Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pelaksanaan PKH di Daerah PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KABUPATEN TUBAN TAHUN 2011 Disampaikan pada Rapat Koordinasi PKH Kabupaten Tuban Tuban,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pelaksanaan PKH di Daerah PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KABUPATEN TUBAN TAHUN 2011 Disampaikan pada Rapat Koordinasi PKH Kabupaten Tuban Tuban,"— Transcript presentasi:

1 Pelaksanaan PKH di Daerah PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KABUPATEN TUBAN TAHUN 2011 Disampaikan pada Rapat Koordinasi PKH Kabupaten Tuban Tuban, 27 Oktober 2011

2 PENDAHULUAN –KEMISKINAN DENGAN BERBAGAI DIMENSI DAN IMPLIKASINYA  SALAH SATU PERMASALAHAN SOSIAL POKOK UNTUK MENDAPATKAN PRIORITAS PENANGGULANGAN DAN PENANGANAN KARENA BERDAMPAK PADA MUNCULNYA PERMASALAHAN-PERMASALAHAN SOSIAL LAINNYA. –PEMERINTAH MELALUI KEMENTERIAN SOSIAL RI SEJAK 2007 MELAKSANAKAN DAN MENGALOKASIKAN ANGGARAN UNTUK PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM BENTUK PEMBERIAN BANTUAN UANG TUNAI KEPADA RTSM (RUMAH TANGGA SANGAT MISKIN) ATAU KSM (KELUARGA SANGAT MISKIN) DENGAN SYARAT DAN KEWAJIBAN YANG TELAH DITETAPKAN. –SEJAK 2007 KAB. TUBAN TELAH MENDAPATKAN ALOKASI PKH TERSEBUT DAN HINGGA SAAT AKHIR TH INI BARU MENJANGKAU 11 KECAMATAN DARI 20 KECAMATAN DI KAB. TUBAN.

3 PENDAHULUAN TUJUAN DAN MANFAAT PKH –TUJUAN UMUM: 1.MELALUI PKH YANG BERSINERGI DENGAN PROGRAM-PROGRAM PENGENTASAN KEMISKINAN LAINNYA, DIHARAPKAN JUMLAH PENYANDANG MASALAH KEMISKINAN DI KABUPATEN TUBAN SEMAKIN BERKURANG. 2.MELALUI PKH INI DIHARAPKAN DAPAT MENUMBUHKAN KEPEDULIAN DAN PARTISIPASI MASYARAKAT UNTUK IKUT SERTA MENANGANI MASALAH KEMISKINAN DI LINGKUNGANNYA MASING-MASING. –TUJUAN KHUSUS RTSM/ KSM YANG MENJADI SASARAN PKH DAPAT MENJANGKAU AKSES PELAYANAN SOSIAL DASAR, SEPERTI PELAYANAN KESEHATAN DAN PENDIDIKAN, SEHINGGA DIHARAPKAN MENINGKAT KUALITAS SDM-NYA SEHINGGA DAPAT MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN HIDUPNYA. –MANFAAT JANGKA PENDEK: PKH DIHARAPKAN DAPAT MENGURANGI BEBAN PENGELUARAN BAGI KELUARGA RTSM/ KSM. JANGKA PANJANG: MEMUTUS RANTAI KEMISKINAN ANTAR GENERASI MELALUI PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN / NUTRISI, PENDIDIKAN DAN KAPASITAS PENDAPATAN ANAK DI MASA DATANG.

