Demonstrasi oleh seorang siswa yang ditunjuk guru Demonstrasi oleh seorang siswa yang ditunjuk guru Demonstrasi oleh tamu atau narasumber. Demonstrasi oleh tamu atau narasumber.

5 Tipe demonstrasi Teacher Talking Demonstration (TTD) Teacher Talking Demonstration (TTD) Pada TTD guru menginformasikan tujuan, nama alat, cara menggunakan, apa yang diharapkan terjadi, data yang harus dicatat. Setelah demonstrasi, guru menjelaskan hasil, kesimpulan, dll. Pada TTD guru menginformasikan tujuan, nama alat, cara menggunakan, apa yang diharapkan terjadi, data yang harus dicatat. Setelah demonstrasi, guru menjelaskan hasil, kesimpulan, dll. Silent Demonstration (SD) : sebanyak mungkin kegiatan dilakukan oleh siswa. Silent Demonstration (SD) : sebanyak mungkin kegiatan dilakukan oleh siswa.

6 Tujuan Demonstrasi Membangkitkan masalah Membangkitkan masalah Membangun konsep Membangun konsep Menguji kebenaran konsep Menguji kebenaran konsep Menunjukkan alat dan bagian-bagiannya. Menunjukkan alat dan bagian-bagiannya. Menunjukkan fungsi alat Menunjukkan fungsi alat Menunjukkan cara kerja atau cara mengoperasikan alat. Menunjukkan cara kerja atau cara mengoperasikan alat. Menunjukkan proses atau gejala Menunjukkan proses atau gejala

7 Merancang Demonstrasi Identifikasi konsep, alat, cara, gejala atau proses yang menjadi tujuan demonstrasi. Identifikasi konsep, alat, cara, gejala atau proses yang menjadi tujuan demonstrasi. Tentukan alat yang akan digunakan Tentukan alat yang akan digunakan Tentukan langkah-langkah demonstrasi Tentukan langkah-langkah demonstrasi Tentukan langkah-langkah analisis, agar dapat mempersiapkan pertanyaan- pertanyaan penuntun Tentukan langkah-langkah analisis, agar dapat mempersiapkan pertanyaan- pertanyaan penuntun Tentukan kapan, di mana dan siapa yang akan melakukan demonstrasi Tentukan kapan, di mana dan siapa yang akan melakukan demonstrasi Mencoba sendiri sebelumnya Mencoba sendiri sebelumnya

8 Hal yang perlu diperhatikan dalam demonstrasi Demonstrasi memerlukan waktu yang relatif lebih lama dari pada ceramah. Demonstrasi memerlukan waktu yang relatif lebih lama dari pada ceramah. Letak alat, ukuran alat, kompleksitas alat harus diperhatikan agar semua siswa dapat mengamati demonstrasi dengan jelas. Letak alat, ukuran alat, kompleksitas alat harus diperhatikan agar semua siswa dapat mengamati demonstrasi dengan jelas.

9 lanjutan … Siswa perlu dilibatkan dalam proses : Siswa perlu dilibatkan dalam proses :  melakukan demonstrasi secara bergiliran  mengamati  mencatat data pengamatan  menganalisa data pengamatan  menarik kesimpulan  Perlu LKS yang berisi : petunjuk kerja, pertanyaan-pertanyaan penuntun

10 lanjutan … Guru harus mencoba sendiri terlebih dahulu. Guru harus mencoba sendiri terlebih dahulu. Identifikasi bagian-bagian dari perlengkapan demonstrasi yang beresiko macet, rusak, membahayakan, dll. Identifikasi bagian-bagian dari perlengkapan demonstrasi yang beresiko macet, rusak, membahayakan, dll.

11

12 METODE POE (PREDICTION- OBSERVATION-EXPLANATION) Apa yang anda ketahui tentang metode POE ? Apa yang anda ketahui tentang metode POE ? Pernahkah anda melaksanakan, mengalami pembelajaran, melihat pembelajaran dengan metode POE ? Pernahkah anda melaksanakan, mengalami pembelajaran, melihat pembelajaran dengan metode POE ?

13 Pengertian Metode POE Metode POE : metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam 3 kegiatan utama, yaitu prediksi (P), observasi (O) dan eksplanasi/penjelasan (E). (White & Gunstone, 1992). Metode POE : metode pembelajaran yang melibatkan siswa dalam 3 kegiatan utama, yaitu prediksi (P), observasi (O) dan eksplanasi/penjelasan (E). (White & Gunstone, 1992).

14 Langkah-langkah Metode POE 1.Pengantar(oleh guru)  menginformasikan topik yang akan dibahas  menunjukkan demonstrasi awal  menyampaikan masalah  menyampaikan konsep-konsep pendukung  menyampaikan langkah kerja yang ada dalam LKS

15 lanjutan … 2.Prediksi dan Alasan  Siswa mengajukan prediksi beserta alasan, atas masalah yang dikemukaan guru. Prediksi bukan tebakan (untung-untungan) tetapi berdasarkan alasan tertentu.  Prediksi dapat disampaikan secara individu atau kelompok setelah berdiskusi  Guru tidak (belum) boleh mengadili kebenaran prediksi siswa

16 lanjutan … 3.Observasi  Siswa mengamati demonstrasi yang dilakukan oleh guru, atau siswa.  Siswa mencatat data pengamatannya.

