Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMBUDAYAKAN SENI BUDAYA DAERAH BANJAR Didi Ramadhan XI IPS 2 SMA PGRI 1 BANJARBARU.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMBUDAYAKAN SENI BUDAYA DAERAH BANJAR Didi Ramadhan XI IPS 2 SMA PGRI 1 BANJARBARU."— Transcript presentasi:

1 MEMBUDAYAKAN SENI BUDAYA DAERAH BANJAR Didi Ramadhan XI IPS 2 SMA PGRI 1 BANJARBARU

2 PASAR TERAPUNG 1.Penjelasan Pasar Terapung 2.Penyebab Pasar Terapung berangsur-angsur Punah 3.Dampak Pasar Terapung Terhadap Reputasi Daerah 4.Cara Mengantisipasi Kepunahan Pasar Terapung

3 1. Penjelasan Pasar Terapung Pasar Terapung Muara Kuin adalah pasar terapung tradisional yang berada di atas sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin,Kalimantan Selatan Para pedagang dan pembeli menggunakan jukung, sebutan perahu dalam bahasa Banjar. Pasar ini mulai setelah salatSubuh sampai selepas pukul tujuh pagi. Matahari terbit memantulkan cahaya di antara transaksi sayur-mayur dan hasil kebun dari kampung-kampungsepanjang aliran sungai Barito dan anak-anak sungainya.

4 Para pedagang wanita yang berperahu menjual hasil produksinya sendiri atau tetangganya disebut dukuh, sedangkan tangan kedua yang membeli dari para dukuh untuk dijual kembali disebut panyambangan. Keistemewaan pasar ini adalah masih sering terjadi transaksi barterantar para pedagang berperahu, yang dalam bahasa Banjar disebut bapanduk.

5 2. Penyebab Pasar Terapung berangsur-angsur Punah Kepunahan pasar tradisional di daerah "seribu sungai" ini dipicu oleh kemaruk budaya darat serta ditunjang dengan pembangunan daerah yang selalu berorientasi kedaratan. Jalur-jalur sungai dan kanal musnah tergantikan dengan kemudahan jalan darat. Masyarakat yang dulu banyak memiliki jukung, sekarang telah bangga memiliki sepeda motor atau mobil.

6 3. Dampak Pasar Terapung Terhadap Reputasi Daerah Obyek wisata ini sering dianggap sebagai daya tarik yang fantastik, Banjarmasin bagaikan Venesia di Timur Dunia, karena keduanya memiliki potensi wisata sungai. Namun kedua kota berbeda alam dan latar belakang budayanya. Di Banjarmasin masih banyak ditemui di sepanjang sungai rumah-rumah terapung yang disebut rumah lanting, yang selalu oleng dimainkan gelombang.

7 Dengan menyaksikan panoramanya, wisatawan seakan-akan sedang tamasya. Jukung-jukung dengan sarat muatan barang dagangan sayur mayur, buah- buahan, segala jenis ikan dan berbagai kebutuhan rumah tangga tersedia di pasar terapung. Ketika matahari mulai muncul berangsur-angsur pasar pun mulai menyepi, sang pedagang pun mulai beranjak meninggalkan pasar terapung membawa hasil yang diperoleh dengan kepuasan.

8 4. Cara Mengantisipasi Kepunahan Pasar Terapung Pasar Terapung Buatan Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin Kalimantan Selatan (Kalsel) akan membangun pasar terapung tradisional yang selama ini berada di atas sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin ke sungai kerokan jalan Zafi Zam-Zam. Gagasan membangun pasar terapung buatan tersebut bertujuan untuk memudahkan wisatawan yang ingin menyaksikan pasar terapung tanpa harus jauh-jauh ke muara kuin. Selain itu kita juga ingin melestarikan dan terus membina para pedagang pasar terapung yang kini terus berkurang.

9 Sebagaimana diketahui, untuk bisa menyaksikan pasar terapung para wisatawan harus rela bangun sebelum subuh untuk menuju ke sungai Barito Muara Kuin Banjarmasin dengan mengendarai kapal kayu bermesin atau disebut kelotok. Wisatawan pun juga harus rela menembus dinginnya suasana pagi dengan perjalanan sekitar setengah jam dari dermaga pemberangkatan yang terletak di depan masjid bersejarah Sultan Suriansyah

10 Kondisi tersebut membuat sebagian wisatawan enggan untuk bisa menikmati eksotiknya wisata pasar terapung, karena terlambat sedikit pasar yang kini pedagangnya terus berkurang tersebut telah bubar. Dengan adanya pasar terapung yang aksesnya lebih mudah terjangkau oleh wisatawan akan mampu menyedot wisatawan lokal, nasional maupun mancanegara lebih banyak lagi datang ke Banjarmasin.

11 Mari kawan-kawan kita menjaga dan melestarikan budaya banjarmasin yang ada, seperti pasar terapung yang mulai samar keberadaannya, dengan ikut serta dalam pelestarian pasar terapung di banjarmasin.


Download ppt "MEMBUDAYAKAN SENI BUDAYA DAERAH BANJAR Didi Ramadhan XI IPS 2 SMA PGRI 1 BANJARBARU."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google