4 POKOK-POKOK PELAKSANAAN PKH 2011 (1) LAPORAN KEGIATAN PENDAMPING DAN OPERATOR PKH –KEGIATAN-KEGIATAN PENDAMPINGAN RTSM PESERTA PKH OLEH PENDAMPING DILAPORKAN MINGGUAN DALAM CHECKLIST KEGIATAN PENDAMPING (CKP) DISERTAI DESKRIPSI KEGIATAN (DKP). –OPERATOR PKH MENGENTRY CKP/ DKP INI PADA APLIKASI PKH. –PENDAMPING MENGURAIKAN DAN MENGKOMPILASI KEGIATAN MINGGUANNYA DALAM LAPORAN KEGIATAN PENDAMPING PKH BULANAN. OPERATOR MEREKAPITULASI CKP/DKP DAN LAPORAN BULANAN PENDAMPING SERTA MELAPORKANNYA KE UPPKH PUSAT. –OPERATOR MEREKAP DAN MENYERAHKAN LAPORAN BULANAN PENDAMPING KEPADA PEMBINA PKH (KABIDSOS a.n. KADINSOS, NAKERDUK, CAPIL KAB. TUBAN). –OPERATOR MELAPORKAN KEGIATAN HARIANNYA DI SEKRETARIAT UPPKH DALAM BENTUK LAPORAN KEGIATAN OPERATOR PKH BULANAN. LAPORAN INI DISAMPAIKAN KE UPPKH PROP. JAWA TIMUR DAN KEPADA PEMBINA PKH.

5 POKOK-POKOK PELAKSANAAN PKH 2011 (2) PEMUTAKHIRAN DATA –PEMUTAKHIRAN DATA OLEH PENDAMPING DILAKUKAN RUTIN JIKA TERJADI PERUBAHAN STATUS PESERTA PKH (KELAHIRAN, KEMATIAN, KEGUGURAN, PERUBAHAN ALAMAT, PERUBAHAN NAMA PENERIMA BANTUAN, PINDAH SEKOLAH, NAIK KELAS, BERHENTI SEKOLAH/ LULUS, DSB). –OPERATOR MENGENTRY PADA APLIKASI PKH DAN MENGKONFIRMASI HAL- HAL YANG BELUM JELAS KEPADA PENDAMPING. –MEDIA EFEKTIF PEMUTAKHIRAN DATA ADALAH PERTEMUAN KELOMPOK RTSM. DATA HARUS VALID DAN PADA TAHUN AJARAN BARU JULI 2011 YANG LALU DILAKUKAN PEMUTAKHIRAN BESAR KARENA HAMPIR SEMUA ART (ANGGOTA RUMAH TANGGA) YANG SEKOLAH SD DAN SMP BERUBAH STATUSNYA (MASUK SD/SMP, NAIK KELAS, ATAU LULUS SMP). –MIRIP PEMUTAKHIRAN DATA, PADA AWAL PELAKSANAAN PKH ATAU PADA PELAKSANAAN PENAMBAHAN PESERTA PKH MELALUI OPEN SYSTEM, DILAKUKAN VALIDASI UNTUK MENGETAHUI APAKAH CALON PESERTA PKH MEMPUNYAI KOMPONEN SYARAT PKH (IBU HAMIL, BALITA, ANAK SD ATAU ANAK SMP) ATAU TIDAK LAYAK SEBAGAI PESERTA PKH (TIDAK MEMPUNYAI SYARAT PKH/ INELIGIBLE, MAMPU/ BUKAN RTSM, PINDAH ALAMAT DI LUAR DAERAH PKH, PENDUDUK TIDAK DIKENAL, DATA DOUBLE).

6

7 POKOK-POKOK PELAKSANAAN PKH 2011 (3) VERIFIKASI PKH KOMPONEN KESEHATAN DAN PENDIDIKAN –VERIFIKASI MERUPAKAN ROH/ BAGIAN UTAMA PKH KARENA YANG MEMBEDAKAN DARI BANTUAN TUNAI LAINNYA. –VERIFIKASI KESEHATAN DAN PENDIDIKAN (VERKESDIK) MERUPAKAN ABSENSI PELAKSANAAN PARTISIPASI RTSM DALAM PEMERIKSAAN KESEHATAN IBU HAMIL DAN BALITA SERTA KEAKTIFAN ANAK DIDIK ART RTSM DALAM MENGIKUTI PENDIDIKAN DASAR 9 TAHUN. –FORMULIR VERKESDIK DIISI OLEH SERVICE PROVIDER (FASKES DAN FASDIK) DENGAN PENJELASAN TATA CARA PENGISIAN OLEH PENDAMPING PKH. –JAWAL BAYAR DANA PKH MULAI TAHUN 2010 DAPAT DILAKSANAKAN 4 KALI SEHINGGA UNTUK TAHUN 2011 VERKESDIK YANG MENDAHULUINYA JUGA DILAKSANAKAN 4 KALI. –AGAR JADWAL BAYAR DAPAT DITEPATI MAKA MULAI TAHAP SECARA RESMI PENDAMPING DITUGASKAN UNTUK MENDISTRIBUSIKAN FORMULIR VERIFIKASI, DALAM HAL INI TELAH BERLANGSUNG HINGGA PELAKSANAAN VERKESDIK TAHAP