17 lanjutan … 4.Eksplanasi  Siswa membandingkan hasil observasi dengan prediksinya.  Untuk siswa yang mendapatkan hasil observasi tidak cocok dengan prediksi, harus mengidentifikasi kesalahan yang terjadi kemudian dengan bimbingan guru memperbaiki prediksi yang salah.  Untuk siswa yang mendapatkan hasil observasi cocok dengan prediksi, dengan bimbingan guru melakukan penguatan

18 Hal yang perlu diperhatikan dalam Metode POE Pilihan masalah sebaiknya yang bersifat anomali, sehingga dapat menimbulkan konflik kognitif dan memicu rasa ingin tahu. Pilihan masalah sebaiknya yang bersifat anomali, sehingga dapat menimbulkan konflik kognitif dan memicu rasa ingin tahu. Perhatikan kaidah-kaidah demonstrasi yang baik. Perhatikan kaidah-kaidah demonstrasi yang baik. Libatkan siswa dalam setiap tahap kegiatan POE. Libatkan siswa dalam setiap tahap kegiatan POE.

19 CONTOH Topik : Daya listrik yang diserap lampu pada rangkaian seri dan paralel. Topik : Daya listrik yang diserap lampu pada rangkaian seri dan paralel. Pengantar : Pengantar :  Guru mendemonstrasikan bahwa lampu 40W -220 V menyala lebih terang daripada lampu 25 W-220 V yang dirangkai paralel.  Guru mengemukakan masalah : bagaimana nyala kedua lampu jika dirangkai seri.  Dilanjutkan dengan tahap prediksi, observasi dan eksplanasi.

20

21 ANOMALI dan PERISTIWA ANEH Anomali berarti gejala atau kejadian yang berlainan dengan yang biasanya dimengerti dan dipikirkan orang banyak (Suparno, 2006: 92) Anomali berarti gejala atau kejadian yang berlainan dengan yang biasanya dimengerti dan dipikirkan orang banyak (Suparno, 2006: 92) Peristiwa aneh adalah peristiwa dalam hidup ini yang dipandang aneh (misterius), magic, mitis. Peristiwa aneh adalah peristiwa dalam hidup ini yang dipandang aneh (misterius), magic, mitis. Gejala anomali dan peristiwa aneh dapat dimanfaatkan guru untuk untuk membangkitkan minat belajar siswa. Gejala anomali dan peristiwa aneh dapat dimanfaatkan guru untuk untuk membangkitkan minat belajar siswa.

22 Siswa diajak melihat gejala atau peristiwa anomali atau peristiwa aneh. Diharapkan peristiwa itu akan menjadikan siswa kaget, dan tertantang untuk berpikir mendalam, “mengapa hal itu dapat terjadi?” Siswa diajak melihat gejala atau peristiwa anomali atau peristiwa aneh. Diharapkan peristiwa itu akan menjadikan siswa kaget, dan tertantang untuk berpikir mendalam, “mengapa hal itu dapat terjadi?” Guru mengungkap persoalan yang bersifat anomali atau aneh. Siswa diminta mengungkapkan gagasan mereka Guru mengungkap persoalan yang bersifat anomali atau aneh. Siswa diminta mengungkapkan gagasan mereka

23 Langkah Pembelajaran Anomali dan Peristiwa Aneh Guru mengungkapkan persoalan yang sering menimbulkan miskonsepsi Guru mengungkapkan persoalan yang sering menimbulkan miskonsepsi Siswa diminta mengungkapkan gagasan mereka tentang persoalan itu. Siswa diminta mengungkapkan gagasan mereka tentang persoalan itu. Peristiwa anomali atau peristiwa aneh dipresentasikan. Peristiwa anomali atau peristiwa aneh dipresentasikan. Siswa mengamati Siswa mengamati Siswa diminta memberikan penjelasan berdasarkan hasil pengamatannya. Siswa diminta memberikan penjelasan berdasarkan hasil pengamatannya. Guru membantu siswa untuk menyimpulkan gagasan yang baru. Guru membantu siswa untuk menyimpulkan gagasan yang baru.

24 CONTOH PERISTIWA ANOMALI DAN PERISTIWA ANEH Beberapa benda padat tidak tenggelam dalam air. Beberapa benda padat tidak tenggelam dalam air. Es batu dalam gelas penuh air. Apakah air akan tumpah jika seluruh es mencair ? Es batu dalam gelas penuh air. Apakah air akan tumpah jika seluruh es mencair ? Burung tidak tersengat listrik waktu hinggap di kawat berteganagan tinggi. Burung tidak tersengat listrik waktu hinggap di kawat berteganagan tinggi. Sapi lebih mudah mati kena petir daripada ayam Sapi lebih mudah mati kena petir daripada ayam Pemain akrobat dapat berjalan di atas bara api Pemain akrobat dapat berjalan di atas bara api Pemain akrobat dapat berjalan di atas papan penuh paku. Pemain akrobat dapat berjalan di atas papan penuh paku.

25 TUGAS Persiapkan sebuah demonstrasi untuk pembelajaran. Persiapkan sebuah demonstrasi untuk pembelajaran.  demonstrasi alat (bagian-bagian dan fungsinya).  demonstrasi cara kerja alat, cara mengoperasikan alat, cara melakukan suatu kegiatan  demonstrasi gejala atau proses  demonstrasi hasil visualisasi atau simulasi.

26 lanjutan tugas Tunjukkan pengetahuan yang hendak dibangun melalui demonstrasi tersebut. Tunjukkan pengetahuan yang hendak dibangun melalui demonstrasi tersebut.

27 SELESAI


Download ppt "METODE DEMONSTRASI, POE, ANOMALI dan PERISTIWA ANEH SEVERINUS DOMI UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google