Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RYTMA SINDARA 08209241042.  Ngenceng : gerakan khusus putri yang melambangkan keindahan dan kelenbutan.  Impur : gerak khusus putra yang melambangkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RYTMA SINDARA 08209241042.  Ngenceng : gerakan khusus putri yang melambangkan keindahan dan kelenbutan.  Impur : gerak khusus putra yang melambangkan."— Transcript presentasi:

1 RYTMA SINDARA

2  Ngenceng : gerakan khusus putri yang melambangkan keindahan dan kelenbutan.  Impur : gerak khusus putra yang melambangkan watak jujur, bersahaja, jatmika, dan sengguh.  Kambeng : gerakan khusus putra gagah yang melambangkan watak jujur, prasaja, tangguh dan berkepribadian.  Kalang kinantang : gerakan khusus putra gagah yang melukiskan watak keras, kongas, sombong, dan greget.  Bapang : gerakan khusus putra gagah yang melambangkan watak sombong, kongas, dan kasar.

3 TTulang rusuk dijunjung TTulang punggung berdiri TTulang belikata datar DDada membusung PPerut kempis

4  kelopak mata terbuka  pandangan lurus ke depan  jarak pandang untuk putri dan putra harus tiga kali tinggi penari berdiri, untuk putra gagah lima kali tinggi penari berdiri  titik pandang ke lantai  gerak dagu searah dengan mata

5  Tolehan: mengerakkan leher dengan memindahkan arah pandang menurut arah hadap muka.  Pacak-gulu: cara melakukan gerakan leher yang dimulai dari sikap lurus ke depan.

6 1. Ngruji: sikap atau keadan pergelangan tangan yang ditekuk berdiri, sementara jari-jari telunjuk berdiri jajar dan rapat, ibu jari ditekuk rapat ke depan telapak tangan. 2. Ngithing: cara melakukannya, pergelangan tangan ditekuk berdiri, ujung jari tengah bertemu ujung ibu jari (membentuk lingkaran), jari yang lain ditekuk, ruas bawah lurus dengan pergelangan, jari kelingking menonjol.

7 3.Nyempurit: gerak jari-jari tangan dengan pergelangan tangan di tekuk berdiri, ibu jari berdiri diujung melekat ruas tengah jari penunggul, melengkung jari manis ditekuk ruas bawah lurus, pergelangan kelingking ditekuk ujungnya menempel ruas tengah jari manis (sikap ini hanya untuk tangan kanan).

8 4. Ngepel: pergelangan tangan ditekuk berdiri, telunjuk, penunggul, jari manis, ujungnya melekat ditelapak tangan, ibu jari ditekuk,ujungnya menempel ruas telunjuk, jari kelingking nekuk ujungnya menempel ruas jari manis.

9  paha terlentang  lutut membuka  telapak kaki melentang

10 1. Senbahan Sila 2. Sembahan Jengkeng 3. Ngenceng 4. Nggurdho 5. Pucang Kanginan 6. Nyamber 7. Kengser 8. Tinthing 9. Pendhapan 10. Muryani Busana 11. Pendhapan- Tancep 12. Perangan 13. Kicat Nyangkol Udhet 14. Nggurdho Jengkeng 15. Sembahan Jengkeng

11  Wiraga Gerak dari seluruh anggota badan yang selaras.  Wirama Aspek tari yang selalu terkait dengan iringan.  Wirasa Antara joget Mataram dan Sastra Gendhing.

12  Pandengan (arah pandangan mata)  Pacak Gulu (gerak leher)  Deg (sikap badan)  Gerak Cethik ( pangkal paha)  Mlumahing Pupu (terbukanya posisi paha)  Nyekenthing (jari-jari kaki tegak ke atas)  Mendhak


Download ppt "RYTMA SINDARA 08209241042.  Ngenceng : gerakan khusus putri yang melambangkan keindahan dan kelenbutan.  Impur : gerak khusus putra yang melambangkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google