8 DISTRIBUSI FORMULIR VERIFIKASI KESEHATAN DAN PENDIDIKAN Pada tahap (periode verifikasi kesdik Agustus, September dan Oktober 2011), Kab. Tuban termasuk 10 kabupaten peserta PKH se-Indonesia yang diikutkan uji coba pencetakan formulir verifikasi secara mandiri oleh Sekretariat UPPKH Kab./ Kota. Formulir verifikasi tahap sudah dicetak dan siap didistribusikan kepada service provider.

9 POKOK-POKOK PELAKSANAAN PKH 2011 (4) CLOSING ENTRY DATA –SETELAH ENTRY PEMUTAKHIRAN DATA DAN ENTRY VERIFIKASI OLEH OPERATOR SELESAI UNTUK TAHAP PENCAIRAN BERJALAN MAKA DILAKUKAN TEMPORARY CLOSING. HASIL TEMPORARY CLOSING INI DIPERIKSA OLEH PENDAMPING DAN DILAKUKAN RE-ENTRY UNTUK REVISI BEBERAPA KEKURANGAN. –BERITA ACARA PENYELESAIAN DATA ENTRY (FINAL CLOSING) DIBUAT OPERATOR DAN DISAHKAN/ DIKETAHUI OLEH PENANGGUNG JAWAB PKH. BERITA ACARA INI SEBAGAI DASAR UPPKH PUSAT MENGIRIM DATA KE POS PUSAT UNTUK PENCETAKAN RESI/WESEL/ RS-2 BANTUAN PKH UNTUK SETIAP PESERTA PKH.

10

11 PEMBAYARAN DANA PKH KEPADA RTSM PESERTA PKH –PENCAIRAN DANA PKH PERIODE BERJALAN OLEH PT POS/KANTOR POS TUBAN. PENDAMPING BERKOORDINASI DENGAN PETUGAS KANTOR POS BAYAR/ KANTOR POS KECAMATAN SERTA MEMBERITAHU PERANGKAT DESA/ MUSPIKA SETEMPAT. –ALAT KONTROL PEMBAYARAN MELIPUTI: (1) LEMBAR KENDALI PENERIMAAN DANA PKH YANG DITANDATANGANI/CAP JEMPOL RTSM, (2) DAFTAR RESI TERCETAK TETAPI TIDAK DICAIRKAN, BESERTA ALASAN TIDAK DICAIRKAN. DITANDATANGANI PENDAMPING DAN PETUGAS KANTOR POS CABANG, (3) RS-2 TERDIRI DARI RS-2A ARSIP SEKRETARIAT UPPKH DAN RS-2B ARSIP KANTOR POS TUBAN, MASING-MASING CARIK KERTAS RS-2A DAN RS-2B DITANDATANGANI/ CAP JEMPOL RTSM. –LAPORAN REALISASI PEMBAYARAN HARUS DIREKONSILIASIKAN DENGAN POS TUBAN SEBELUM DIKIRIM KE UPPKH PUSAT. POKOK-POKOK PELAKSANAAN PKH 2011 (5)

12 REALISASI PEMBAYARAN DANA BANTUAN PKH TAHAP UPPKH KABUPATEN TUBAN NOKECAMATAN ALOKASI PEMBAYARAN REALISASI PT POS INDONESIA SISA PERSENTASE JUMLAH RTSMNOMINALJUMLAH RTSMNOMINALJUMLAH RTSMNOMINAL(%) 1 KENDURUAN ,00 2 BANGILAN ,94 3 SINGGAHAN ,00 4 PARENGAN ,00 5 RENGEL ,00 6 JENU ,00 7 TAMBAKBOYO ,94 8 GRABAGAN ,86 9 WIDANG ,77 10 TUBAN ,00 11 JATIROGO ,00 TOTAL ,94  Data dari pendamping PKH telah dicocokkan/ direkonsiliasikan dengan Pos Tuban.  Pembayaran dilaksanakan tepat waktu tgl. 12 – 13 Maret  SISA : Kembali ke Kas Negara karena kemudian diketahui bahwa RTSM ybs ineligible, misal anak tidak sekolah/ tidak memenuhi syarat PKH, bukan RTSM/ mampu, atau pindah alamat setelah resi/wesel dari Pos tercetak.

