Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama kelompok 3 Hilman maulana(1135010039) Setiyono lukito(1135010031) Rashandry rahman(1135010061) Hendrawan k.p(1135010105) Miftahul huda(1135010109)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama kelompok 3 Hilman maulana(1135010039) Setiyono lukito(1135010031) Rashandry rahman(1135010061) Hendrawan k.p(1135010105) Miftahul huda(1135010109)"— Transcript presentasi:

1 Nama kelompok 3 Hilman maulana( ) Setiyono lukito( ) Rashandry rahman( ) Hendrawan k.p( ) Miftahul huda( ) Musyafa tanjung( )

2 suatu model umum yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah pengalokasian sumber-sumber yang terbatas. Masalah tersebut akan timbul apabila seseorang diharuskan memilih atau menentukan setiap kegiatan yang akan dilakukannya dimana setiap kegiatan membutuhkan sumber yang sama sedangkan jumlahnya terbatas. Pemanfaatan teknik pemrograman linier digunakan untuk mengevaluasi kelayakan pendanaan proyek yang akan dilaksanakan oleh rekanan / kontraktor.

3 Sejak diperkenalkan pertama kali pada akhir tahun 1940-an oleh, Teknik Pemrograman Linier telah terbukti merupakan salah satu alat Riset Operasi (Operational Research) yang cukup efektif. Keberhasilannya berakar dari keluwesannya dalam menjabarkan berbagai situasi kehidupan nyata dibidang – bidang militer, industri, pertanian, transportasi, ekonomi, kesehatan dan lainlain.

4 Adalah analisa yang dilakukan terhadap model matematis dari Pemrograman Linier jika terjadi perubahan pada setiap parameter yang ada terhadap nilai optimum yang akan diperoleh

5 Analisa ini akan memberikan karakteristik yang sangat dinamis terhadap suatu model Pemrograman Linier sehingga pengambil keputusan akan mampu melihat pengaruh nilai optimum yang akan diperoleh jika parameter yang ada di dalam model berubah. Tujuan akhir dari analisa ini tetap sama yaitu untuk mendapatkan informasi bagaimana nilai optimum dari suatu model dapat diperoleh.

6 sebuah perusahaan konstruksi sering dihadapi permasalahan penyusunan anggaran proyek yang harus dibuat jika satu proyek akan berjalan atau beberapa proyek harus berjalan pada waktu bersamaan atau hampir bersamaan. Jika sumber dana yang ada pada perusahaan tersebut terbatas, maka seorang pemimpin proyek atau pemimpin perusahaan harus dapat Merencanakan anggaran proyek (Cash Flow) yang Mungkin akan terjadi pada satu atau beberapa proyek tersebut.

7 Diharapkan dengan dana yang ada proyek dapat berjalan dengan lancar atau tidak berhenti ditengah jalan. Disamping tujuan tersebut, tentunya tujuan Akhir yang juga penting adalah memberikan Keuntungan yang sebesar mungkin kepada perusahaan meskipun dana yang tersedia terbatas.

8 Metode North West Corner Merupakan salah satu metode mencari solusi layak awal basis suatu masalah transportasi setimbang. Metode Least Cost Sama dengan metode North West Corner, metode Least Cost merupakan salah satu metode mencari solusi layak awal basis suatu masalah transportasi setimbang. Metode Aproksimasi Vogel. Sama dengan metode North West Corner, metode aproksimasi Vogel merupakan salah satu metode mencari solusi layak awal basis suatu masalah transportasi setimbang. Metode Stepping Stone/ Batu Loncatan Merupakan salah satu metode uji optimalitas suatu masalah transportasi.

9 Metode MoDi (Modified Distribution) sama dengan metode Stepping Stone, metode MoDi merupakan salah satu metode uji optimalitas suatu masalah transportasi. Metode MoDi merupakan mrupakan pengembangan dari metod Stepping Stone. Metode Karmakar Merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah program linier Metode Exstended Quadratic Interior Point (EQIP) Sama dengan metode Karmakar, metode EQIP merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah program linier. Metode EQIP adalah metode deterministik yang merupakan pengembangan metode Karmakar. Metode EQIP dikembangakan oleh James A. Momoh. Metode EQIP bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pemrograman kuadratik (non linier). Metode Simplex Merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah program linier dengan kendala. Metode ini adalah metode yang ampuh untuk menyelesaikan masalah proram linier dua variabel. Metode ini memang sangat lambat, namun seiring berkembangnya zaman, metode simplex dapat diselesaikan dengan softwere manajemen operasi seperti TORA, LINDO, LINGO, dll. Metode simplex merupakan metode iteratif yang berhenti jika syarat-syaratnya sudah dipenuhi.

10 Metode Dual-Simplex Sama halnya dengan metode Simplex, metode Dual-Simplex merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah program linier dengan kendala. Metode dual Simplex bergerak dari suatu solusi layak yang kurang optimum menjadi solusi layak yang lebih optimum. Metode big-M Sama halnya dengan metode Simplex, metode big-M merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah program linier dengan kendala. Metode big-M digunakan untuk menyelsaikan fungsi kendala yang jenis pertidaksamaannya beraneka ragam. Metode Dua Fase Sama halnya dengan metode Simplex, metode Dua Fase merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah program linier dengan kendala. Metode Dua-Fase digunakan untuk menyelsaikan fungsi kendala yang jenis pertidaksamaannya beraneka ragam, bahkan ada yang merupakan persamaan.

11 Metode Grafik Seperti yang pernah kita pelajari di SMA, masalah program linier dapat doselesaikan dengan metode grafik Bisection/biseksi Merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah program linier tanpa fungsi kendala. Golden section Merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah program linier tanpa fungsi kendala. Steepest descent Merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah program linier tanpa fungsi kendala. Davidon fletcher Merupakan salah satu metode untuk menyelesaikan masalah program linier tanpa fungsi kendala.


Download ppt "Nama kelompok 3 Hilman maulana(1135010039) Setiyono lukito(1135010031) Rashandry rahman(1135010061) Hendrawan k.p(1135010105) Miftahul huda(1135010109)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google