Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Welcome to… Pengertian Bunyi Syarat – syarat terdengarnya bunyi Macam – macam bunyi Perumusan cepat rambat bunyi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Welcome to… Pengertian Bunyi Syarat – syarat terdengarnya bunyi Macam – macam bunyi Perumusan cepat rambat bunyi."— Transcript presentasi:

1

2 Welcome to…

3

4 Pengertian Bunyi Syarat – syarat terdengarnya bunyi Macam – macam bunyi Perumusan cepat rambat bunyi

5  Bunyi timbul karena adanya sumber yang bergetar dengan getarannya yang merambat merupakan suatu gelombang.  Gelombang bunyi merupakan gelombang mekanis yang dapat merambat melalui berbagai medium (padat, cair, dan gas/udara).  Gelombang bunyi merambat di udara dalam bentuk gelombang longitudinal VIDEO

6  Adanya sumber bunyi  Adanya medium atau zat perantara  Adanya telinga atau alat pendengaran  Getaran mempunyai frekuensi tertentu (20 Hz – Hz)

7  Infrasonik : bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz. Bunyi ini bisa didengar oleh jengkerik  Audiosonik : bunyi yang frekuensinya antara 20 Hz sampai Hz. Bunyi ini dapat didengar oleh manusia  Ultrasonik : bunyi yang frekuensinya lebih dari Hz. Bunyi ini dapat didengar oleh kelelawar, lumba – lumba, anjing, dan kucing.

8 VIDEO Pemanfaatan bunyi ultrasonik :  alat kontrol jarak jauh atau mengukur kedalaman air laut  mendeteksi cacat pada logam  melihat perkembangan janin dalam kandungan dengan Ultra Sono Grafi (USG).

9 Hubungan matematis antara cepat rambat, frekuensi, periode, dan panjang gelombang dapat dituliskan sebagai : atau

10 Nama zatCepat rambat bunyi (m/s) Gas karbon267 Udara pada suhu 0 o C332 Udara pada suhu 15 o C340 Udara pada suhu 25 o C347 Alkohol1213 Air pada suhu 15 o C1440 Emas2030 Alumunium5000 Baja5100 Besi5120 Tabel cepat rambat bunyi di dalam beberapa zat (medium) Cepat rambat bunyi tergantung pada jenis medium perantaranya dan suhu medium tersebut. v padat > v cair > v gas

11 Gambar : Perbandingan cepat rambat bunyi diudara dan di kayu. Siang hari Malam hari

12 Sebuah gelombang bunyi merambat di udara dengan kecepatan 360 m/s. Jika panjang gelombang bunyi 25 cm, hitung frekuensinya? Diketahui v = 360 m/s λ = 25 cm = 0,25 m Ditanyakan f…..? Jawab :

13 1.Apakah pengertian bunyi? 2.Bagaimanakah syarat – syarat terdengarnya bunyi? 3.Sebutkan macam – macam bunyi berdasarkan frekuensinya! 4.Bagaimanakah hubungan matematis antara cepat rambat, frekuensi, periode, dan panjang gelombang? 5.Sebuah gelombang bunyi merambat diudara dengan kecepatan 300 m/s. Jika frekuensi gelombang bunyi tersebut 1200 Hz, berapakah panjang gelombangnya?


Download ppt "Welcome to… Pengertian Bunyi Syarat – syarat terdengarnya bunyi Macam – macam bunyi Perumusan cepat rambat bunyi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google