13 REALISASI PEMBAYARAN DANA BANTUAN PKH TAHAP UPPKH KABUPATEN TUBAN NOKECAMATAN ALOKASI PEMBAYARAN REALISASI PT POS INDONESIA SISA PERSENTASE JUMLAH RTSMNOMINAL JUMLAH RTSM NOMINALJUMLAH RTSMNOMINAL(%) 1 KENDURUAN ,00 2 BANGILAN ,94 3 SINGGAHAN ,00 4 PARENGAN ,69 5 RENGEL ,00 6 JENU ,93 7TAMBAKBOYO ,00 8 GRABAGAN ,00 9 WIDANG ,91 10 TUBAN ,00 11 JATIROGO ,81 TOTAL ,94  Data dari pendamping PKH telah dicocokkan/ direkonsiliasikan dengan Pos Tuban.  Pembayaran dilaksanakan tepat waktu tgl. 1-3 Juli 2011.

14 REALISASI PEMBAYARAN DANA BANTUAN PKH TAHAP UPPKH KABUPATEN TUBAN NOKECAMATAN ALOKASI PEMBAYARAN REALISASI PT POS INDONESIA SISA PERSENTASE JUMLAH RTSMNOMINALJUMLAH RTSMNOMINALJUMLAH RTSMNOMINAL(%) 1 KENDURUAN ,84 2 BANGILAN ,00 3 SINGGAHAN ,00 4 PARENGAN ,89 5 RENGEL ,00 6 JENU ,00 7 TAMBAKBOYO ,00 8 GRABAGAN ,00 9 WIDANG ,87 10 TUBAN ,00 11 JATIROGO ,00 TOTAL ,97  Data dari pendamping PKH telah dicocokkan/ direkonsiliasikan dengan Pos Tuban.  Pembayaran dilaksanakan tepat waktu tgl. 17 – 18 September 2011.

15 POKOK-POKOK PELAKSANAAN PKH 2011 (6) SOSIALISASI PKH –TIM KOORDINASI PKH KAB. TUBAN BEKERJA SAMA DENGAN SEKRETARIAT UPPKH KAB. TUBAN BESERTA OPERATOR DAN PENDAMPING PKH MELALUI DUKUNGAN DANA SHARING APBD KAB. TUBAN TELAH MELAKSANAKAN SOSIALISASI PKH DI 4 KECAMATAN YANG MENDAPATKAN ALOKASI PKH. –TGL. 28 JULI 2011: SOSIALISASI PKH DI KEC. KENDURUAN DAN KEC. BANGILAN. –TGL. 29 JULI 2011: SOSIALISASI PKH DI KEC. GRABAGAN DAN KEC. RENGEL. –SASARAN/ PESERTA SOSIALISASI PKH ADALAH PARA TOKOH MASYARAKAT, TOKOH AGAMA, KEPALA DESA DAN PERANGKAT DESA DAN IBU-IBU PKK, DENGAN HARAPAN PESERTA SOSIALISASI INI DAPAT MEMBERIKAN PEMAHAMAN KEPADA MASYARAKAT LUAS ATAS PELAKSANAAN PKH DI WILAYAHNYA.

16 POKOK-POKOK PELAKSANAAN PKH 2011 (7)

17

18

19 Terima Kasih


Download ppt "Pelaksanaan PKH di Daerah PELAKSANAAN PROGRAM KELUARGA HARAPAN DI KABUPATEN TUBAN TAHUN 2011 Disampaikan pada Rapat Koordinasi PKH Kabupaten Tuban Tuban,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google